Tiket dan Aktivitas CANDI BOROBUDUR - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Aktivitas CANDI BOROBUDUR

Harga Tiket Masuk Candi Borobudur: Rp 25.000 – Rp 75.000 Jam Buka: 06:30 – 16:30 Telp. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia, 56553

Begitu banyak warisan budaya yang ada di Indonesia. Warisan ini merupakan kekayaan budaya yang tak ternilai bagi Indonesia. Salah satu warisan budaya yang terkenal di Indonesia bahkan dunia adalah Candi Borobudur.

Candi yang terletak di Magelang ini ditemukan oleh pasukan Inggris pada tahun 1814. Di bawah pimpinan Sir Thomas Stamford Raffles, pasukan Inggris kemudian membersihkan area candi. Pembersihan area candi berhasil diselesaikan pada tahun 1835.

Harga Tiket Masuk Candi Borobudur

Ada beberapa jenis tiket masuk ke area candi. Entri individu dan masuk kelompok sekolah (lebih murah) serta beberapa paket candi.

Harga Tiket Masuk Candi Borobudur
Tiket masuk dewasa lokal Rp 50.000
Tiket masuk anak lokal (3-10 tahun) Rp25.000
Tiket masuk rombongan minimal 20 orang Rp25.000
Tiket Masuk Dewasa Kanal Borobudur dan Prambanan Rp75.000
Tiket masuk Kanal Borobudur dan Prambanan untuk anak-anak Rp 35.000
Tiket Masuk Kanal Borobudur dan Boko Queen Dewasa Rp75.000
Tiket Masuk Kanal Borobudur dan Queen Boko untuk Anak Rp 35.000
Tiket Masuk Turis Internasional Dewasa $25
Tiket masuk turis internasional anak (3-10 tahun) $15

Baca: Tiket Masuk Candi Prambanan dan 8 Aktivitas Terpopuler

Informasi persyaratan masuk ke Candi Borobudur:

  1. Pengunjung yang dapat memasuki area candi dan telah menerima setidaknya vaksin dosis pertama.
  2. Anak-anak dapat memasuki area pura jika orang tuanya telah divaksinasi.
  3. Unduh aplikasi Care to Protect di ponsel Anda.
  4. Wajib mengikuti protokol kesehatan.
  5. Kunjungan maksimal di pelataran candi dan mustahil untuk mendaki ke puncak.
  6. Untuk tiket masuk rombongan pelajar atau pelajar dengan jumlah peserta minimal 20 orang. Wajib membawa surat lamaran dari kampus atau sekolah yang bersangkutan.

Jam buka

Wisatawan dapat mengunjungi candi ini setiap hari. Karena Taman Wisata Pura ini buka dari pagi hingga malam.

Jam buka
Tiket 06.30 – 16.30 WIB
Kunjungan ke halaman candi 07.00 – 17.00 WIB
Kunjungan ke taman wisata 06.30 – 17.30 WIB

Kuil Buddha terbesar di dunia

Candi Budha terbesar di dunia Candi BorobudurBangunan warisan budaya Buddha terbesar di dunia. Foto: Google Maps/Johannes Braun

Candi Borobudur merupakan peninggalan Buddha terbesar di dunia sekitar tahun 780-840 Masehi. Candi ini dibangun oleh dinasti yang berkuasa saat itu yaitu dinasti Sailendra. Pembangunan candi ini juga dimaksudkan sebagai tempat ziarah.

Bangunan candi didasarkan pada arsitektur Mandala, yang dalam kepercayaan Buddha melambangkan alam semesta. Sedangkan desainnya hadir dalam bentuk kotak dengan 4 pintu masuk dan sebuah lingkaran sebagai titik tengahnya. Pura ini terbagi menjadi 2 bagian yaitu alam dunia dan alam nirwana.

Memiliki 3 area yang melambangkan arti yang berbeda. Ketiga wilayah tersebut adalah Kamadhatu, Rupadhatu, Arupadhatu. Hal menarik yang jarang diketahui wisatawan adalah bahwa relief di candi ini merupakan rangkaian cerita epik.

Baca: Tiket Masuk CHURCH CHICKEN CHURCH Bukit Rhema Magelang dan 5 Pilihan Aktivitas

Atraksi dan aktivitas di Candi Borobudur

Selain melihat kemegahan candi, berbagai kegiatan lain juga tersedia di sini. Seperti menikmati Taman Lumbini, mengunjungi museum dan menyaksikan sejarah Candi Borobudur. Berikut beberapa aktivitas yang sayang untuk dilewatkan.

1. Nikmati keindahan Taman Lumbini

taman lumbini Taman Lumbini yang hijau dan asri.

Tidak hanya menawarkan warisan dunia, kawasan wisata candi ini juga memiliki taman yang indah. Taman yang berada di zona 2 ini disebut Taman Lumbini. Pengunjung akan menemukan taman ini dengan mudah, karena biasanya terlewatkan dalam perjalanan menuju pura.

Taman Lumbini memiliki luas 70 x 65 meter dengan rumput yang hijau dan rapi. Tak hanya pepohonan, latar belakang Candi Borobudur menawarkan keindahan tersendiri. Taman ini juga sering menawarkan berbagai acara, seperti pernikahan dan pelepasan lampion.

Pada 2017, artis Vicky Shu bahkan menyewa Taman Lumbini untuk merayakan pernikahannya. Meski ada event, aktivitas wisata tetap berlangsung seperti biasa. Karena acara di Taman Lumbini biasanya berlangsung pada sore atau malam hari.

Baca: Nikmati Borobudur dari PUNTHUK SETUMBU Magelang, Tiket Masuk dan 5 Aktivitas Terbaik

2. Berbagai artefak sejarah di Museum Candi Borobudur

Koleksi Museum GUBIBerbagai stupa bersejarah di museum GUSBI. Foto: Google Maps / Sulaeman Ali

Meskipun terkenal dengan bangunan dan sejarahnya. Kisah-kisah tersebut dapat dilihat di berbagai museum yang masih berada di kawasan taman wisata Candi. Beberapa museum tersebut antara lain:

Museum GUBI

Lokasi museum GUSBI (Galeri Unik dan Seni Borobudur Indonesia) terletak di belakang candi. Museum ini juga dikenal sebagai Museum MURI. Pasalnya, museum ini menyimpan banyak hal unik dan rekor dunia.

Museum ini tidak dikelola oleh Taman Candi Wisata. Jadi untuk masuk, pengunjung harus membayar tiket. Tiket masuknya murah, Rp 5.000.

Di museum ini, pengunjung bisa melihat kostum terbesar di Indonesia. Kombinasi ini mencatat rekor MURI pada tahun 2006. Ada juga manusia terpendek di Indonesia bernama Mas Islahudin, yang berusia 36 tahun.

Museum Kapal Samudraraksa

Museum kapal Samudraraksa terletak tidak jauh dari museum GUSBI. Di dalamnya terdapat kapal Samudraraksa yang berlayar dari Afrika menuju Indonesia. Pengunjung bisa masuk ke kapal ini dengan membeli tiket seharga Rp 100.000.

Museum Borobudur

Museum ini terletak di sebelah museum kapal Samudraraksa. Di dalam museum, pengunjung dapat melihat sisi lain candi. Cara melihatnya melalui foto-foto ekskavasi pertama pada relief kaki Borobudur yang tersembunyi.

Puas dengan kunjungan tersebut, wisatawan turun mengikuti rambu keluar. Kemudian berjalan-jalan di taman, wisatawan akan pergi ke pasar suvenir dengan berbagai item menarik untuk memuaskan hasrat berbelanja.

3. Bepergian dengan kereta Odong-Odong

Di antara gerbang masuk candi, jaraknya cukup membuat kaki Anda sakit saat berjalan. Namun jangan khawatir, jika pengunjung terlalu malas untuk berjalan, tersedia kereta odong-odong. Tiket naik kereta odong-odong murah yaitu Rp 7.500.

Dengan naik kereta odong-odong, pengunjung akan mengunjungi taman di sekitar area candi. Perjalanan ini menawarkan pemandangan yang menyenangkan. Salah satunya saat melewati kandang gajah.

4. Matahari Terbit di Candi Borobudur

candi borobudur matahari terbitMenikmati matahari terbit di Candi Borobudur merupakan kegiatan yang sayang untuk dilewatkan. Foto: Instagram/jogjaalltrip

Adanya 9 tingkat pada bangunan candi tentunya membuat bangunan ini cukup tinggi. Sangat cocok untuk menikmati sunrise sambil berfoto. Apalagi di pagi hari, pengunjung biasanya masih tenang, jadi lebih leluasa berfoto.

fasilitas candi borobudur

Sebagai tempat wisata bertaraf internasional, fasilitas Candi Borobudur memang sangat berkelas. Ada toilet yang bersih dan nyaman, belum lagi restorannya. Untuk membeli suvenir khusus, toko juga tersedia suvenir.

Kontak dan Lokasi Candi Borobudur

Terletak di Kabupaten Magelang, lokasi taman wisata ini cukup mudah diakses. Alamat lengkapnya ada di Jl.Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Untuk pemesanan dan informasi lainnya dapat menghubungi call center: 0274 496 402 dan email: [email protected]. Atau ikuti akun media sosial Instagram @borobudurpark.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button