Yogyakarta siapkan pilot project wisata kesehatan - WisataHits
Yogyakarta

Yogyakarta siapkan pilot project wisata kesehatan

TEMPO.CO, jakarta – Yogyakarta berencana menambah kategori wisata minat khusus di bidang kesehatan atau wisata kesehatan diwujudkan dalam bentuk peristiwa konkrit di daerah. Salah satu acara selanjutnya yang sedang dipersiapkan di Yogyakarta adalah Jogja Medical and Health Tourism Expo yang akan diselenggarakan pada 28-30 Oktober 2022 di Pakuwon Mall Yogyakarta.

“Acara ini bertujuan untuk menjadi pilot project pengembangan health tourism di Yogyakarta,” kata Ketua Umum Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Yogyakarta Darwito usai bertemu dengan Gubernur Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X di Kepatihan kompleks. Jumat (16/9/2022).

Sebagai proyek percontohan Wisata kesehatan, sebuah acara yang bekerja sama dengan Perhimpunan Dokter Pariwisata Kesehatan Indonesia (Perkedwi) dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Yogyakarta, akan menggabungkan layanan kesehatan pariwisata yang ada di Jogjakarta.

“Jogja menjadi tujuan wisata utama, dengan adanya pameran ini akan mendorong organisasi kesehatan seperti PERSI dan IDI untuk bekerja sama sehingga kesehatan dan pariwisata berjalan beriringan,” kata Darwito.

Bertajuk Happy Healing and Traveling @Jogja, event wisata kesehatan ini akan diisi dengan berbagai kegiatan pendukung. Ini bukan hanya tentang memperkenalkan wisata kesehatan. Tapi itu juga bertujuan untuk mendorong bagaimana wisata kesehatan dan wisata medis dijalankan dan diakses.

“Acara ini memungkinkan masyarakat dari berbagai daerah di luar Yogya untuk belajar tentang produk kesehatan dengan muatan lokal berbasis budaya lokal hingga alat kesehatan buatan dalam negeri,” kata Darwito. “Kami juga akan meluncurkan ratusan layanan kesehatan di Yogyakarta untuk meningkatkan kunjungan wisata kesehatan ini.”

Para peserta health tourism fair ini diawali dengan penyedia jasa kesehatan dan pariwisata di sektor do-it-yourself. Berbagai talkshow tentang wisata kesehatan di Yogyakarta akan digelar selama pameran. “Di puncak acara, kami juga menggelar acara Funbike Candi-to-Candi Gowes yang melintasi berbagai destinasi candi di Yogyakarta,” kata Darwito.

Baca juga: Kembangkan wisata kesehatan, Garut akan bangun rumah sakit khusus

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terbaru dan berita unggulan dari Tempo.co di saluran Tempo.co Update Telegram. Klik Pembaruan Tempo.co untuk bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button