Fasilitas, rute lokasi dan tiket masuk - WisataHits
Yogyakarta

Fasilitas, rute lokasi dan tiket masuk

MataramNews.co.id – Indonesia sendiri merupakan salah satu negara kepulauan yang memiliki lebih dari 17.000 pulau. Tak heran jika Indonesia memiliki ribuan pantai yang indah dan dijadikan sebagai tempat wisata. Misalnya, Pantai Kuta yang terletak di provinsi Bali. Setelah memeriksa Pantai Parangendog di Yogyakarta, masih di tempat yang sama Anda dapat menemukan jenis pantai lain untuk dijelajahi yaitu Pantai Pandansimo. Pantai ini terletak di daerah Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pantai Pandansimo juga tidak kalah keren dari pantai-pantai lain di Indonesia. Pasalnya, ombak dari pantai sangat mengamuk dan airnya jernih. Selain Pantai Parangendog, Anda juga bisa mengunjungi Pantai Pandansimo sebagai destinasi wisata Anda selanjutnya. Karena lokasinya masih di wilayah Yogyakarta. Banyak pengunjung yang datang hanya untuk melihat keindahan alam di sekitar pantai.

Dan bagi anda yang sering mengeksplor pantai-pantai khususnya di sekitar kawasan Jogja, tentunya sudah tahu Pantai Pandansimo bukan? Bantul sendiri terkenal dengan kawasan pantainya yang luas dan memiliki pasir hitam. Namun, keindahan yang ditawarkan wisata alam ini sangat menarik dan membuat kagum semua orang. Apalagi jika Anda menyukai pantai sebagai tempat penyembuhan.

Padahal berbeda dengan beberapa pantai di Gunung Kidul yang pasir pantai di sekitarnya memiliki pasir putih. Pantai Pandansimo masih memiliki pesona tersendiri dan dapat menarik perhatian para wisatawan. Oleh karena itu, Anda dapat merencanakan untuk mengunjungi pantai. Selain sebagai tempat liburan, pantai ini memiliki sejarah yang masih terkait erat dengan masa lalu.

Atraksi yang Ditawarkan Pantai Pandansimo

Pantai Pandansimo

Sama seperti pantai-pantai lain di daerah Yogyakarta, Anda bisa menemukan banyak atraksi dan pesona di pantai Pandansimo ini. Dan pastinya akan memanjakan mata para wisatawan yang berkunjung ke tempat tersebut. Jadi, bagi anda yang ingin berkunjung ke tempat ini sebaiknya mengetahui terlebih dahulu objek wisata pantai Pandansimo sebagai berikut.

Pantai dengan sisi sejarah

Anda pasti tahu bahwa pantai ini memiliki sedikit cerita mistis yang banyak dipercaya oleh masyarakat setempat. Berdasarkan sejarah yang ada di tengah masyarakat Bantul sendiri, pantai ini pernah dijadikan situs Tirakar dan diresmikan langsung oleh Sri Sultan Hamengku Buwono VIII.

Oleh karena itu, pantai ini menjadi saksi bisu sebuah tempat yang dilakukan oleh raja Kasultanan Yogyakarta di masa lalu. Suasana mistik sangat kental dan terdapat pertapaan dengan gaya arsitektur Jawa yang melegenda. Selain itu, pantai ini juga memiliki hari suci. Ini malam Jumat Kliwon. Hal ini juga terkait dengan keberadaan situs ziarah yang tidak jauh dari kota pantai bernama Pandan Payung dan Pandan Sari.

Memiliki panorama deretan kincir angin

Salah satu daya tarik pantai Bantul ini adalah memiliki panorama berupa deretan kincir angin. Pasalnya, turbin ini tidak berhenti berputar karena banyaknya hembusan angin di pesisir pantai. Jumlahnya sangat banyak hingga mencapai puluhan, dan kincir angin sendiri berfungsi sebagai sistem penerangan di kawasan tersebut.

Dan akhirnya, kincir angin ini menjadi salah satu keistimewaan pantai. Dan berguna untuk menghasilkan energi. Pasalnya, kincir angin ini mampu menyalurkan daya listrik hingga 10 kilowatt. Selain itu, kincir angin ini merupakan bentuk kerjasama Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) dengan UGM yang menyediakan listrik setiap hari dan dapat menerangi rumah-rumah warga sekitar pantai.

Asal Nama Menarik

Mungkin banyak dari Anda yang belum mengetahui tentang asal usul nama Pandansimo. Nama pantai ini berasal dari dua kata yaitu pandan dan simo. Pandan berarti daun pandan dan Simo berarti harimau. Jadi, Pantai Pandansimo cukup berbeda dengan pantai-pantai lain di wilayah Jogja. Ini bukan hanya tempat untuk bepergian sendirian.

Pantai Pandansimo juga memiliki kekhasan tersendiri dan kincir angin yang menjadi ciri khas pantai tersebut dan memiliki banyak manfaat bagi warga sekitar pantai. Selain itu, pantai ini juga sering digunakan untuk berbagai kegiatan budaya lainnya. Seperti amal laut, pentas seni budaya dan Merti Dusun. Laut Sedekah Labuhan sendiri merupakan ritual sakral dan wujud harapan untuk mendapat berkah dan keselamatan dari Allah SWT.

Situs pengujian produk NASA

Menariknya, pantai di Bantul ini menjadi salah satu tempat uji coba produk NASA. Pihak NASA sendiri melakukan uji coba teknologi kualitas produk mereka di lokasi ini. Produk yang dimaksud adalah pupuk organik yang ditanam di Wilayah Pesisir dan termasuk dalam Ring 1 Wilayah Pesisir. Ini karena tidak ada pupuk kandang atau kompos yang digunakan saat menanam produk ini. Gunakan pupuk organik NASA sebagai gantinya dan dapatkan hasil yang sangat memuaskan.

Alamat, rute lokasi dan tiket masuk

Untuk lokasi Pantai Pandansimo berada di Kabupaten Bantul tepatnya di Kecamatan Srandakan, DI Yogyakarta. Dari Kota Jogja sendiri memakan waktu hingga 3 jam atau sekitar 31 km. Anda dapat menemukan banyak cara untuk sampai ke pantai. Mereka menggunakan kendaraan roda dua atau empat atau angkutan umum lainnya.

Dari kota Jogja, Anda dapat mengambil jalan ke kota Bantul dan berkendara ke selatan dengan kendaraan sampai ada pertigaan Palbapang di Bantul. Kemudian ambil jalan ke kanan menuju Srandakan. Kemudian datanglah ke bundaran Srandakan dan ambil sisi kiri sebelum mencapai jembatan di atas Sungai Progo. Dan silakan ikuti jalan melalui Jalan Pandansimo dan pantai di dekatnya. Anda dapat menggunakan peta google untuk sampai ke pantai.

Jika wisatawan datang dengan pesawat, maka keluarlah dari pintu bawah tanah dan naik bus Trans Jogja. Kemudian turun di Terminal Giwangan dan naik bus lain ke Rute Srandakan, setelah itu turun di Jembatan Sungai Progo. Dari sini Anda bisa naik ojek untuk menuju pantai.

Harga tiket Pantai Pandansimo

Dan harga tiket yang berlaku di pantai ini adalah Rp 2.000/orang. Tentunya dengan harga yang sangat murah bagi para traveller yang ingin menikmati pantai sejuk ini. Bagi anda yang membawa kendaraan pribadi, baik motor maupun mobil, anda juga harus membayar biaya parkir. Sepedanya sendiri dibandrol dengan harga Rp. 5.000 dan mobil Rp 10.000.

Dengan cara ini Anda dapat menikmati liburan yang menyenangkan terutama jika Anda menyukai pantai dan ingin menangkap pemandangan yang menarik untuk Anda. Anda juga tidak harus mengambil liburan panjang dan membuat budget yang mahal. Karena pantai ini bisa dijadikan solusi bagi anda yang ingin merasakan view pantai.

Tersedia fasilitas area pantai

Banyak sekali fasilitas yang bisa kamu dapatkan di pantai ini. tentunya mampu menunjang kebutuhan para pengunjung yang datang. Beberapa fasilitas yang disediakan adalah tempat parkir mobil yang luas untuk kendaraan roda dua atau empat. Selain itu terdapat mushola, kamar mandi, ruang makan, gazebo dan lain sebagainya.

Ada juga beberapa spot foto yang bisa kamu coba, seperti kincir angin yang menjadi ciri khas pantai di Bantul. Oleh karena itu, Anda bisa mulai membuat rencana untuk mengunjungi Pantai Pandasimo. Temukan banyak objek wisata yang sudah tersedia di tempat wisata tersebut.

Pemandangan di Pantai Pandansimo

Banyak sekali objek wisata yang bisa Anda temukan di pantai yang menarik ini. Dan tentunya tidak jauh berbeda dengan pantai-pantai lain yang bisa Anda nikmati. Pengunjung bisa mencoba beberapa Objek Wisata Pantai Pandansimo. Silakan lihat detailnya di bawah ini.

Area keluar

Di pantai ini Anda bisa mencoba outbond yang disediakan. Jadi pengunjung tidak hanya menikmati keindahan pantainya saja. Dengan cara ini aktivitas menjadi lebih seru, Anda bisa menyewanya secara langsung dan telah menyediakan beberapa jenis paket di titik ini yang bebas Anda pilih.

tempat perkemahan

Pengunjung juga bisa berkemah di pinggir pantai sambil menikmati merdunya deburan ombak. Tentu saja, semua orang merasa nyaman dan lebih menyenangkan untuk tinggal di pantai. Anda bisa mencobanya di pantai karena sudah menawarkan area khusus untuk berkemah.

Kolam renang

Ada juga kolam renang yang bisa Anda temukan di objek wisata ini. Tentu Anda tidak hanya menikmati keindahan pantainya saja. Anda bisa mengajak anak kecil untuk berenang sambil bermain dengan bola plastik yang disediakan. Dan pastinya bikin liburan makin berkesan dan ketagihan untuk berkunjung lagi dan lagi.

Menyimpulkan

Demikian ulasan tentang Pantai Pandansimo untuk dikunjungi. Bagi pecinta pantai, khususnya warga Jawa Tengah, tidak ada salahnya mengunjungi tempat wisata ini. Pastikan untuk mengajak teman, saudara, pasangan dan lainnya untuk mengunjungi Pantai Pandansimo bersama-sama. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Source: mataramnews.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button