Penguatan Kerjasama “Ngangsu Kaweruh” Pemkot Batu Tandatangani Nota Kesepahaman dengan Pemkab Kulon Progo Jogjakarta - WisataHits
Yogyakarta

Penguatan Kerjasama “Ngangsu Kaweruh” Pemkot Batu Tandatangani Nota Kesepahaman dengan Pemkab Kulon Progo Jogjakarta

Penandatanganan MoU antara Walikota Batu Hj Dewanti Rumpoko dengan Pj Bupati Kulon Progo, Jogjakarta, Tri SaktiyanaPenandatanganan MoU antara Walikota Batu Hj Dewanti Rumpoko dengan Pj Bupati Kulon Progo, Jogjakarta, Tri Saktiyana

BATU (SurabayaPost.id) – Memperkuat kerjasama di bidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan,
Pemerintah Kota (Pemkot) Batu telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulon Progo, Yogyakarta.

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dilakukan oleh Walikota Batu Hj Dewanti Rumpoko dan Pj Bupati Kulon Progo, Drs. Tri Saktiyana, M.Si, di Gedung Balet Arjuna Wiwaha, Kota Batu, Jawa Timur, Jumat malam (8.12.222).

Pj Bupati Kulon Progo Jogjakarta Tri Shaktiyana mengakui kerjasama ini bertujuan untuk mempererat kerjasama kedua daerah.

“Kulon Progo, Yogyakarta memiliki keistimewaan, begitu pula Kota Batu. Saya yakin Kota Wisata Batu juga bisa menampilkan karya dan budaya yang indah,” ujar Tri Saktiyana.

Sementara itu, Wali Kota Batu Hj Dewanti Rumpoko mengaku takjub bertemu dengan saudara-saudara asal Kulon Progo.

Foto bersama usai MoU di Gedung Balet Arjuna Wiwaha, Kota BatuFoto bersama usai MoU di Gedung Balet Arjuna Wiwaha, Kota Batu

“Kami kagum dengan cerita-cerita Kulon Progo. Rombongan yang datang ke sini sekarang sama-sama Ngangsu Kaweruh, dan menimba ilmu, yang baik di Kota Batu bisa dibawa ke Kulon Progo, juga yang baik dari Kulon Progo kita adopsi di Batu” kata Dewanti.

Dengan membawakan tarian budaya bersama malam itu, Dewanti mengatakan, diharapkan Kota Batu dengan ciri khas yang berbeda dapat melahirkan seni budaya baru.

“Sebentar lagi 17 Oktober Kota Batu genap berusia 21 tahun. Ibaratnya kuliah, harus banyak belajar dan mencontoh tetangga Kabupaten Malang dan Kota Malang,” ujarnya.

Di sisi lain, ia berharap kerjasama dan kesepahaman ini dapat membawa hal-hal baik bagi kedua belah pihak.

“Kita sama-sama melestarikan budaya, semoga bisa menjadi pembelajaran dan ilmu yang bisa melahirkan kreativitas seni baru di batu,” harapnya.

Secara terpisah, Kepala Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu, Arief As Siddiq, memediasi kerja sama budaya antara Pemkot Batu dengan Pemkab Kulon Progo.

“Dinas Pariwisata, stakeholder sektor budaya di Kota Batu, telah bekerjasama dengan Pak Kajari Batu melalui utusannya Kasi Intel, Pak Edi Sutomo dan Kasi Datun, Pak Bayannullah untuk menyediakan ruang untuk memfasilitasi kegiatan ini. ‘ kata Arief.

Menurutnya, untuk bisa bersama dan berbaur dengan masyarakat serta berkontribusi di seluruh wilayah Kota Batu.

“Kami Kementerian Pariwisata yang bertanggung jawab di bidang kebudayaan, siap melakukan sinergi dan aksi berkelanjutan untuk mendukung sarana dan prasarana, serta mengembangkan regulasi yang kami kembangkan dengan kegiatan yang kami lakukan,” ujarnya.

Pada prinsipnya, ia terus membawa perdamaian dan kemakmuran ke Kota Batu bersama-sama dengan gotong royong. Karena itu, atas nama Pemkot Batu, Arief mengapresiasi kegiatan ini.

“Semoga program-program Kota Batu sukses untuk kemaslahatan masyarakat” Desa Berdaya Kota Berjaya, pungkas dia (gus).

Source: surabayapost.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button