Struktur bata tua dan 5 arca yang ditemukan di situs Gondang Trenggalek diyakini lebih tua dari zaman Majapahit - WisataHits
Jawa Tengah

Struktur bata tua dan 5 arca yang ditemukan di situs Gondang Trenggalek diyakini lebih tua dari zaman Majapahit

Trenggalek, zeitungsmemo.com – Sebanyak lima arca ditemukan di situs Gondang, tepatnya di Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek. Diperkirakan kelima arca tersebut lebih tua dari zaman Kerajaan Majapahit.

Dari lima patung tersebut, dua ditemukan oleh masyarakat pada tahun 2018, sedangkan tiga patung lainnya ditemukan dalam proses penggalian tim Balai Pelestarian Budaya (BPCB) beberapa hari terakhir.

Mohammad Said, Pakar Budaya Madya BPCB Jatim, mengatakan tiga arca yang ditemukan dalam penggalian tersebut terdiri dari Agastya, Mahakala dan Apsari.

Ketiga arca tersebut terbuat dari batu andesit, batu kapur dan juga terakota. Patung itu ditemukan berdekatan di sisi timur struktur bata.

Baca Juga: Daftar Wisata Pantai Semarang yang Jarang Diketahui Menemani Liburan Akhir Pekan

“Tiga arca tersebut terdiri dari Agastya, Mahakala dan Apsari. Ketiga arca ini terbuat dari andesit, batugamping dan sebagian dari terakota. Dengan temuan ini, total ditemukan lima arca di situs Gondang, dua di antaranya pada 2018,” katanya tentang tempat ditemukannya bangunan kuno tersebut.

Selama penggalian empat hari, tim BPCB Jatim menemukan bangunan bata berukuran 6 x 6 meter di samping tiga patung.

Analisis awal menunjukkan bahwa struktur tersebut merupakan dasar dari sebuah candi. Bangunan tersebut diyakini merupakan peninggalan dari masa sebelum Kerajaan Majapahit. Analisis ini didasarkan pada informasi tentang dimensi batu bata yang cukup besar.

“Ukuran candi adalah 6 x 6 meter. Kemudian lapisan batu bagian dalam yang ditemukan adalah sembilan lapisan. Batu batanya cukup besar, berdimensi berbeda dengan peninggalan Majapahit. Mungkin lebih tua,” pungkasnya.

Source: www.koranmemo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button