9 kota di Indonesia yang punya nama buah - WisataHits
Jawa Barat

9 kota di Indonesia yang punya nama buah

Bogordaily.net – Biasanya sebuah kota memiliki julukan tersendiri sebagai tanda identitas atau ciri khas kota tersebut. Berikut ini adalah daftar kota di Indonesia yang memiliki nama sebagai nama buah.

Daerah berjuluk buah ini biasanya karena daerah tersebut dikenal sebagai penghasil buah berjuluk.

Namun ada juga julukan yang dianggap tidak relevan karena daerah tersebut tidak lagi menghasilkan buah yang menjadi ikonnya selama julukan tersebut tetap melekat.

Berikut 9 kota di Indonesia yang memiliki julukan buah.

1. Kota Mangga

Kota pertama yang diberi nama buah adalah Kabupaten Indramayu, salah satu daerah di Provinsi Jawa Barat. Kawasan yang merayakan hari jadinya pada 7 Oktober 1527 ini mendapat julukan Kota Mangga.

2. Kota Apel

Salah satu kegiatan yang wajib dilakukan wisatawan yang berlibur di Kota Batu adalah mengunjungi agrowisata petik apel. Padahal, kota ini sudah lama menjadi pusat produksi pertanian, khususnya apel.

Kota Batu merupakan salah satu penghasil apel terbesar di Indonesia hingga akhirnya mendapat julukan “Kota Apel”.

3. Kota Buah Naga

Kota di ujung timur pulau Jawa ini dijuluki Kota Buah Naga. Pasalnya, Desa Sambirejo, Kecamatan Bangorejo, Banyuwangi, Jawa Timur merupakan sentra perkebunan buah naga.

4. Kota Nanas

Subang juga merupakan salah satu daerah di Indonesia yang menyandang nama buah tersebut.

Kabupaten Jawa Barat ini dijuluki Kota Nanas karena mayoritas penduduknya berprofesi sebagai petani nanas. Menariknya, nanas yang dihasilkan dikenal lebih manis dibandingkan nanas daerah lainnya.

5. Kota Buah Bintang

Terletak di antara Jakarta dan Bogor, kota ini juga menyandang nama buah. Kota Depok terkenal dengan icon buah belimbingnya.

6. Kota Salak

Daerah yang termasuk dalam Daerah Istimewa Yogyakarta ini juga menyandang nama buah tersebut. Dengan Kebun Salak Pondoh yang sangat luas, wajar saja jika Sleman menyandang predikat Kota Salak.

7. Kota Jambu

Daerah lain di Jawa Tengah yang menyandang nama buah ini adalah kota Demak. Kota Jambu dikaitkan dengan kota ini karena merupakan sentra produksi jambu air buah delima yang memiliki rasa manis dengan daging buah yang tebal.

8. Kota Manggis

Di Jawa Tengah gelar Kota Manggis jatuh ke Kabupaten Pati. Bagaimana tidak, daerah dengan slogan Pati Bumi Mina Tani ini merupakan penghasil manggis terbesar di Jawa Tengah.

9. Kota Durian

Daerah Pati yang berdekatan juga menyandang nama buah tersebut. Ya, Jepara dijuluki Kota Durian karena Festival Durian tahunannya dan Kompetisi Durian Terbaik.

Source: bogordaily.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button