10 Wisata Pantai di Wonogiri yang Paling Banyak Dikunjungi - WisataHits
wisatahits

10 Wisata Pantai di Wonogiri yang Paling Banyak Dikunjungi

Ingin liburan hangat di pantai? Berikut adalah daftar wisata pantai yang populer di Wonogiri Jawa Tengah. Obyek wisata bahari terindah, eksotik dan populer yang bisa anda kunjungi saat liburan.

Wisata pantai rasanya bisa disebut sebagai destinasi favorit dan menyenangkan semua orang, dan sangat cocok untuk dikunjungi saat berlibur bersama keluarga, teman atau rekan kantor. Berwisata melalui laut juga bisa memberikan sensasi liburan yang berbeda dan mengasyikkan.

Di Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah, terdapat deretan pantai eksotik yang begitu indah dan menawan yang bisa Anda datangi ke sana. Berikut beberapa wisata pantai hits di Kabupaten Wonogiri yang sayang jika dilewatkan.

1. Pantai Sembuh

Daya Tarik Pantai Semmbuh WonogiriKredit gambar: Google Maps Rony Dian Hendra

Pantai Semmbuh adalah maha karya yang menawan, terletak di ujung Wonogiri. Pantai ini memiliki sejuta pesona alam yang luar biasa dan mitos yang tersembunyi di balik bebatuan karangnya yang besar. Kawasan ini konon merupakan pintu masuk Nyi Roro Kidul menuju Kasunanan Surakarta. Karena itu, pantai ini memiliki aturan yang hampir sama dengan Pantai Selatan atau Pantai Parangtritis.

Pantai Semmbuh adalah salah satu tujuan yang paling terkenal di kalangan kegiatan spiritual. Seperti tokoh spiritual dari Keraton Yogyakarta dan Keraton Surakarta. Terlepas dari mitos dan popularitasnya di kalangan aktivitas spiritual, pantai yang terletak di kawasan Dusun Semmbuh ini menawarkan keindahan alam yang begitu indah. Anda tidak akan menyesal berkunjung dan berlibur di pantai Semmbuh ini.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Kranding, Kec. Paranggupito, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

2. Pantai Nampu

Pantai NampuKredit gambar: Yuda Prasetya https://www.google.com/maps/contrib/114462538460674015753

Terletak di kawasan desa Dringo, pantai Nampu menawarkan pemandangan alam yang cukup eksotis dengan hamparan gurun pasir putih dan formasi batuan yang indah. Saat pertama kali tiba di pantai ini, Anda bahkan sudah bisa melihat keindahan pantai begitu memasuki tempat parkir. Karena dari kejauhan terlihat jelas garis pantai yang panjang, dengan deburan ombak yang menerjang ke arah bibir pantai seolah mengajak untuk mendekat.

Lokasi areal parkirnya memang berada di atas ketinggian, sehingga Anda bisa melihat dengan jelas pesona pantai dari jauh. Dan untuk menuju bibir Pantai Nampu, Anda harus menuruni puluhan anak tangga yang telah disiapkan. Begitu selesai menaiki anak tangga, pasir putih bersih nan lembut siap menggelitik jari kaki. Anda juga bisa merasakan kesejukan airnya yang jernih dan cukup aman digunakan untuk berenang.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Gunturharjo, Kec. Paranggupito, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

3. Pantai Klotok

Wisata Pantai KlotokKredit gambar: Saluran Wens_3699 https://www.google.com/maps/contrib/105229190867064309907

Wisata laut di Wonogiri selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah Pantai Klotok. Pantai ini berada di wilayah desa Paranggupito dan dulunya dimaksudkan untuk menjadi pelabuhan nelayan. Nah di sini kamu bisa melihat dermaga dan gedung pelelangan ikan atau TPI yang dibangun pada tahun 2006. Tumpukan beton pemecah ombak juga bisa kamu temui di Pantai Klotok.

Namun sekarang pelabuhan tersebut tidak digunakan lagi, karena ombaknya cukup besar dan terlalu banyak batu karang di sekitar pantai, sehingga berbahaya bagi kapal nelayan. Meski demikian, Pantai Klotok tetap menyuguhkan pemandangan indah yang bisa Anda nikmati dari pantai. Anda juga bisa menyaksikan keindahannya dari atas bukit di kanan dan kiri pantai.

Harga tiket: -; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Kranding, Kec. Paranggupito, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

4. Pantai Buyutan

Objek Wisata Pantai BuyutanKredit gambar: Shoffan Zainuri https://www.google.com/maps/contrib/103863143993929200986

Pantai Buyutan memiliki ciri khas berupa berbagai bentuk bebatuan yang unik dan menjadi daya tarik bagi wisatawan. Pantai ini bahkan dianggap sebagai salah satu wisata bahari terbaik dan terindah di kawasan Desa Widoro. Di sini kamu akan sibuk berfoto di area pantai karena banyak sekali spot keren yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan beberapa jepretan atau foto yang keren dan kekinian.

Selain menikmati suasana pantai yang menakjubkan, di kawasan Pantai Buyutan pengunjung juga bisa berenang, snorkeling, berkemah, dan berbagai aktivitas pantai lainnya. Meskipun pantai ini tidak dikelola secara resmi oleh pemerintah, namun ada banyak penginapan atau hotel yang bisa Anda temukan di sekitarnya. Selain itu, Anda juga dapat menjumpai monyet yang sering terlihat di sekitar pantai.

Harga tiket: Rp3.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Jl. Pantai Buyutan, Gunturharjo, Kec. Paranggupito, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

5. Pantai Banyutowo

Pantai BanyuwangiKredit gambar: Google Maps Joko sulistyo (joko

Pantai Banyutowo merupakan tempat bertemunya air sungai dengan air laut, sehingga air disini berasa tawar seperti kebanyakan air laut, hal ini pula yang membuat pantai ini dinamakan Banyutowo yang artinya air tawar. Airnya yang lembut membuat pengunjung tidak merasa lengket setelah berendam dan berendam di dalamnya. Inilah salah satu alasan mengapa Pantai Banyutowo begitu populer di kalangan wisatawan.

Selain keunikan airnya yang tawar, pemandangan yang disajikan pantai ini juga sangat menakjubkan. Anda dapat melihat pemandangan air tawar yang jatuh langsung ke pantai dari bebatuan, jika dilihat dari kejauhan akan terlihat air yang jernih berwarna terang. Pemandangan indah ini juga bisa Anda jadikan sebagai background foto yang begitu estetis.

Harga tiket: Rp2.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Desa Gudangharjo, Kec. Paranggupito, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

6. Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo, PacitanFoto oleh Bagus Reza Erlangga https://www.google.com/maps/contrib/112235866202674371777

Jika berbicara tentang keindahannya, sepertinya kata cantik dan indah pun tidak bisa mendefinisikan kawasan Pantai Banyu Tibo ini. Bahkan saat pertama kali menginjakkan kaki di sini, Anda akan disuguhi pemandangan air terjun yang begitu indah. Dimana air terjunnya jatuh langsung ke pantai. Uniknya, dalam satu waktu pengunjung bisa melihat air terjun dan laut sekaligus.

Suasananya merdu dan khidmat, seperti di pedesaan Widoro. Selain itu, di pinggir pantai tersedia warung-warung dengan menu yang menggugah selera. Salah satu yang begitu digemari pengunjung adalah adanya hidangan lobster mutiara. Dimana sudah menjadi rahasia umum bahwa lobster mutiara merupakan lobster terenak yang pernah ada.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Widoro, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

7. Pantai Kalimirah

Wisata di Pantai KalimirahKredit gambar: Ristyan Ar https://www.google.com/maps/contrib/111221994494840335864

Pantai selanjutnya yang wajib Anda kunjungi di Wonogiri adalah Pantai Kalimirah. Pantai ini berada di kawasan desa Gudangharjo dan memiliki potensi wisata yang luar biasa karena bisa menjadi tempat berkemah dengan latar belakang pantai. Pantai Kalimirah masih sangat asri dan memiliki kontur tanah berbukit, dengan garis pantai yang tidak terlalu panjang.

Selain bisa dijadikan sebagai tempat berkemah, di pantai Kalimirah ini Anda juga bisa menemukan beberapa spot pemancingan. Jadi bagi anda yang hobi memancing tentunya sangat cocok untuk mengunjungi pantai ini. Anda bisa merasakan sensasi memancing melalui tebing laut yang juga sangat populer di kalangan wisatawan yang pernah berkunjung ke sini.

Harga tiket: untuk membebaskan; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Dawung, Gudangharjo, Kec. Paranggupito, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

8. Pantai Klayar

Objek Wisata Pantai KlayarKredit gambar: Agus Widodo https://www.google.com/maps/contrib/107513933634613238116

Pantai Klayar terkenal dengan pasir putihnya dan ombaknya yang cukup besar, sehingga saat anda berkunjung ke sini anda tidak diperbolehkan untuk berenang. Namun jangan khawatir, karena ada segudang atraksi lain yang bisa Anda nikmati di Pantai Klayar. Sebut saja tebing dengan ketinggian sekitar 50 meter di tengah pantai, dimana tebing ini menjadi salah satu spot foto terbaik yang dicari pengunjung.

Ada juga bebatuan mirip Sphinx yang tidak boleh dilewatkan untuk diabadikan. Selain itu, Anda juga bisa menemukan tempat persewaan ATV yang bisa Anda gunakan untuk berpetualang di sepanjang tepian pantai Klayar. Lalu ada fenomena unik berupa atraksi air mancur alami dengan ketinggian sekitar 10 meter yang juga bisa Anda saksikan.

Harga tiket: Rp10.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Desa Sendang, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan, Jawa Timur.

9. Pantai Pringjono

Wisata di Pantai PringjonoKredit gambar: Jaelani Purnomo https://www.google.com/maps/contrib/113926882147247025215

Lokasi pantai Pringjono cukup terpencil dan tersembunyi, sehingga tempat ini masih sangat asri dan belum banyak dijamah oleh wisatawan. Anda dapat menemukan lapangan pantai di belakang sawah dan ladang dengan pepohonan yang rimbun. Maka jangan heran jika pantai ini begitu sejuk dan rindang, apalagi dengan angin pantai yang berangin kencang bertemu dengan hijaunya pepohonan.

Pantai Pringjono memiliki garis pantai yang cukup luas dan luas, dengan pasir putih yang bersih dan lembut. Terdapat bongkahan batu besar yang tersebar di berbagai tempat di sepanjang pantai, ada juga bongkahan batu yang menjorok ke bibir pantai dan sering digunakan pengunjung untuk bermain air. Ombak di pantai ini hampir sama dengan pantai lainnya di gunungkidul, jadi sebaiknya tidak berenang dan hanya bermain air di pantai.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Gunturharjo, Kec. Paranggupito, Kab. Wonogiri, .

10. Pantai Dadapan

Pantai DapanKredit gambar: Google Maps Mega Saputra

Terakhir, ada Pantai Dadapan yang juga tidak boleh Anda lewatkan selama liburan di Wonogiri. Obyek wisata bahari ini banyak ditumbuhi pohon dadap, oleh karena itu pantai ini dinamakan Pantai Dadapan. Di sini Anda bisa menemukan beberapa pemandangan eksotis yang sangat mempesona, dengan hamparan pasir putih kecoklatan yang begitu indah. Destinasi ini juga sangat cocok untuk Anda gunakan sebagai tempat melihat sunset.

Harga tiket: Rp10.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Pendowo, Jepitu, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Keindahan pantai Wonogiri tidak kalah menarik dan indahnya dengan pantai di daerah lain. Apalagi Kabupaten Wonogiri berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, sehingga kawasan ini memiliki banyak pantai indah yang bisa Anda kunjungi. Namun, Anda harus selalu waspada saat berkunjung dan memutuskan untuk berenang di pantai ini, karena tidak semua pantai aman untuk berenang.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button