8 Obyek Wisata Bertema Religi di Semarang, Cocok Untuk Menenangkan Hati - WisataHits
Jawa Tengah

8 Obyek Wisata Bertema Religi di Semarang, Cocok Untuk Menenangkan Hati

7. Candi Tugu

Candi Tugurejo Semarang terletak di Kecamatan Tugu di Desa Tugurejo. Candi Tugu adalah candi yang konon menandai perbatasan antara kerajaan Majapahit dan Pajajaran. Candi Tugurejo memiliki dua pintu gerbang atau dua pintu masuk. Dan di kanan dan kirinya terdapat relief yang melambangkan sosok wanita dan sosok brahmana. Di sekitar dasar candi terdapat ruangan yang tampaknya digunakan untuk meditasi.

Untuk menuju lokasi tempat wisata Semarang ini berada di Jalan Walisongo, sekitar 2 km dari UIN Walisongo, menuju Semarang – Jakarta. Terletak di sisi kanan jalan atau beberapa ratus meter dari Rumah Sakit Tugurejo.

Masuk ke area ini gratis. Kalau hanya ingin bersantai dan berfoto bersama di sekitar candi, tidak apa-apa, yang penting tidak mencorat-coret atau merusak bangunan.

8. Museum Perkembangan Islam di Jawa Tengah

Museum Pengembangan Islam Jawa Tengah adalah museum yang mendokumentasikan perkembangan Islam di Jawa Tengah dan melestarikan peninggalan sejarah selama penyebaran Islam di Jawa Tengah. Museum Pengembangan Islam Jawa Tengah terletak di kompleks Masjid Agung Jawa Tengah di lantai 2 dan 3 Menara Al Husna.

Museum ini mengoleksi peninggalan sejarah masa Islam dari berbagai daerah di Jawa Tengah. Koleksi museum terdiri dari iluminasi Al-Quran, wayang kulit Menak, wayang Sadat, Masjid Gayor Sunan Muria, keramik dan beberapa koleksi lainnya.

Museum ini juga menampilkan hubungan antara pesantren dan nasionalisme anti-kolonial, seperti tulisan-tulisan tokoh-tokoh yang dipenjara pada masa kolonial dan pakaian yang dikenakan oleh para santri pada masa kolonial. Koleksi yang menonjol dari museum ini adalah pedang para pendekar Diponegoro, model Masjid Agung Jawa Tengah, gamelan dan artefak kapal dagang.

Source: hot.liputan6.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button