8 museum terkenal di Bogor bagi wisatawan - WisataHits
Jawa Barat

8 museum terkenal di Bogor bagi wisatawan

Museum Terkenal di Bogor / Foto ini hanya ilustrasi dan bukan lokasi aslinya. Sumber: Pexels/ Andrew Neel Bogor tidak hanya dikenal sebagai kota hujan, tetapi juga kaya akan tempat wisata. Ada berbagai wisata, termasuk wisata museum. Wisata ini sangat populer di kalangan wisatawan. Apa saja wisata museum terkenal di Bogor?

Museum terkenal di Bogor

Menurut situs geografi Pemerintah Kota Bogor, Kota Bogor terletak antara 106′ 48′ Bujur Timur dan 6′ 26′ Lintang Selatan. Sedangkan letak geografisnya berada di tengah wilayah Kabupaten Bogor.

Untuk pariwisata, Bogor memiliki banyak sekali destinasi wisata yang menarik. Termasuk dan patut dikunjungi adalah tur museum. Perlu diketahui bahwa wisata museum di Bogor juga tidak kalah menarik dengan di daerah provinsi lainnya.

Museum Terkenal di Bogor / Foto ini hanya ilustrasi dan bukan lokasi aslinya. Sumber: Pexels/Pixabay Berikut rekomendasi 8 museum terkenal di Bogor.

1. Museum dan Monumen PETA

Bagi Anda yang suka atau ingin belajar tentang sejarah militer, museum dan memorial PETA bisa menjadi alternatif yang tepat. Ada 14 diorama di museum ini yang menceritakan tentang peristiwa pembentukan Tentara Peta dan kontribusinya dalam mencapai kemerdekaan Indonesia.

Alamat : Jl. Jenderal Sudirman No. 35, RT.01/RW.05, Pabaton, Kabupaten Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16121.

Jam Buka: Senin – Jumat (08.00 – 17.00 WIB), Sabtu & Minggu (10.00 – 17.00).

Museum terkenal di Bogor selanjutnya adalah Museum Zoologi Bogor. Awalnya museum ini bernama Landbouw Zoologisch Laboratory pada masa pemerintahan Hindia Belanda. Saat anda berkunjung ke museum ini anda akan menemukan berbagai koleksi fosil hewan menarik yang dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda.

Alamat : Jl. orang Irlandia H. Juanda No. 9, RT.04/RW.02, Paledang, Kabupaten Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16911.

Jam Buka: Senin-Minggu (08.00-15.00 WIB).

3. Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia

Selain Museum Fosil, Bogor juga memiliki museum yang layak dikunjungi yaitu Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia atau Munasain. Berbagai koleksi alam Indonesia dari zaman dahulu dihadirkan untuk Anda di museum ini, yang menarik dan cukup bersejarah. Sangat cocok sebagai sarana pendidikan bagi semua orang.

Alamat : Jl. orang Irlandia H. Juanda 22 – 24, Pusat Penelitian Biologi – LIPI, Paledang, Bogor Tengah, RT.02/RW.08, Paledang, Kabupaten Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16122.

Jam Buka: Senin – Minggu (08.00 – 16.00 WIB).

4. Museum Tanah dan Pertanian

Kedengarannya cukup unik, tapi siapa sangka di Bogor ada museum yang satu ini, yaitu Museum Tanah. Di sini Anda dapat melihat koleksi tanah yang berbeda di Indonesia. Selain itu juga terdapat berbagai koleksi batu dan alat pertanian lainnya yang dapat menambah wawasan dan pengetahuan. Sangat direkomendasikan untuk siapa saja yang ingin belajar tentang tanah dan pertanian.

Alamat : J;. orang Irlandia H. Juanda No. 98, RT.01/RW.01, Gudang, Kabupaten Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16123.

Jam Buka: Senin – Jumat (09.00 – 15.00 WIB).

5. Museum Tempur Bogor

Seperti daerah lain yang memiliki museum sejarah Indonesia, Bogor juga demikian. Kota hujan ini juga memiliki museum bernama Museum Perjuangan Bogor. Museum ini menyimpan berbagai koleksi benda-benda bersejarah dan cerita tentang perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Anda juga dapat melihat mata uang yang berbeda selama era VOC lama dan senjata disita dari tangan Inggris dan Jepang.

Alamat : Jl. Merdeka No.56, RT.04/RW.01, Kp.Parung Jambu, Ciwaringin, Kabupaten Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16124.

Jam Buka: Senin – Minggu (08.00 – 16.00 WIB).

Ingin tahu lebih banyak tentang sejarah Kepresidenan Indonesia? Maka Museum Balai Kirti adalah pilihan yang tepat. Di museum ini, Anda dapat melihat dan mempelajari seluruh sejarah Kepresidenan Indonesia beserta peninggalannya. Selain itu, ada juga koleksi film dokumenter dan buku sejarah lainnya yang akan semakin menambah pengetahuan dan wawasan Anda.

Alamat : Jl. orang Irlandia H. Juanda No.1, RT.04/RW.01, Paledang, Kabupaten Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16122.

Jam Buka: Selasa – Jumat (09.00-15.00 WIB), Sabtu & Minggu (09.00-13.00 WIB).

Pernahkah Anda mendengar tentang Museum Pasir Angin? Jika belum, kunjungi wisata museum ini. Selain museum tanah dan pertanian yang unik, Bogor juga memiliki museum pasir angin. Bisa dibilang museum ini seperti situs prasejarah yang menyimpan artefak dari masa lalu. Mulai dari patung, kapak, perunggu hingga lainnya bisa ditemukan di museum ini.

Alamat : Cemplang, Kec. Cibungbulang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16630.

Jam Buka: Senin – Minggu (09.00 – 16.00 WIB).

Berjalan-jalan di sekitar kawasan Cianjur dan jangan lupa mampir ke museum ini. Namanya Museum Mata Trick Lulu. Ya, ini adalah museum modern dengan menghadirkan konsep 3D. Anda bisa menggunakan sekitar 50 spot lukisan 3D untuk kebutuhan foto ready Instagram Anda.

Alamat : Jl. Raya Puncak – Cianjur No. 412, Cilember, Kec. Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16750.

Jam Buka: Senin – Minggu (08.00 – 21.00 WIB).

Nah, ini dia 8 kumpulan museum terkenal di Bogor yang bisa kamu kunjungi. Semoga artikel ini bermanfaat dan Selamat Berlibur! (ELS)

Source: kumparan.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button