8 desa wisata di Kediri, cocok untuk short trip - WisataHits
Jawa Barat

8 desa wisata di Kediri, cocok untuk short trip

8 desa wisata di Kediri, cocok untuk short trip

Apakah Anda ingin pergi berlibur, tetapi tidak punya banyak waktu untuk perjalanan jauh? Kunjungi saja beberapa desa wisata yang biasanya mudah dijangkau dan tidak terlalu jauh dari pusat kota. Desa wisata juga bisa menjadi tempat untuk pelarian singkat jika kamu bosan.

Bagi yang berada di Kediri, Jawa Timur, Anda bisa mengunjungi beberapa desa wisata yang menarik. Berikut delapan desa wisata di Kediri yang bisa dijadikan referensi liburan Anda nanti. Banyak kegiatan seru dan mendidik, lho!

1. Desa Jambu

8 desa wisata di Kediri, cocok untuk short tripAktivitas Seru di Desa Jambu (instagram.com/desawisatajambu)

Desa Wisata Jambu terletak di Kecamatan Kayen Kidul, Kabupaten Kediri. Lokasinya tidak jauh dari Pura Tegowangi dan Kampung Inggris di Pare. Desa wisata ini mengusung konsep wisata edukasi dan agrowisata yang dihadirkan dalam enam lokasi wisata dan 20 paket edukasi.

Anda bisa mengunjungi Pembibitan, Tabulampot Indonesia, Sungai Sejuta Ikan, Niagara River Tubing, Pasar Papringan dan Peternakan Kambing Etawa. Harga paket mulai dari Rp 5.000-35.000. Mereka tidak hanya belajar cara memerah susu kambing, tetapi mereka juga mendapat pelatihan gamelan (musik gamelan).

2. Desa Joho

8 desa wisata di Kediri, cocok untuk short tripSumber Podang – Desa Joho (instagram.com/desawisatajohokediri)

Di bagian barat Kabupaten Kediri, Desa Joho terletak di Kecamatan Semen. Desa wisata ini menjadi salah satu peserta Wisat Village Award 2021. Keindahan alamnya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Salah satu tujuan wisata yang paling populer adalah Sumber Podang.

Padahal, Sumber Podang merupakan simbol utama Desa Joho yang juga didukung oleh areal perkebunan dan pegunungan. Tempat lain yang tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Gua Lalat dan Taman Bunga Kelir. Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alamnya, Anda bisa nongkrong di sejumlah kafe.

3. Desa Mejono

8 desa wisata di Kediri, cocok untuk short tripGronjong Wariti – Desa Mejono (instagram.com/gronjongwariti)

Anda ingin melakukan pelarian singkat di tempat yang bagus? Di desa wisata Mejono, Kecamatan Plemahan, ada Gronjong Wariti. Anda bisa bersantai di pinggir sungai sambil menikmati jajanan khas desa.

Suasana pedesaan semakin terasa dengan adanya rumpun bambu dan gemericik air. Anda juga dapat mencoba perjalanan perahu, arung jeram, perahu kayuh, hingga kolam renang. Sedangkan wisata budaya berupa ketoprak lucu yang bisa menghibur Anda.

4. Desa Medovo

8 desa wisata di Kediri, cocok untuk short tripTanggulation Bukit Gandrung – Desa Medowo (instagram.com/wisatabukitgandrung)

Desa wisata lain yang tak kalah indahnya adalah Medowo di Kecamatan Kandangan. Desa wisata ini meraih penghargaan desa untuk kategori inovasi terbaik dalam pengelolaan wisata. Selain itu, beberapa potensi wisata menjadi magnet bagi wisatawan.

Karena sebagian besar wilayahnya digunakan sebagai perkebunan, agrowisata berkembang. Keindahan alam yang bisa Anda nikmati adalah bukit Gandrung Tanggulasi yang berada di ketinggian 715 mdpl. Pecinta durian memang bisa mengunjungi Kampung Durian Medowo saat musim panen.

Lanjutkan membaca artikel berikut

Favorit Editor

Baca Juga: 11 Potret Keindahan Desa Waerebo, Desa Indah di Atas Awan

5. Desa Sempu

8 desa wisata di Kediri, cocok untuk short tripKampoeng Anggrek (instagram.com/desawisatasempu)

Saat Anda berkunjung ke Gunung Kelud, jangan lupa mampir ke Desa Wisata Sempu di kecamatan Ngancar. Udaranya sejuk karena banyak juga tempat yang bisa dikunjungi di lereng Gunung Kelud. Beberapa diantaranya adalah Indian Village, Orchid Village dan Dragon Cave Hill.

Kegiatan seru yang bisa dicoba di Desa Sempu adalah berkemah di Taman Eksotis Sempu. Jika Anda tertarik dengan kehidupan desa dan ingin mencobanya, ada Paket Wisata Desa dan Kehidupan di Desa.

6. Desa Sidomulyo

8 desa wisata di Kediri, cocok untuk short tripMata Air Ganggong – Desa Sidomulyo (instagram.com/kedirixam)

Di kecamatan Wates terdapat desa wisata Sidomulyo yang terkenal dengan Sumber Ganggong. Sebelumnya, sumber itu tidak terawat dengan baik. Kemudian berhasil dilestarikan dan dikembangkan menjadi objek wisata dan ikon desa Sidomulyo.

Banyak bintik Instagramable ada di sini, seperti dermaga cinta dengan lampion hias. Anda juga bisa mencoba naik perahu mengelilingi kolam di sekitar Mata Air Sumber Ganggong. Untuk menikmati wahana yang tersedia, Anda cukup membayar biaya parkir kendaraan tanpa tiket masuk.

7. Desa Tawang

8 desa wisata di Kediri, cocok untuk short tripWisata Sumber Air Plumpungan – Desa Tawang (instagram.com/desawisatatawang)

Desa Tawang yang masih berada di Kecamatan Wates bisa menjadi desa wisata alternatif bagi wisatawan pelarian singkat. Desa ini menjadi juara 1 Lomba Video Bisnis DPMD Ekonomi Kreatif Provinsi Jawa Timur. Sedangkan destinasi wisata unggulan adalah Sumber Air Plumpungan yang diresmikan pada tahun 2020.

Sumber Air Plumpungan tidak hanya menawarkan suasana asri dan masih alami karena dilengkapi dengan rumah pohon dan taman bermain anak. Kuliner yang ditawarkan juga bercita rasa tradisional seperti jagung nais, pepes pindang dan sayur lodeh. Uniknya, pasar jajanan tradisional diadakan setiap Minggu Pahing (menurut penanggalan Jawa).

8. Desa Keling

8 desa wisata di Kediri, cocok untuk short tripGua Jegles – Desa Keling (instagram.com/dewatakeling)

Bagi yang ingin menjelajahi sisi lain lereng Gunung Kelud, Anda bisa berkunjung ke Desa Keling. Ada sejumlah wisata alam di desa ini, seperti Gua Jegles dan Sungai Kembangan. Jika Anda mencari aktivitas yang lebih menantang, cobalah naik ban sejauh 2,5 km menyusuri sungai.

Keberadaan pesantren tua menjadi salah satu ciri pembeda dari desa wisata lainnya. Pesantren Ringginagung. Di sini Anda bisa menikmati suasana pesantren tempo dulu. Selain itu, ada Masjid tua khas Mataraman yang berusia lebih dari satu abad.

Kedelapan desa wisata di Kediri di atas cocok untuk hal tersebut pelarian singkat. Beberapa di antaranya sangat dekat dengan Kediri sehingga memudahkan Anda untuk mengunjunginya. Anda juga dapat menikmati suasana yang menyenangkan dan kuliner tradisional yang nikmat.

Baca Juga: 9 Desa Terkaya di Indonesia: Desa di Bali Nomor Wahid

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button