7 Wisata Keren di Indonesia, Ada Sulawesi - WisataHits
Jawa Tengah

7 Wisata Keren di Indonesia, Ada Sulawesi

“Sebagai negara dengan iklim tropis, Indonesia memiliki suhu udara yang relatif tinggi. Jika ingin merasakan wisata yang sejuk dan sejuk seperti di luar negeri, tidak perlu jauh-jauh, kini hanya bisa dinikmati di Indonesia.”

KENDARI, TELISIK.ID – Sebagai negara tropis, Indonesia memiliki suhu udara yang relatif tinggi. Ingin merasakan wisata dingin yang sejuk seperti di luar negeri? Tak perlu jauh-jauh, kini hanya bisa dinikmati di Indonesia.

Bagi yang ingin berwisata di tengah udara dingin atau mungkin bulan madu di udara sejuk, berikut pilihan wisata udara dingin di Indonesia dilansir dari berbagai sumber, yaitu:

1. Dieng, Jawa Tengah


Mengutip cnnindonesia.com, destinasi wisata pegunungan di Jawa Tengah ini menawarkan beragam fitur udara dingin mulai dari Kompleks Candi Arjuna, Bukit Sikunir, Kawah Sikidang hingga Gunung Prau.

Gunung Prau populer di kalangan wisatawan untuk menikmati fenomena golden sunrise. Namun, pendakian sudah dilakukan di sini sejak dini hari, di tengah suhu udara yang bisa mencapai 3 derajat Celcius.

Selain berada di atas bukit atau di gunung, tempat wisata di Dieng lainnya menawarkan udara sejuk seperti Telaga Pengilon dan Telaga Warna.

2. Padang Panjang, Sumatera Barat

Dengan dibukanya reddoorz.com yang berada pada ketinggian 650-950 meter di atas permukaan laut, Padang Panjang memiliki udara yang cukup dingin. Terdapat tiga gunung yang mengelilingi kota yaitu Gunung Merapi, Gunung Singgalang dan Gunung Tandikat, sehingga tidak heran jika Padang Panjang memiliki cuaca yang sejuk. Di sini pun, jumlah curah hujan cukup tinggi dengan rata-rata 3.295 mm per tahun dan suhu udara terendah 21,8 derajat Celcius.

3. Baturraden, Jawa Tengah

Terletak di daerah pegunungan sebelah selatan Gunung Slamet pada ketinggian 980 meter di atas permukaan laut, Baturraden merupakan salah satu kota kecil di Purwokerto. Posisi ini membuat Baturraden sejuk di siang hari dan dingin di malam hari.

Baca juga: Ramah Saku, ini adalah tempat penyembuhan akhir pekan favorit anak muda

Meski tergolong kota kecil, Baturraden memiliki wisata alam yang menarik seperti air terjun Pitu dan Telu, lahan yang pernah dijadikan jambore nasional, dan kompleks wisata edukasi yang menampung banyak satwa dari seluruh dunia, yaitu Kaloka Widya-Mandala.

4. Dataran Tinggi Malino, Sulawesi Selatan

Dikutip dari indonesia.tripcanvas.co, tempat yang dulunya berjarak 2,5 jam dari Kota Makassar ini hanyalah sebuah perkebunan teh biasa namun karena lokasinya yang begitu asri dan menjanjikan akhirnya berubah menjadi objek wisata alam yang sejuk untuk seluruh Keluarga.

Kegiatan dan fasilitas yang bisa dilakukan di sini juga sangat beragam, mulai dari paralayang, berkuda, petting zoo, taman bunga, bungee jumping, trampolin, bersepeda dan masih banyak lagi.

5. Tomohon, Sulawesi Utara

Suhu udara yang berkisar antara 18 hingga 20 derajat Celcius, membuat kota yang diapit Gunung Lokon dan Gunung Mahawu ini menjadi tempat liburan yang populer bagi warga Sulawesi Utara.

Unggulan wisatanya adalah Linower See, yang memiliki keunikan tersendiri, karena warna airnya bisa berubah dari hijau toska, biru dan kuning-coklat karena kandungan belerang yang tinggi dan pembiasan cahaya.

Datanglah di pagi hari untuk menikmati keindahan danau ini karena suasananya yang tenang dan asri. Duduk di tepi danau yang indah sambil menyeruput itemani sambil menikmati secangkir kopi atau teh hangat pasti akan menjernihkan pikiran Anda.

6. Yang Mulia, Papua

Terletak di Kabupaten Puncak Jaya, Papua, Mulia adalah kota pegunungan kecil di ketinggian 2.448 meter di atas permukaan laut. Meski kecil, Mulia sudah disibukkan dengan kehadiran banyak kantor pemerintahan.

Baca juga: Keindahan Punden Rejo Deli Serdang, tempat wisata yang bernuansa alam

Jalan sudah diaspal dan infrastruktur pendukungnya memadai, meski jumlahnya masih sedikit. Mulia memiliki bandara kecil yang hanya bisa ditampung oleh pesawat karavan yang hanya bisa menampung sembilan orang. Untuk sampai ke sini, Anda bisa terbang sekitar satu jam dari Jayapura dengan pesawat.

7. Berastagi, Sumatera Utara

Berada di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut, Berastagi di Kabupaten Karo, Sumatera Utara memiliki udara yang cukup dingin. Diapit oleh Gunung Sibayah dan Gunung Sinabung, Berastagi menawarkan pemandangan yang indah, seperti Air Terjun Sikufold.

Sekitar 1,5 jam dari Berastagi, Anda juga bisa mengunjungi Danau Toba yang tak kalah indahnya. Selain wisata alam, Berastagi menawarkan wisata sejarah seperti Frsa Lingga dan Tongkoh. Bagi Anda yang menyukai buah, Berastagi bisa menjadi tempat yang cocok untuk berbelanja karena Berastagi juga dikenal sebagai penghasil buah terbaik di Sumatera Utara. (c)

Pengarang : Nur Khumairah Sholeha Hasan

Penerbit: Haerani Hambali

Source: telisik.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button