Simpang Lima Semarang kedatangan ribuan artis besok, ada apa? - WisataHits
Jawa Tengah

Simpang Lima Semarang kedatangan ribuan artis besok, ada apa?

semarang

HUT Provinsi Jawa Tengah ke-72 akan diperingati besok pukul 06.00 WIB dengan pagelaran seni di Lapangan Simpang Lima Pancasila Semarang, Minggu (14/8). Ribuan artis akan berpartisipasi baik online maupun offline.

Dari informasi pers yang diterima Detik Jawa Tengah, ada 1.050 penampil desa yang terdiri dari 450 penari jaranan dan 600 pengrawit yang akan tampil. Acara ini didukung oleh Bank Jawa Tengah dan Purnomo Yusgiantoro Center. Selain itu, ribuan siswa SMA/Profesional akan mengikuti tarian flash mob Jaranan bersama para pengisi acara.

“Acara besok di Simpang Lima bertajuk Gamelan Kolosal. Sebuah pertunjukan seni tradisional yang menampilkan suara musik gamelan serta pertunjukan yang indah oleh para penari jaranan. Ada 30 grup gamelan dan penari jaranan yang akan tampil bersama,” kata Agung Wahyu Utomo yang selalu menjadi pemimpin gamelan kolosal itu, dalam keterangannya, Sabtu (13/8/2022).

Agung menjelaskan, hanya beberapa artis yang benar-benar tertarik untuk tampil yang akan datang. Seniman desa mendapat dukungan dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk pelestarian budaya, termasuk dukungan perangkat gamelan.

“Hanya 30 rombongan yang datang. Malah banyak yang mau hadir dan merayakan karena ada ribuan desa yang didukung gubernur ya, tapi persiapannya terbatas,” jelas Agung.

Joko Setiyono dan Ahmad Alfan Riska, koreografer dan komposer Gamelan Kolosal, mengatakan seniman tradisional dari berbagai daerah di Indonesia juga akan tampil secara online.

“Mereka berasal dari Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Jambi dan daerah lain di Indonesia. Mereka ingin ikut memeriahkan HUT Jateng dengan memamerkan kesenian tradisional Jawa di daerahnya masing-masing,” tambah Joko.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dijadwalkan hadir. Melalui berbagai akun media sosialnya, Ganjar mengajak masyarakat untuk memeriahkan acara kolosal gamelan di Simpang Lima.

“Seribu seniman dari desa Simpang Lima yang terkepung. Akan ada 30 kelompok gamelan dan jaranan. Ada juga jaranan flash mob yang bisa kamu ikuti. Yuk, ajak teman, tetangga, dan keluargamu. Kami berdua dengan senang hati merayakan HUT ke-72 Jawa Tengah. Yang jauh silahkan lihat di akun resmi Ganjar Pranowo,” kata Ganjar.

Tonton video Menemukan Bagian Sepasang Tangan di Sungai Semarang
[Gambas:Video 20detik]
(dil/aplikasi)

Source: www.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button