Keren, keturunan HB 2 bekerja sama dengan warga sekitar untuk mengembangkan pariwisata lokal - WisataHits
Yogyakarta

Keren, keturunan HB 2 bekerja sama dengan warga sekitar untuk mengembangkan pariwisata lokal

YOGYAKARTA, iNews,id – Destinasi wisata baru bermunculan bak jamur di DIY. Banyak destinasi wisata baru bermunculan, salah satunya di Desa Petir, Rongkop, Gunungkidul.

Di lahan seluas 1 hektar ini, Raden Arya Pradana, keturunan ketujuh HB 2, mengembangkan Desa Wisata B(h)umi Arya berbasis wisata khusus.

Di lokasi perbukitan ini, area trekking berbukit, jalur sepeda yang menantang, perkemahan, taman bermain anak-anak, pondok pejalan kaki, dan kuliner tradisional telah berkembang.

Setiap pengunjung yang datang disuguhi jalur edukasi melalui perbukitan dan ladang milik para petani.

Pengunjung memiliki dua rute yang dapat dipilih, dengan durasi sekitar 30 menit untuk rute pendek dan rute panjang dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 15 menit.

Ada juga tempat perkemahan di titik ini. Pengunjung dapat menikmati malam yang indah di pedesaan.

Menu kuliner yang ditawarkan antara lain makanan tradisional seperti cabai hijau, ayam kampung, lodeh, jantung pisang dan lain-lain.

Arya mengatakan selain memiliki konsep yang berbeda dengan destinasi wisata lainnya, salah satu kunci pengembangan pariwisata adalah dengan melibatkan warga sekitar.

“Kuncinya adalah bekerja sama dengan warga sekitar dan melibatkan mereka, seperti yang telah kita lakukan di kawasan Rongkop, Gunungkidul,” ujarnya kepada wartawan di kediamannya di Jalan Retno Dumilah, Kotagede Yogyakarta, Kamis (11/8/2022). .

Lokasinya yang berada di atas perbukitan dengan udara sejuk sangat membantu kesehatan mental pengunjung.

Penerbit: Ainun Najib

Bagikan artikel:

Membelah

Membelah

Tombol berbagi baris

Source: yogya.inews.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button