7 Tempat Wisata di Situbondo yang Paling Banyak Dikunjungi - WisataHits
Jawa Tengah

7 Tempat Wisata di Situbondo yang Paling Banyak Dikunjungi

Situbondo merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur dengan berbagai macam tempat wisata. Apalagi wisata alam, karena Situbondo sendiri memiliki panorama alam yang sangat menarik.

Jika masih bingung memilih tempat wisata di Situbondo, yuk simak informasi 7 tempat wisata terpopuler di Situbondo berikut ini!

1. Waduk Bajulmati

7 Tempat Wisata Terpopuler di Situbondo: Lokasi dan Harga TiketWaduk Bajulmati (instagram.com/jatimparadise)

Waduk Bajulmati sering disebut sebagai Raja Ampat Jawa Timur karena memiliki panorama yang mirip dengan Raja Ampat. Waduk Bajulmati memiliki permukaan air berwarna biru kehijauan dari kejauhan. Lalu ada bukit-bukit kecil di tengah air seperti di Raja Ampat.

Gundukan tersebut berbentuk seperti buaya jika dilihat dari atas, atau Bajul dalam bahasa Jawa. Dari waduk ini Anda juga bisa melihat panorama pegunungan Baluran dan Ijen dari kejauhan.

Tempatnya sejuk, dan sekitarnya masih asri. Cocok sebagai tempat wisata untuk bersantai. Pemandangannya yang memukau juga bisa dijadikan spot foto lho!

Lokasi: Baluran, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo.

Waktu aktif: 06.00-18.00 WIB.

harga tiket: Gratis tapi ada biaya parkir Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Hotel di Situbondo, Staycation Ayo!

2. Savana Bekol, Taman Nasional Baluran

7 Tempat Wisata Terpopuler di Situbondo: Lokasi dan Harga TiketTaman Nasional Savana Bekol Baluran (instagram.com/savanabekol)

Savana Bekol di Taman Nasional Baluran juga dikenal sebagai Africa Van Java. Pasalnya, tempat wisata ini memiliki pemandangan hamparan sabana yang sangat luas, mirip dengan Afrika.

Tempat wisata ini tidak hanya menawarkan pemandangan sabana tetapi juga merupakan suaka bagi satwa yang dilindungi. Seperti macan tutul, banteng jawa, undangan, rangkong dan lain-lain. Wisatawan dapat melihat hewan ini langsung dari jauh.

Savana Bekol tidak hanya populer di kalangan wisatawan domestik, tapi juga banyak wisatawan mancanegara yang mampir ke tempat wisata ini lho!

Lokasi: Taman Nasional Baluran, Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo.

Waktu aktif: 07.30-17.00 WIB.

harga tiket:

  • Wisatawan domestik Rp 16.000.
  • Wisatawan asing Rp 18.500.

3. Pantai Bama

7 Tempat Wisata Terpopuler di Situbondo: Lokasi dan Harga TiketPantai Bama (instagram.com/wisatasitubondo)

Masih di lokasi Taman Nasional Baluran, terdapat destinasi wisata pantai yang tak kalah indahnya. Wisata tersebut bernama Pantai Bama. Sebelum menuju ke tempat tersebut, wisatawan melewati kawasan Taman Nasional Baluran yang masih terdapat pepohonan rindang. Maka tak heran jika wisatawan bisa bertemu dengan hewan seperti kera di sepanjang perjalanan.

Sesampainya di lokasi, wisatawan akan disambut dengan pantai pasir putih. Pantainya juga bersih dan air lautnya biru. Wisatawan bisa berlibur, berfoto, bermain air di pantai. Saat bermain air di pantai harus hati-hati dengan ombaknya, OK!

Lokasi: Taman Nasional Baluran, Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo.

Waktu aktif: 07.30-17.00 WIB.

harga tiket: Rp15.000.

4. Air Terjun Talempong

7 Tempat Wisata Terpopuler di Situbondo: Lokasi dan Harga TiketAir Terjun Talempong (instagram.com/wisatasitubondo)

Situbondo memiliki wisata air terjun populer yang menjadi tujuan banyak orang, yaitu Air Terjun Talempong. Air terjun ini memiliki ketinggian 50 meter. Meski tidak terlalu tinggi, debit airnya cukup deras lho!

Pemandangan di sekitar air terjun masih sangat asri. Ada pepohonan hijau. Menariknya, sebagian besar jalur trekking terbuat dari kayu, dan di sebelahnya ada bunga berwarna-warni yang indah.

Berendam di air terjun sambil menikmati keindahan alam sekitar bisa dijadikan obat obat dari aktivitas sehari-hari. Di area sekitar air terjun juga terdapat bebatuan alam yang bisa dijadikan spot foto alam.

Lokasi: Desa Talempong, Kecamatan Banyuglugur, Kabupaten Situbondo.

Waktu aktif: 06.00-17.00 WIB.

harga tiket: Rp2.000

5. Rengganis renda Argopuro

7 Tempat Wisata Terpopuler di Situbondo: Lokasi dan Harga TiketArgopuro Puncak Renggani (instagram.com/rifqi_pratama__)

Situbondo tidak hanya memiliki wisata bahari, tapi juga wisata yang menawarkan keindahan pegunungan lho! Namanya Puncak Rengganis Argopuro. Tempat wisata ini memiliki ketinggian 3.088 meter di atas permukaan laut dan terletak di salah satu puncak Gunung Argopuro.

Dari puncak ini, wisatawan dapat menikmati pemandangan di bawah serta keindahan Gunung Argopuro itu sendiri. Di puncak Rengganis Argopuro tidak hanya terdapat keindahan alam tetapi juga situs sejarah dengan peninggalan purbakala yaitu teras bertingkat.

Lokasi: Desa Badran, Kecamatan Sumbermalang, Kabupaten Situbondo.

Waktu aktif: 24 jam.

harga tiket: Gratis.

6. Desa Kerapu

7 Tempat Wisata Terpopuler di Situbondo: Lokasi dan Harga TiketKampung Kerapu (instagram.com/kampungkerapusitubondo)

Desa Kerapu merupakan salah satu tempat wisata bahari utama di Situbondo. Desa ini berdiri di atas dermaga apung, lengkap dengan puluhan kandang kerapu yang menghiasi sekelilingnya.

Tempat ini digunakan sebagai tempat budidaya ikan. Wisatawan tidak hanya bisa menikmati pemandangan desa bahari di sini, tapi juga memancing! Wisatawan juga bisa menyewa perahu untuk berkeliling desa kerapu ini.

Lokasi: J L. Gundil, Klatakan, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo.

Waktu aktif: 08.00-22.00 WIB.

harga tiket: Rp35.000.

7. Kayu Mas. perkebunan kopi

7 Tempat Wisata Terpopuler di Situbondo: Lokasi dan Harga TiketPerkebunan Kopi Kayu Mas (instagram.com/morin_tasha99)

Situbondo merupakan salah satu sentra produksi kopi di Jawa Timur. Ada perkebunan kopi terbesar di Situbondo, yaitu Perkebunan Kopi Kayu Mas. Selain menjadi lokasi budidaya kopi khas Situbondo, tempat ini juga terbuka untuk wisata dan edukasi.

Wisatawan dapat menikmati keindahan alam perkebunan kopi ditemani dengan harumnya aroma tanaman kopi. Di sini sangat dingin lol! Selain berwisata, pengunjung juga bisa belajar tentang kopi, seperti cara penanaman dan pengolahannya.

Lokasi: Desa J L. Kayumas, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Situbondo.

Waktu aktif: 08.00-17.00 WIB.

harga tiket: Gratis.

Itulah tadi informasi mengenai 7 Tempat Wisata Di Situbondo Terpopuler. Ternyata Situbondo menawarkan berbagai wisata yang sangat menyenangkan mulai dari pantai, taman nasional hingga air terjun. Ketika kita mengunjungi salah satu tempat wisata tersebut, secara tidak langsung kita juga memperkuat sektor pariwisata di Situbondo. Jadi kalau ada kesempatan jangan lupa untuk mengunjunginya ya!

Baca Juga: 7 Souvenir Khas Situbondo yang Wajib Kamu Bawa Pulang!

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button