5 wisata dekat Ketep Pass Magelang untuk liburan, ada sisi air terjun semua - WisataHits
Jawa Tengah

5 wisata dekat Ketep Pass Magelang untuk liburan, ada sisi air terjun semua

KOMPAS.com – Ketep Pass di Magelang, Jawa Tengah menawarkan pemandangan indah dari ketinggian. Kawasan ini juga menjadi pilihan destinasi wisata di wilayah Magelang.

Ketep Pass terletak di antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Pengunjung bahkan dapat menikmati pemandangan Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro.

Baca Juga: 6 Tempat Wisata Di Sekitar Ketep Pass Magelang, Spot Panorama Hingga Air Terjun

Ada juga beragam wisata unik dan seru untuk dikunjungi di dekat Ketep Pass.

5 Rekomendasi Tur Dekat Ketep Pass

Berikut lima tempat wisata di dekat Ketep Pass Magelang yang bisa dikunjungi untuk mengisi liburan:

1. Air Terjun Kedung Kayang

Air Terjun Kedung Kayang terletak di Desa Wonolelo, Kedung Kayang, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah dengan ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut (mdpl). Seperti namanya, tempat ini merupakan kawasan air terjun dengan ketinggian 40 meter.

Pengunjung menyeberangi sungai menuju Air Terjun Kedung Kayang.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Pengunjung menyeberangi sungai menuju Air Terjun Kedung Kayang.

Dikutip dari Kompas.com, Jumat (10/6/2022), pengunjung bisa berfoto ria di kawasan air terjun. Untuk sampai ke tempat ini, pengunjung harus menyeberangi sungai terlebih dahulu.

Baca Juga: Menyaksikan Perkasa Gunung Merapi dari Air Terjun Kedung Kayang Magelang

Selain itu, kawasan Air Terjun Kedung Kayang belum ramai, sehingga cocok juga sebagai tempat penyembuhan yang bermanfaat.

2. Pendakian Merbabu via Suwanting

Bagi yang suka mendaki gunung, sangat cocok mendaki Gunung Merbabu melalui jalur Suwanting. Ada tempat penampungan Suwanting, yang letaknya tidak jauh dari Ketep Pass.

Padang Sabana di trek Merbabu via Suwanting.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Padang Sabana di Jalur Pendakian Merbabu di atas Suwanting.

Kemiringan rata-rata di jalur ini sekitar 30,8 derajat dan beberapa di tanjakan mencapai 59,1 derajat.

Dikutip dari situs resmi Taman Nasional Gunung MerbabuJika Anda mendaki Gunung Merbabu melalui Suwanting, Anda akan melewati Base Camp Suwanting dan kemudian masuk ke Gerbang Suwanting.

Baca juga: Boemisora, Wisata Baru di Kaki Gunung Merbabu yang Menawarkan Pemandangan Indah

Setelah itu mengunjungi Pos 1, Lembah Lempong, Pos 2, Lembah Mitoh, dan lanjutkan ke Pos 3.

Setelah melewati ketiga pos tersebut, pendaki melewati Sabana 1-3 untuk kemudian mencapai Puncak Suwanting.

3. Simpan postingannya

Tempat wisata ini juga terletak di kompleks wisata Ketep Pass. Kutipan dari laporan Kompas.comPada Sabtu (29/1/2022), sudut pandang ini menawarkan berbagai atraksi wisata seperti Museum Vulkanologi dan Bioskop Mini.

Tempat Wisata (DTW) Ketep Pass, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah dibuka kembali pada Jumat 26 Februari 2021.Dermaga. DTW Ketep Pass Tempat Wisata Magelang (DTW) Ketep Pass, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, dibuka kembali pada Jumat 26 Februari 2021.

Lihat miniatur Gunung Merapi dan dokumentasi kegiatan Gunung Merapi di museum, dan saksikan film dokumenter tentang terbentuknya Gunung Merapi di lokasi ini.

Baca Juga: Menjelajahi Wisata Sejarah Merapi di Ketep Pass

Di sudut pandang Ketep, pengunjung juga dapat melihat pemandangan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu dengan lebih jelas dengan teropong.

4. Bukit Greenden

Bukit Grenden terletak di lereng Gunung Merbabu, tepatnya di Dusun Grenden, Desa Pohgalang, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang.

Tempat wisata ini berada di ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan sekitar 6 kilometer (km) di belakang Ketep Pass.

Bukit Grenden, Magelang.Dermaga. KUNJUNGI JAWATENGAH.JATENGPROV.go.id Bukit Grenden, Magelang.

Tempat wisata ini menawarkan beragam wisata hutan pinus, salah satunya adalah pinus merah.

Selain wisata hutan pinus, kawasan ini juga cocok bagi pengunjung yang menyukai fotografi, karena banyak terdapat spot foto menarik. Misalnya di rumah terbalik dan bulan sabit.

Baca juga: 22 Wisata Magelang Untuk Liburan Panjang, Ada Pura dan Gunung

Jika Anda ingin berkemah, Bukit Grenden juga merupakan pilihan yang cocok karena memiliki area yang luas yang sangat cocok untuk berkemah.

5. Taman Merapi

Merapi Garden adalah tempat wisata pilihan di daerah dekat Ketep Pass. Terletak di Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas mulai dari kuliner hingga taman bunga dan kesempatan berfoto yang indah.

Merapi Garden di Kecamatan Selo, Boyolali.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Taman Merapi di Kecamatan Selo, Boyolali.

Dikutip dari Kompas.com, Selasa (14/12/2021), Merapi Garden terletak di kaki Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Ada taman bunga yang indah seperti di Belanda, lengkap dengan bunga yang bermekaran. Cocok juga untuk pengunjung yang suka berfoto.

Baca Juga: Wisata Ke Dataran Tinggi Silancur Magelang, Ini Panduan Lengkapnya

Pengunjung harus membayar Rp 5.000 sebagai harga tiket masuk yang berlaku untuk segala usia. Taman Merbabu hanya bisa dikunjungi sebelum matahari terbit, lebih tepatnya buka dari pukul 09.00 hingga 17.00 WIB.

Di sana pun pengunjung harus bisa menjaga diri agar tidak merusak tanaman yang ada di Merapi Garden.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: travel.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button