7 kamar di goa gong pacitan - WisataHits
Jawa Timur

7 kamar di goa gong pacitan

Gua Gong di Desa Bomo Kecamatan Punung merupakan salah satu tempat wisata primadona di Kabupaten Pacitan. Di tempat ini, wisatawan bisa menikmati keindahan tebing kapur yang terbentuk ribuan tahun lalu. Stalaktit, atau bebatuan yang tumbuh dari atas ke dasar gua, menggantung seperti tirai.

Tak kalah menarik, gundukan stalagmit, batu besar yang menjulang dari bawah ke atas, juga menawarkan keindahan. Keindahan alam di dalam perut bumi semakin terlihat melalui pancaran lampu warna-warni yang konon ramah lingkungan.

Wisatawan dapat dengan nyaman menikmati ukiran batu di dinding dan langit-langit gua karena sejumlah kipas telah dipasang. Stalaktit dan stalagmit tersaji dengan indah dalam tujuh ruangan. apa pun?

1. Sendang Malaikat

7 Ruangan di Gua Gong Pacitan Menyimpan keindahan perut bumiGua Gong Pacitan (instagram.com/sanjaya.anik)

Ruangan di gua yang paling dekat dengan pintu masuk menampilkan bebatuan runcing yang tidak beraturan. Pada titik ini, bentuk stalagmit dan stalaktitnya menyerupai sedotan. Di ruang taman Bidadari ini terdapat mata air kecil yang airnya dingin dan bersih.

Air alami dari mata air tersebut konon memiliki nilai magis. Setiap warga dan pengunjung akan terlihat santai setelah membasuh muka dengan air di Angel Spring.

2. Kamar malaikat

7 Kamar di Goa Gong Pacitan Menyelamatkan Keindahan Perut BumiGua Gong, Pacitan (instagram.com/reyginawisata)

Memasuki ruangan kedua bernama Bidadari, panorama gua hampir sama dengan di Taman Bidadari. Namun, ada beberapa bebatuan yang berupa perbukitan dengan permukaan yang tidak rata. Penduduk setempat membandingkannya dengan patung dalam jumlah besar.

Di ruangan ini juga terdapat rongga yang terhubung dengan ruangan pertama. Bahkan konon bayangan wanita cantik terkadang lewat di titik ini. Hingga akhirnya disebut kamar bidadari.

Baca Juga: Inilah 5 Gua yang Menampilkan Keindahan Perut Bumi di Pacitan

3. Cello duduk

7 Ruangan di Gua Gong Pacitan Menyimpan keindahan perut bumiGua Gong Pacitan (instagram.com/wira_ootd)

Seiring perjalanan berlanjut, keindahan di dalam gua semakin mempesona. Di ruangan ketiga ini Anda bisa melihat stalaktit besar yang tumbuh hingga ke dasar gua. Penduduk setempat menyebutnya begitu Surga tidur Cello artinya batuan yang menopang penutup bumi.

batu bersih cello duduk ini sangat cantik Saat senter menyala, permukaannya tampak berkilau. Dengan demikian, banyak yang disebut sebagai kamar kristal dan marmer dengan kualitas yang hampir sempurna.

4. Selo large copyrighted image

7 Kamar di Goa Gong Pacitan Menyelamatkan Keindahan Perut BumiGua Gong Pacitan (instagram.com/bellanandra)

Ruang keempat menampilkan stalaktit yang lebih berkilau dibandingkan ruang ketiga. Batu-batu yang tumbuh dari atas ke bawah lebih putih dan lebih besar dari pada ruangan sebelumnya.

Saking cantiknya, penduduk setempat memberi nama kamar keempat ini Selo Citra Cipta Agung artinya batu itu melambangkan keagungan ciptaan Tuhan. Bahkan, kilauannya semakin berkilau saat senter menyinarinya. Sistem penerangan ini disewakan oleh warga resor wisata.

5. Sendang Kamulyan

7 Ruangan di Gua Gong Pacitan Menyimpan keindahan perut bumiGua Gong Pacitan (instagram.com/danisetiawanku)

Semakin dalam Anda masuk, semakin indah tampilan ruangan di Gua Gong. Tak hanya bebatuan kapur cantik yang terbentuk ribuan tahun lalu, ada juga kolam kecil sebagai sumber air. Di kamar kelima ada, misalnya Sendang Kamulyan untuk membawa ketenaran.

Tak hanya itu, karena ruangan kelima ini paling luas, pernah digunakan sebagai tempat konser musik dari empat negara. Para musisi tersebut berasal dari Indonesia, Swiss, Inggris dan Prancis. Tindakan Anda berfungsi untuk mempromosikan keberadaan Gua Gong di luar negeri.

6. Ruang Pertapaan

7 Kamar di Gua Gong Pacitan Simpan Keindahan Dunia BawahGua Gong Pacitan (instagram.com/krisbiantography)

Ruangan ini digunakan untuk bermeditasi pada sesepuh desa Bomo. Ini berarti datang lebih dekat kepada Tuhan melalui meditasi untuk menyatu dengan alam. Jadi di titik ini ada Sendang Relung Nista yang konon bisa menghilangkan kesialan.

7. Menangkan Bumi

7 Ruangan Gua Gong Pacitan Menyimpan keindahan alam bakaGua Gong Pacitan (instagram.com/kesdm)

Keindahan paling eksotis ada di kamar ketujuh. Karena di titik ini terdapat batu-batu besar yang menjuntai. Stalaktit disebut kerang bumi. Tak hanya itu, batu indah ini bisa mengeluarkan bunyi seperti gong dalam gamelan Jawa saat dipukul atau dipukul.

Di kamar ketujuh ini juga ada Sentangururan dan musim semi tubuh mantra. Dikatakan bahwa wisatawan dapat menjalani hidup yang lebih sehat setelah mencuci kulit mereka dengan air dari mata air. Disebut demikian karena penyakit ini bisa memudar di tubuh seseorang.

Karena keindahan ini, Gua Gong adalah salah satu geosite yang termasuk dalam Geopark Gunung Sewu (Taman Bumi). Secara administratif, geopark sebenarnya milik Pacitan, Jawa Timur; Wonogiri, Jawa Tengah, dan Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain itu, sejumlah perbaikan telah dilakukan oleh pemerintah daerah.

Baca Juga : 7 Kuliner Khas Pacitan, Ini Rekomendasinya

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button