7 Geopark Indonesia Resmi Ditulis UNESCO, Terbaru Ada Lukisan Berusia 40.000 Tahun! : Okezone Travel - WisataHits
Yogyakarta

7 Geopark Indonesia Resmi Ditulis UNESCO, Terbaru Ada Lukisan Berusia 40.000 Tahun! : Okezone Travel

CANTIK ada 7 Geopark di Indonesia, diakui oleh UNESCO sebagai Taman Geologi Dunia. Yang terbaru adalah Geopark Maros Pangkep, Sulawesi Selatan yang resmi menjadi bagian dari Geopark Taman Dunia UNESCO (UGG) berdasarkan hasil UNESCO Global Geopark Council Meeting di Thailand.

Dengan masuk Geopark Maros Pangkep, maka total ada tujuh taman bumi di tanah air yang menjadi bagian dari UNESCO Geoparks. Geopark Maros Pangkep memiliki banyak keunikan termasuk lukisan prasejarah yang diperkirakan berusia 40.000 tahun.

Geopark atau taman geologi adalah kawasan terpadu tunggal yang menyatukan kondisi geografis di mana situs dan lanskap geologi internasional yang penting dikelola berdasarkan konsep perlindungan, pendidikan dan pembangunan berkelanjutan.

Berikut 7 geopark di Indonesia yang masuk dalam UNESCO Global Geopark:

1. Geopark Gunung Sewu, Yogyakarta

Geopark Gunung Sewu merupakan kawasan perbukitan antara Yogyakarta dan Pacitan. Daya tarik kawasan yang diresmikan pada 2015 ini terletak pada bentang alam dan berbagai monumen budaya Paleolitik-Neolitikum.

ilustrasi

Geopark Gunung Sewu

2. Geopark Batur, Bali

Pada tahun 2016, Geopark Batur di Bali ditetapkan oleh UNESCO sebagai geopark pertama di Indonesia. Selain Gunung dan Danau Batur yang indah, geopark ini juga merupakan rumah bagi anjing kintamani endemik, serta berbagai candi dan situs bersejarah.

3. Rinjani Lombok Geopark, Nusa Tenggara Barat

Geopark Rinjani Lombok di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat merupakan bagian dari Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Digabungkan ke dalam UGG pada tahun 2016, Geopark mewakili beragam flora dan fauna endemik. Padahal, sebagian besar wilayah tersebut menopang kehidupan masyarakat sekitar.

4. Geopark Ciletuh, Jawa Barat

Ciletuh Geopark merupakan kawasan geopark di Sukabumi dengan berbagai obyek wisata yang menarik. Diresmikan pada tahun 2018, Geopark tersebut meliputi Curug Ci Kanteh, Panenjoan, Puncak Darma, Pulau Batik dan lainnya. Kawasan ini identik dengan bebatuan unik dan pemandangan alam yang indah.

5. Geopark Kaldera Toba, Sumatera Utara

Geopark Kaldera Toba di Sumatera Utara merupakan kawasan dengan danau terluas di Indonesia. Kaldera Toba yang diresmikan pada tahun 2020 ini juga memiliki keterkaitan geologis dan warisan tradisi yang tinggi dengan masyarakat setempat.

6. Belitong Geopark, Kepulauan Bangka Belitung

Geopark Belitong di Bangka Belitung terkenal dengan bebatuan pantai yang besar, hutan bakau, pantai berpasir putih dan rehabilitasi bekas tambang timah. Kawasan yang diresmikan pada tahun 2020 ini juga memiliki bentang alam geologis Bangka Belitung yang unik. Tak heran jika beragam flora dan fauna, seperti ikan trout dan toman, betah di sini.

ilustrasi

7. Geopark Maros Pangkep, Sulawesi Selatan

Geopark Maros Pangkep di Sulawesi Selatan secara resmi diakui oleh UNESCO pada tahun 2022. Kawasan karst ini merupakan yang terbesar kedua di dunia.

Tak hanya itu, kawasan ini memiliki ratusan gua dengan lukisan prasejarah berusia 40.000 tahun. Geopark Maros Pangkep yang memiliki pemandangan indah ini juga menjadi habitat jutaan spesies kupu-kupu.

Inilah 7 Geopark Indonesia yang diakui UNESCO yang belum banyak diketahui orang. Kawasan ini bisa menjadi tujuan untuk belajar tentang budaya dan alam yang cocok untuk para petualang sejati.

Source: travel.okezone.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button