7 Candi Jawa Tengah Dengan Cerita Unik - WisataHits
Jawa Tengah

7 Candi Jawa Tengah Dengan Cerita Unik






Candi Sukuh (Foto Instagram visit.candigedongsongo)

SIGIJATENG.ID – Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi di pulau Jawa seluas 32.548 kilometer persegi. Luasnya tidak jauh lebih besar dari provinsi-provinsi sekitar Jawa Timur dan Jawa Barat.

Meskipun demikian, provinsi yang terkenal dengan budaya sopan santun ini memiliki tujuan sejarah yang kaya. Jika Anda hanya mengenal Candi Borobudur yang sudah diakui dunia sebagai cagar budaya, ada beberapa candi yang wajib Anda lihat juga.

Candi-candi ini tak kalah indah dan juga menyimpan sejarah yang unik. Bagi Anda yang menyukai sejarah dan budaya, mengunjungi peninggalan sejarah berupa candi pasti menjadi kegiatan yang menyenangkan.
Candi manakah yang memiliki keindahan yang sama dengan candi Borobudur? Yuk simak informasi lengkapnya di bawah ini!

  1. Candi Gedong Songo
    Saat berkunjung ke Candi Gedong Songo, jangan lupa untuk berfoto. Pasalnya ada banyak tempat menarik seperti gelembung raksasa, sangkar dan masih banyak lagi. Selain itu, candi yang dibangun pada abad ke-9 M ini juga memiliki nilai sejarah yang menarik. Nama itu sendiri berasal dari bahasa Jawa, yaitu “gedong” yang berarti “membangun” dan “songo” yang berarti “sembilan”. Namun, hanya beberapa candi yang bisa dilihat di sini.
    Candi Gedong Songo terletak di lereng Gunung Ungaran, Semarang. Candi ini berjarak sekitar 45 km dari Semarang, hanya sekitar 15 km dari Ambarawa dan sekitar 25 km dari Ungaran. Ada juga wisata kuda yang bisa Anda coba untuk berkeliling kompleks candi ini.
  2. Candi Plaosan
    Selanjutnya adalah Candi Plaosan yang terletak di kawasan Bugisan, Klaten. Candi Plaosan menyimpan kisah kekuatan cinta dan toleransi dalam sejarahnya, dibangun pada pertengahan abad ke-9, melambangkan kisah cinta Rakai Pikatan dan Pramodawardhani.
    Candi di sini terbagi menjadi dua bagian yaitu Plaosan Lor dan Plaosan Kidul yang memiliki halaman luas dengan rerumputan hijau. Suasana yang asri membuat para pengunjung merasa lebih nyaman saat berada di sana. Jika Anda dari pusat Kota Yogyakarta, Candi Plaosan berjarak sekitar 20 km dan dapat dijangkau dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum.
  3. Candi Pringapus
    Dibangun pada tahun 852 M, Candi Pringapus masih berdiri kokoh di Desa Pringapus, Temanggung. Daya tarik Candi Pringapus adalah ornamen ukirannya yang sangat halus dan indah. Ini menunjukkan sebuah karya seni tinggi pada masanya. Ada juga kolam yang airnya tidak pernah kering meski di musim kemarau.
    Lokasinya yang berada di lereng Gunung Sindoro memastikan suasana nyaman dan tenang yang bisa Anda rasakan saat berkunjung ke tempat ini. Berangkat dari pusat kota Temanggung, Anda dapat berkendara ke arah timur laut sekitar 32 km untuk mencapai candi yang merupakan tempat pemujaan Dewa Siwa pada zaman dahulu.
  4. Candi Sukuh
    Candi Sukuh terletak di Desa Berjo, Karanganyar. Berbeda dengan candi lainnya di Indonesia, Candi Sukuh memiliki bentuk yang unik dan hampir menyerupai piramida di Chichen Itza di Meksiko. Selain itu, candi ini juga memiliki relief yang tidak biasa menyerupai alat kelamin. Namun, itu ditafsirkan sebagai simbol kesuburan dan kelangsungan hidup antargenerasi.
    Di sini Anda akan menemukan kesejukan dan pemandangan yang menakjubkan karena candi ini terletak di lereng Gunung Lawu. Candi Sukuh berjarak sekitar 20 km dari pusat kota Karanganyar sedangkan jarak dari Surakarta sekitar 36 km.
  5. Candi Pawon
    Tidak jauh dari Candi Borobudur terdapat sebuah candi yang tidak kalah megah dan indahnya. Namanya Candi Pawon yang terletak di Wanurejo, Magelang. Namun, pada zaman dahulu candi ini digunakan sebagai tempat penyimpanan senjata para raja.
    Hanya membutuhkan waktu sekitar 6 menit berkendara ke Candi Pawon dan jaraknya sekitar 2 km sebelah timur Candi Borobudur. Akses ke candi juga masuk akal, dan Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa transportasi lokal. Menariknya, saat Anda masuk ke dalam lokasi pura, Anda akan disuguhkan dengan udara segar khas alam pegunungan.
  6. Candi Mendut
    Berdasarkan catatan sejarah, Candi Mendut diperkirakan lebih tua dari Candi Borobudur. Situs ini terletak di Mungkid, Magelang dan hanya berjarak sekitar 2 km dari Candi Borobudur. Sedangkan jarak dari pusat kota Yogyakarta sekitar 38 km ke arah barat laut.
    Candi Mendut tidak hanya meninggalkan kemegahan masa lalu, tetapi juga menyimpan banyak fakta sejarah. Sebagian besar relief di candi memiliki makna tersendiri, mulai dari kisah Brahmana dan kepiting, angsa dan kura-kura hingga Dharmabuddhi dan Dustabuddhi. Yang pada akhirnya menjadikan candi ini sebagai tujuan wisata sekaligus tujuan pendidikan.
  7. Candi Prambanan
    Terakhir, ada Candi Prambanan yang merupakan destinasi terpopuler kedua setelah Borobudur. Kompleks Candi Prambanan merupakan candi terbesar dan tertinggi di Indonesia. Tidak hanya itu, candi yang dibangun pada abad ke-9 ini juga merupakan salah satu bangunan bersejarah terbesar di Asia Tenggara dan telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.
    Lokasinya tidak jauh dari pusat Kota Yogyakarta dan bisa ditempuh selama kurang lebih 45 menit. Aksesnya pun cukup mudah, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum untuk menuju lokasi. (menegur)

Baca lebih banyak berita

Previous ArticlePelatih Pentaque Kota Semarang Mendewasakan Mental Sebelum Lompat Ke Provinsi Jawa Tengah XVI 2023Artikel BerikutnyaBaru !! Ini dia rencana pendaftaran PPPK Kesehatan, cek tanggalnya

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button