6 Rekomendasi Tempat Makan Ingkung di Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

6 Rekomendasi Tempat Makan Ingkung di Yogyakarta

Terkenal dengan destinasi wisata dan kulinernya yang beragam, Yogyakarta merupakan salah satu kota yang menjadi barometer tempat kuliner yang enak. Salah satu yang paling terkenal adalah Ayam Ingkung.

Ingkung merupakan makanan olahan yang terbuat dari irisan ayam atau ayam jawa yang memiliki porsi banyak dan cocok untuk disantap secara berkelompok. Ingkung merupakan makanan tradisional yang cukup terkenal, jadi jangan lupa untuk mencobanya saat Anda berkunjung ke Yogyakarta. Ini dia beberapa rekomendasi tempat makan ingkung di Yogyakarta yang punya cita rasa enak dan otentik!

1. Kandang Restoran Ingkung

6 Rekomendasi Tempat Makan Ingkung di Yogyakarta, Enak!Kandang Ingkung Resto (Instagram.com/kandangingkung)

Kandang Ingkung Resto merupakan salah satu restoran keluarga di Yogyakarta yang memiliki konsep klasik dengan memberikan nuansa hutan yang asri dan rindang. Ruang makan ini terbuka sehingga Anda dapat menghirup udara segar dan alami.

Kandang Ingkung Resto menawarkan berbagai menu otentik yang lezat termasuk Ingkung Ayam Kampung. Ayam ingkung di sini dimasak dan dibumbui dengan bumbu tradisional kaya rempah yang siap menggoyang lidah Anda.

Seporsi ayam ingkung ini bisa dinikmati oleh 4-5 orang, disajikan dengan nasi pedas siap disantap bersama. Ada juga Tumis Sayur Hati Pisang, Tumis Daun Pepaya dan Asam Bambu yang memiliki cita rasa khas Jawa yang tak kalah enak.

Alamat: Rt.01, Rw.27, Jitengan, Balecatur, Kec. Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Waktu aktif:

  • Buka Senin-Jumat 10.30-21.30 WIB
  • Sabtu & Minggu buka 10.00-21.30 WIB

Harga: mulai dari Rp 138.000

2. Gerai Ingkung milik Mbah Cemluk

6 Rekomendasi Tempat Makan Ingkung di Yogyakarta, Enak!Warung Ingkung oleh Mbah Cempluk (Instagram.com/mbahcempluk.id)

Warung Ingkung Mbah Cempluk adalah restoran Ingkung terkenal di Yogyakarta yang selalu ramai dikunjungi. Toko ini memiliki tempat yang luas dan nyaman dengan konsep tradisional. Selain itu, lokasi di sekitar persawahan memastikan tempat makan ini memiliki suasana yang asri yang akan membuat pengunjung betah.

Warung Ingkung Mbah Cempluk memiliki dua menu yaitu Ingkung Goreng dan Ingkung Ayam dengan Kuah atau Areh. Di sini ada tiga pilihan ukuran Ingkung yang bisa dipilih pengunjung yaitu kecil, sedang dan besar. Sementara nasi putih gurih dan tawar tersedia untuk pilihan nasi.

Selain ayam ingkung, Warung Makan Mbah Cempluk juga menawarkan menu sayur sederhana, wader, udang, gudeg manggar dan lauk sayuran lainnya. Minuman wedang-uwuh juga tersedia di sini, yang disukai pengunjung.


Alamat:
Dusun Santan, RT.01, Santan, Guwosari, Kec. Iklan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Waktu aktif: buka setiap hari dari pukul 09.00-21.00 WIB

Harga: mulai dari Rp100.000

Baca Juga: Permata Tersembunyi Toko Pempek Cik Ana Punya Nuansa Jadul di Kulon Progo

3. Restoran Ingkung Sambilegi, Bu Yadi

6 Rekomendasi Tempat Makan Ingkung di Yogyakarta, Enak!Restoran Ingkung Sambilegi, Bu Yadi (Instagram.com/makandijogja)

Restoran Ingkung Sambilegi Bu Yadi adalah sebuah restoran Ingkung yang bertempat di sebuah bangunan kayu besar dengan beberapa gubuk di belakang. Di sini terdapat berbagai lukisan tokoh wayang yang menghiasi tirai bambu yang mengisinya dengan nuansa Jawa. Selain itu, ada kain tie dye dan kain khas Bali yang melilit pohon dan dahan pohon yang menambah keunikan restoran ini.

Ada beberapa pilihan untuk olahan ingkung, yaitu sambal areh, lodo gendeng, gepuk cabai merah, dan sambal matah. Pilihan ayamnya juga termasuk ayam kampung dan potongan ayam dengan berbagai ukuran untuk dipilih.

Menu paling populer di sini adalah sambal ingkung areh, disajikan dengan bumbu dan saus yang menggugah selera. Tekstur daging ayam di sini juga sangat empuk saat dipotong dan digigit.

Alamat: 17 Jalan Rambutan, Maguwoharjo, Depok, Sambellegi Kidul, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Waktu aktif: buka setiap hari dari pukul 09.00-20.00 WIB

Harga: mulai dari Rp 105.000

4. Ingkung Mbah Kentol

6 Rekomendasi Tempat Makan Ingkung di Yogyakarta, Enak!Ingkung Mbah Kentol (Instagram.com/ingkung_mbah_kentol)

Rumah Makan Ingkung Mbah Kentol merupakan salah satu rumah makan tradisional yang legendaris di Yogyakarta. Di sini Anda bisa mencicipi kelezatan ayam ingkung dengan bumbu rempah yang siap menggoda lidah Anda. Selain itu, Rumah Makan Ingkung Mbah Kentol juga memiliki cara penyajian yang unik.

Di sini, ingkung direbus dan dibungkus lobak atau berupa tali bambu. Selain itu, ingkung ayam juga dimasak di atas kompor tradisional untuk menciptakan tekstur daging yang empuk. Proses pemasakan yang lama ini memungkinkan bumbu dan santan terserap sempurna ke dalam daging, sehingga menghasilkan rasa yang gurih dan nikmat.

Alamat: Kentolan Lor, Kentolan Lor, Guwosari, Kec. Iklan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Waktu aktif: buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 19.00 WIB

Harga: mulai dari Rp 140.000

Baca Juga: 6 Restoran Sunda di Yogyakarta yang Cocok untuk Makan Bersama Keluarga

5. Ayam Ingkung Mbak Sri

6 Rekomendasi Tempat Makan Ingkung di Yogyakarta, Enak!Ayam Ingkung Mbak Sri (Instagram.com/ingkungmbaksri)

Ayam Ingkung Mbak Sri menawarkan menu autentik sop Ingkung dan gorengan untuk Anda cicipi. Selain ingkung, ada menu lain seperti ikan nila geprek, sayur asam jawa dan soto ayam kampung.

Di sini, ingkung disajikan dengan nasi hangat, lalapan, dan sambal matah menambah kelezatan sajian kuliner ini. Ingkung Mbak Sri memiliki rasa yang gurih dengan daging yang meresap bumbu hingga ke tulang. Rasa gurih ini berasal dari pengolahan ingkung yang dimasak secara tradisional di atas kompor dan kayu.

Alamat: J L. Kebon Agung No. Km, RW 6, Tokertek, Sumberadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Waktu aktif: buka setiap hari dari pukul 09.00-21.00 WIB

Harga: mulai dari Rp 125.000

6. Ayam Ingkung Sor Sawo

6 Rekomendasi Tempat Makan Ingkung di Yogyakarta, Enak!Ingkung Ayam Jawa Sor Sawo (Instagram.com/mastinfood)

Ingkung Ayam Jawa Sor Sawo juga menjadi salah satu rekomendasi tempat makan ingkung yang ada tempatnya nyaman untuk berkumpul bersama keluarga. Ingkung disajikan di sini dalam porsi besar, cocok untuk kumpul-kumpul besar bersama keluarga atau teman.

Ingkung terbuat dari ayam jawa yang sudah dibumbui dengan bumbu rempah yang membuat rasanya semakin nikmat di lidah. Jika Anda ingin mencoba ingkung di Sor Sawo, tempat ini biasanya ramai saat jam makan siang. Selain itu, satu ekor ayam ingkung bisa dinikmati oleh 4-5 orang.

Alamat: J L. Ad RT.03, Guwosari, Pajangan, Kalak Ijo, Guwosari, Kec. Iklan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Waktu aktif: Buka setiap hari mulai pukul 08.30 hingga 10.00 WIB

Harga: mulai dari Rp100.000

Ini dia rekomendasi makanan ingkung di Yogyakarta yang enak dan cocok untuk dibagikan. Banyak keberuntungan!

Baca Juga: 10 Rekomendasi Kuliner Unik di Yogyakarta, Ada Permata Tersembunyi!

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: jogja.idntimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button