Kembangkan Potensi SDM dan Kearifan Lokal, Pemdes Mojoagung - Kajian Soko di Gunung Kidul dan Semarang - Berita Pasti - WisataHits
Yogyakarta

Kembangkan Potensi SDM dan Kearifan Lokal, Pemdes Mojoagung – Kajian Soko di Gunung Kidul dan Semarang – Berita Pasti

Kembangkan Potensi SDM dan Kearifan Lokal, Pemdes Mojoagung – Kajian Soko di Gunung Kidul dan Semarang – Berita Pasti

YOGYAKARTA – Peningkatan kapasitas aparatur pemerintahan desa baik kepala desa maupun perangkat desa dan komponen lainnya tentunya dapat memperkuat sinergi dalam proses pemerintahan dan pembangunan desa. Jika tidak ada persatuan di antara semua elemen, maka akan sulit bergerak menuju kemajuan, sehingga landasan semangat kebersamaan harus terus dibangun.

Strategi pengembangan kemampuan perangkat desa harus didasarkan pada berbagai kepentingan desa, mulai dari tingkat pendidikan perangkat desa, sasaran peningkatan kemampuan perangkat desa, sarana dan prasarana, hingga tersedianya sarana dan prasarana desa. anggaran desa itu sendiri.

Misalnya, pemerintah Desa Mojoagung, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, Jawa Timur terus berupaya meningkatkan kapasitas dan kapabilitas aparaturnya dengan berbagai kegiatan mulai dari studi banding hingga pelatihan peningkatan kapasitas, seperti yang telah dilakukan tiga hari terakhir. terjadi di Yogyakarta dan Semarang.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat wawasan dan memantapkan pengelolaan pemerintahan desa dan pembangunan desa Mojoagung Kecamatan Soko Kabupaten Tuban agar tujuan pembangunan lebih terarah sehingga pengelolaan dana desa yang Saat ini tanggung jawab dari kebohongan desa akan berdampak positif bagi pembangunan desa,” ujar M. Bahrul Ulum, Kepala Desa Mojoagung, diselingi peningkatan kapasitas dan kunjungan industri di Yogyakarta, Minggu (29/1/2023).

Menurutnya, upaya peningkatan kapasitas Pemdes juga menghasilkan kearifan lokal sebagai pedoman hidup dan pengetahuan, serta berbagai strategi kehidupan berupa kegiatan yang dilakukan masyarakat setempat. Kegiatan ini bertujuan untuk dapat memecahkan berbagai permasalahan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat desa.

“Harapannya terwujud kelembagaan pengelolaan desa yang berkualitas, seperti penerapan pengetahuan, keterampilan dan sikap, serta penguatan organisasi,” ujar kepala desa.

Sebagai informasi, kegiatan peningkatan kapasitas Pemdes Mojoagung akan dilaksanakan pada 27-29 Januari 2023 dengan tujuan Gunung Kidul, Yogyakarta, dan Semarang.

Dalam kegiatan tersebut, Pemdes Mojoagung juga mengunjungi berbagai sentra industri makanan seperti Bakpia, Tiwul Gunung Kidul dan kajian pengelolaan lingkungan wisata di kawasan Pantai Gunung Kidul serta pengembangan agrowisata di Cellosia Park Bandungan. (kenapa/merah)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button