Perkuat Desa Wisata, FKL ke-5 di Alamendah Bandung - WisataHits
Jawa Barat

Perkuat Desa Wisata, FKL ke-5 di Alamendah Bandung

Wartawan Tribunnews, Chorul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Untuk mendukung pengembangan sektor pariwisata dan industri kreatif di Jawa Barat, digelar Festival Kreatif Lokal (FKL) ke-5 di Desa Wisata Alamendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Festival ini diselenggarakan oleh PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif Republik Indonesia.

Festival ini merupakan acara terakhir dalam rangkaian tema Desa Wisata Ramah Berkendara FKL, mulai Agustus-November 2022.

Baca Juga:Kemenparekraf Gelar Pelatihan Wirausaha Untuk Mendongkrak Desa Wisata Mandiri

Swandajani, Direktur Pemasaran Adira Finance, menyatakan: Desa Alamendah dipilih sebagai lokasi FKL setelah melihat berbagai potensi yang dimiliki desa ini dan dapat dikembangkan untuk masa depan yang lebih baik.

Begitu juga dengan kriteria desa wisata pendukung yang sesuai, seperti: B. Akses infrastruktur jalan beraspal dengan lampu lalu lintas, SPBU dan bengkel mobil; Sumber daya manusia termasuk pelaku industri kreatif, pengelola dan pemandu wisata.

Ekosistem pariwisata di desa ini, yang meliputi atraksi wisata, akomodasi atau fasilitas lainnya, juga tersedia.

“Desa Alamendah merupakan desa percontohan tingkat nasional dan penghargaan desa wisata Indonesia terbaik kedua dalam kategori digitalisasi. Alhamdulillah ada 3 kunjungan ke desa kami dalam satu minggu, yang dijadikan percontohan di daerah lain,” kata Kepala Desa Alamendah , Awan Rukmawan

Desa ini memiliki 8.700 KK di 30 RW. Alhamdulillah semua warga rukun, yang membuktikan bahwa desa wisata kita adalah desa yang nyaman untuk dikunjungi,” ujarnya.

Ia berharap ke depan kegiatan ini dapat berkelanjutan dan desa kita menjadi inspirasi bagi berbagai pihak dalam pengembangan ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif. “Sekali lagi terima kasih telah memilih desa kami sebagai salah satu tujuan desa liburan yang ramah pengemudi,” kata kepala desa.

Swandajani menambahkan, tahun ini merupakan tahun ketiga ia menggelar FKL. Program tersebut meliputi kegiatan literasi dan dukungan UMKM bertajuk Desa Wisata Kreatif, Desa Wisata Ramah Perjalanan dan Festival Pasar Rakyat.

Swandajani mengatakan pelaksanaan FKL 2022 akan didukung oleh pemerintah dan swasta seperti Zurich Asuransi Indonesia, MUFG, Adira Finance Syariah dan Bank Danamon.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button