6 kawasan wisata yang dikelola Pemkab Purwakarta dikenakan tarif - WisataHits
Jawa Barat

6 kawasan wisata yang dikelola Pemkab Purwakarta dikenakan tarif

Purwakarta (ANTARA) — Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, memungut biaya masuk ke enam kawasan wisata yang terletak di kawasan metropolitan Purwakarta setelah bertahun-tahun kosong.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan Purwakarta Acep Yulimulya mengatakan di Purwakarta, Rabu, enam kawasan wisata yang dikelola Pemkab Purwakarta akan dikenakan retribusi mulai tahun depan atau Januari 2023 atau Retribusi Masuk.

Selain Taman Air Mancur Menari, ada lima destinasi wisata lain yang memungut biaya masuk, yakni Diorama Nusantara, Bale Panyawangan Purwakarta, Bale Ingung Rahayu, Galeri Wayang, dan Taman Surawisesa.

Tarif masuk taman air mancur dibagi menjadi dua kelas, kelas satu seharga Rp15.000 dan kelas dua seharga Rp10.000.

Sedangkan lima destinasi lain yang dikelola Pemkab memiliki tarif yang sama, yakni tiket dewasa Rp5.000 dan tarif anak di bawah enam tahun Rp3.000.

Menurutnya, besaran tarif atau retribusi itu diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Remunerasi Sarana Rekreasi dan Olahraga.

“Biaya tempat rekreasi dan olah raga merupakan salah satu jenis retribusi jasa usaha yang dipungut oleh pemerintah daerah pada saat memberikan pelayanan kepada perseorangan atau organisasi sebagai sumber PAD,” kata Acep.

Dikatakannya, Pemkab Purwakarta telah mengembangkan layanan pariwisata berbasis teknologi bernama Sistem Informasi Pariwisata Terpadu Purwakarta (Sipinter Berisi).

Anda sengaja membuat permintaan untuk memudahkan masyarakat. Terutama bagi mereka yang membutuhkan informasi tentang pariwisata di bidang pekerjaannya. “Saat ini semua informasi terkait pariwisata di Purwakarta dapat diakses melalui perangkat khusus sejenis smartphone berukuran besar yang disimpan di beberapa area publik,” ujarnya.

Dijelaskannya, program ini merupakan tambahan dari layanan Sampurasun Purwakarta atau aplikasi Android yang diluncurkan sebelumnya. Bedanya, Sampurasun Purwakarta merupakan aplikasi yang diakses melalui smartphone, sedangkan Sipintar Berisi merupakan bentuk fisik dari jasa pariwisata.

pemulihan ekonomi

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat sedang menyiapkan strategi pemulihan ekonomi daerah melalui pengembangan wisata alam dan gastronomi.

“Kami telah menyusun strategi pemulihan ekonomi daerah, khususnya wisata alam dan wisata kuliner,” kata Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika dalam keterangannya di Purwakarta, Selasa.

Ia mengatakan, hal itu sebagai upaya menindaklanjuti instruksi Presiden Joko Widodo melalui Inpres Nomor 2 Tahun 2022 tentang Peningkatan Penggunaan Produk Rumah Tangga (P3DN).

Menurutnya, Pemkab Purwakarta mengeluarkan SK Bupati Purwakarta Nomor 536 Tahun 2022 tentang Pembentukan Tim P3DN yang diketuai oleh Pj Sekda Kabupaten Purwakarta Norman Nugraha.

Ia mengatakan, program P3DN merupakan upaya pemerintah untuk mendorong masyarakat lebih banyak menggunakan produk dalam negeri ketimbang impor.

Tujuannya antara lain untuk meningkatkan pendapatan daerah, khususnya di Kabupaten Purwakarta pascapandemi COVID-19.

Dikatakannya, strategi rekreasi daerah melalui pengembangan wisata alam dan kuliner akan menunjukkan bahwa Purwakarta memiliki destinasi wisata alam dan kuliner unggulan yang dapat menarik wisatawan.

Kunjungan wisata tersebut diyakini dapat meningkatkan pendapatan daerah dan menjadi peluang potensial bagi pelaku UMKM di Kabupaten Purwakarta.

Selain itu, Pemkab Purwakarta telah membuat e-catalogue lokal melalui ULP dimana website tersebut memungkinkan para pemangku kepentingan UMKM untuk memantau usahanya melalui pemerintah daerah sehingga produknya dapat dipromosikan oleh pelaku usaha di Purwakarta dan dilihat oleh masyarakat luas.

“Kami berharap warga Kabupaten Purwakarta dapat mendukung program P3DN dengan berbelanja di daerah setempat,” kata Anne.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button