6 hal yang bisa kamu rasakan saat traveling sendirian - WisataHits
Jawa Tengah

6 hal yang bisa kamu rasakan saat traveling sendirian

INDOZONE.ID – Tentunya bagi Anda yang sudah terbiasa berlibur bersama keluarga atau sahabat terdekat, ini menjadi momen yang menyenangkan dan tak terlupakan. Namun, pernahkah Anda mencoba untuk pergi berlibur atau bepergian seorang diri?

Nah, buat kamu yang belum pernah traveling sendirian, ada baiknya kamu mencobanya. Apalagi jika saat ini Anda masih lajang atau belum menikah.

Ada beberapa hal dan manfaat yang bisa kamu rasakan saat traveling sendirian, lho. apa pun? Yuk, simak ulasan singkatnya INDONESIA di bawah!

1. Tentukan tujuan Anda sendiri

Tentu saja, jika Anda memutuskan untuk melakukan solo traveling, semua keputusan ada di tangan Anda, termasuk pilihan destinasi. Setelah melakukan riset atau browsing berbagai destinasi wisata, Anda bisa memilih tempat yang Anda inginkan tanpa harus berdebat atau memikirkan apa yang orang lain inginkan.

Pesawat Sayap Udara.  (Diantara)Pesawat Sayap Udara. (Diantara)

Selain itu, Anda juga bisa menentukan alat transportasi apa yang akan Anda gunakan selama liburan. Anda yang memutuskan apakah ingin membawa mobil pribadi, pesawat, kereta api, bus, perahu, atau sepeda motor.

Baca juga: Wisatawan yang ingin berlibur melalui pelabuhan Muara Angke dapat menggunakan aplikasi untuk membayar

2. Bertemu orang baru

Tentunya selama perjalanan atau setelah sampai di tempat tujuan yang diinginkan, Anda akan bertemu dengan orang-orang baru yang mungkin belum pernah Anda temui sebelumnya. Anda bisa bertukar cerita atau bertanya tentang perjalanan liburan yang ingin Anda kunjungi.

Wisatawan mengunjungi Gunung Bromo.  (Instagram)Wisatawan mengunjungi Gunung Bromo. (Instagram)

Anda tidak hanya dapat menemukan teman untuk mengobrol, tetapi Anda juga dapat menambahkan koneksi untuk jaringan bisnis atau kolega hanya untuk liburan berikutnya. Selain itu, bagi Anda yang sedang merasa introvert, pengalaman traveling sendirian tentu akan melatih Anda untuk terhubung dengan orang lain.

3. Anda dapat melakukan apapun yang Anda inginkan

Jika rencana yang Anda buat tidak berhasil, Anda dapat mengubahnya dan melakukan aktivitas lain yang Anda sukai. Misalnya tidak harus bangun terlalu pagi untuk ke mana-mana, atau kalau malas ke mana-mana, menginap saja di hotel sambil menikmati berbagai fasilitas yang ada.

Baca juga: Jika Anda menyeberang dari Jawa ke Bali dengan perahu, pemandangannya bagus: beli tiketnya, gunakan saja ini

Anda juga bisa merasakan ketenangan dan kenyamanan saat liburan tidak terburu-buru atau waktunya memenuhi semua tempat wisata dalam satu hari.

4. Tak perlu menunggu keputusan orang lain

Tentu saja, jika Anda memutuskan untuk bepergian sendiri, Anda tidak perlu menunggu jawaban atau reaksi orang lain jika rencana liburan Anda berubah. Misalnya, jika harga tiket pesawat tiba-tiba menjadi mahal, Anda bisa langsung memilih alternatif transportasi lain.

Saat kamu traveling sendirian, kamu juga bisa mengekspresikan keegoisanmu dengan memilih apa yang kamu suka tanpa harus memikirkan apa yang orang lain inginkan. Misalnya mau makan dimana, hang out dimana, berapa lama menghabiskan waktu disana dan lain sebagainya.

5. Bisa mengatur keuangan sendiri

Keputusan untuk bepergian sendiri juga sangat erat kaitannya dengan masalah keuangan atau anggaran. Nah, disini kamu bisa mengatur budget sesukamu. Apakah Anda ingin liburan mewah dengan menginap di hotel bintang lima atau liburan sederhana.

Baca Juga: Sunset Spot Cemagi, Permata Tersembunyi Baru di Bali Dengan Tiket Hanya Rp 2.000!

Anda juga dapat menyebarkan anggaran liburan Anda di antara hal-hal yang Anda inginkan. Mulai dari penginapan hingga suvenir.

6. Momen introspeksi

Hal dan keuntungan lain yang bisa Anda miliki saat bepergian sendiri adalah memiliki banyak waktu untuk diri sendiri. Di saat ini kamu bisa introspeksi diri dan mensyukuri berbagai nikmat yang telah diberikan Sang Pencipta.

Kegiatan solo traveling juga bisa dipandang sebagai self-reward atau harga diri yang bisa membuat lelah menjalani kehidupan sehari-hari sepanjang waktu.

Jadi, buat kamu yang masih punya pilihan untuk bisa traveling sendirian, coba deh. Ya, setidaknya dalam hidup sekali Anda bepergian sendiri ke tempat yang Anda inginkan.

Artikel Terkait Lainnya:

Source: www.indozone.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button