Inilah 9 alat musik tradisional asal Yogyakarta nomor 5 asli karya Gunungkidul - WisataHits
Yogyakarta

Inilah 9 alat musik tradisional asal Yogyakarta nomor 5 asli karya Gunungkidul

YOGYAKARTA, iNews.id – Alat musik tradisional Yogyakarta sangat beragam. Ada puluhan, bahkan mungkin puluhan jenis. Alat musik tradisional ini tetap eksis di tengah gempuran budaya barat.

Beberapa alat musik tradisional Yogyakarta memang masih populer di kalangan masyarakat, namun banyak yang mulai tidak dikenal oleh masyarakat umum terutama di kalangan anak muda. Bahkan tak jarang yang tidak mengetahui alat musik ini.

Nah berikut 14 alat musik tradisional asal Yogyakarta yang dihimpun khusus untuk pembaca iNews.id:

1. Gendang atau Kendang

Farel Prayoga memainkan drum.  (adalah)Farel Prayoga memainkan drum. (adalah)

Gendang adalah salah satu alat musik tradisional Yogyakarta yang sangat populer. Selain di DIY, alat musik ini juga terkenal di sejumlah daerah lain seperti Jawa Tengah, Jawa Barat hingga Jawa Timur.

Gendang dimainkan tanpa alat, cukup dipukul dengan telapak tangan. Instrumen ini biasanya bertindak sebagai pengontrol ritme. Warga Yogyakarta juga mengenal gendang dengan sebutan gendang. Gendang yang kecil disebut ketipung sedangkan gendang yang lebih besar disebut atau ciblon.

2. Lesung Gejong

Bupati Bantul Abdul Halim Muslim memainkan Gejog Lesung di hutan pinus Mangunan beberapa waktu lalu.  (Foto: Dok. Pemkab Bantul)Bupati Bantul Abdul Halim Muslim memainkan Gejog Lesung di hutan pinus Mangunan beberapa waktu lalu. (Foto: Dok. Pemkab Bantul)

Bacaan gejong biasanya dimainkan oleh beberapa orang, antara empat sampai lima orang, bahkan mungkin lebih. Alatnya adalah lesung dan alu. Cara memainkannya dengan memukul lesung dengan alu di bagian atas, samping, tengah atau kanan di palung lesung. Ritme yang berbeda dari setiap pemain menciptakan suara musik yang menarik.

Dahulu Gejok Lesung lebih banyak dimainkan pada saat gerhana bulan atau pada acara-acara khusus, misalnya pada saat panen padi. Namun, saat ini gejok lesung sering dimainkan di objek wisata. Salah satunya berada di kawasan Hutan Pinus Mangunan, Dlingo, Bantul. Setiap ada acara, bacaan Gejog akan muncul di titik tersebut. Di Mangunan, ada beberapa grup musik gejog lesung yang beranggotakan wanita.

Penerbit : Ainun Najib

Bagikan artikel:

Tombol berbagi baris

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button