5 Wisata Embung di Gunungkidul yang Menyegarkan Mata - WisataHits
Yogyakarta

5 Wisata Embung di Gunungkidul yang Menyegarkan Mata

Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta tidak hanya terkenal dengan pantainya yang indah. Daerah perbukitan juga menawarkan pemandangan yang indah. Namun sayangnya, Gunungkidul dikenal sebagai daerah yang kering dan sulit mengairi saat musim kemarau tiba.

Untuk mengatasi masalah ini, sejumlah bendungan dibangun di Gunungkidul sebagai sumber air pertanian. Tidak hanya itu, tempat ini juga menjadi objek wisata lho! Berikut lima tempat wisata waduk yang wajib dikunjungi di Gunungkidul.

1. Embung Nglangeran

5 Wisata Embung di Gunungkidul yang Menyegarkan MataEmbung Langgeran (instagram.com/tika_muth)

Embung Nglanggeran terletak di Desa Wisata Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul. Bendungan ini berada di atas gunung, bukan di tanah datar. Sumber air waduk ini berasal dari mata air di lereng Gunung Api Nglanggeran Purba.

Untuk menuju waduk yang kedalamannya sekitar 3 meter ini, pengunjung harus menaiki tangga yang disediakan untuk keperluan tersebut. Pemandangan dari tepi kolam juga sangat bagus.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Seru di Desa Wisata Nglanggeran Gunungkidul

2. Embung Barata Sriten

5 Wisata Embung di Gunungkidul yang Menyegarkan MataEmbung Sriten (instagram.com/anggahorehore)

Embung Batara Sriten sudah dikenal sejak lama. Bendungan ini dibangun di titik tertinggi Gunungkidul yaitu Sriten, Pilangrejo, Nglipar.

Untuk sampai ke sana Anda harus melewati jalan blok yang sangat menanjak. Membutuhkan sopir yang tahu barang-barangnya dan tentu saja kendaraan dalam kondisi prima.

Namun perjalanan yang cukup sulit dan terjal akan terbayar lunas ketika sudah sampai di puncak bukit sriten ini. Tidak hanya air waduk yang berkilau diterpa sinar matahari, namun sejauh mata memandang kita bisa melihat pemandangan kawasan Klaten dengan rawa Jombor, Gunung Merapi, jajaran pegunungan Gunungkidul bagian bawah hingga kabut. meliputi wilayah Wonogiri.

3. Waduk Jlamprong

5 Wisata Embung di Gunungkidul yang Menyegarkan MataJlamprong Embung (instagram.com/jogjalantaidua)

Nama Embung Jlamprong memang tidak se-fenomenal Nglanggeran atau Sriten. Jlamprong Embung sendiri terletak di depan Gua Jlamprong, Dusun Mojo, Desa Ngeposari, Kecamatan Semanu, Gunungkidul.

Waduk ini sudah dibangun sejak tahun 2016 untuk menarik wisatawan. Kini pariwisata di kawasan Semanu sudah mulai menarik banyak wisatawan.

4. Panggung Embung Gunung

5 Wisata Embung di Gunungkidul yang Menyegarkan MataEmbung Gunung Panggung (instagram.com/widiblink)

Embung Gunung Panggung di Gunungkidul merupakan waduk cadangan air bagi warga kawasan Tambakromo, Ponjong, Gunungkidul.

Semakin banyak wisatawan yang mengenal tempat ini, maka dari itu di sekitar Gunung Panggung Embung berbagai spot foto untuk selfie semakin dipermudah.

Jalur menuju Waduk Gunung Panggung sendiri sudah bagus, meski jalurnya masih sempit. Namun, karena pengunjung berada di daerah dataran tinggi, mereka harus berhati-hati saat menggunakan kendaraan mereka.

5. Embung Grigak

5 Wisata Embung di Gunungkidul yang Menyegarkan MataEmbung Grigak (instagram.com/yaniragiel_)

Kapan lagi Anda harus mengunjungi kolam dengan pemandangan pantai? Damm Grigak adalah jawabannya. Bendungan di Pantai Grigak, Girikarto, Panggang, Gunungkidul ini memang unik.

Bertengger di atas bukit, embung ini justru menawarkan pemandangan laut lepas. Waduk tadah hujan ini juga digunakan untuk budidaya ikan dan untuk menyimpan air untuk pertanian di musim kemarau.

Nah itulah referensi lima waduk di Gunungkidul yang wajib masuk dalam destinasi piknik kamu selanjutnya. Apa wisata lain yang ingin Anda lakukan ke Gunungkidul?

Baca juga: Keindahan Gambar Gunung Kidul: Rute, Tempat dan Tips Liburan

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: jogja.idntimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button