5 Tempat Wisata Pasuruan Yang Bisa Kamu Kunjungi - WisataHits
Jawa Timur

5 Tempat Wisata Pasuruan Yang Bisa Kamu Kunjungi

PURWOKERTO.SUARA.COM – Jawa Timur memiliki banyak kabupaten dan kota yang menawarkan berbagai macam destinasi wisata. Jika pada artikel sebelumnya penulis berbagi tujuan yang berbeda di Kabupaten Bondowoso. Kabupaten Pasuruan yang bergeser ke barat juga memiliki banyak tempat untuk dikunjungi.

Bagi Anda yang berkesempatan mampir ke Pasuruan, berikut 5 rekomendasi tempat wisata yang wajib dikunjungi.

1. Kebun Raya Purvodadi

Sama halnya dengan Kebun Raya Bogor, tempat wisata pertama yang akan kita bahas di Pasuruan adalah Kebun Raya Purwodadi. Masih dengan konsep alam, tempat wisata ini sebenarnya memiliki koleksi tumbuhan yang sangat lengkap.

Karena tempat ini merupakan observatorium pertanian Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang dibangun di atas lahan seluas sekitar 85 hektar. Bagi Anda yang menyukai alam, jangan lewatkan tempat yang satu ini.

Berlokasi di Jalan Raya Surabaya Malang KM.65, Desa Capang, Kecamatan Purwodadi, Pasuruan. Lokasi ini buka setiap hari mulai pukul 7 pagi hingga 8 malam WIB. Harga tiket masuk di sini hanya Rp 10 ribu per orang.

Sesampainya disana kamu bisa melihat berbagai koleksi tumbuhan yang ada disana. Kebun Raya Purwodadi memiliki lebih dari 10.000 koleksi jenis tumbuhan.

2. Kebun apel Kresna

Apel tidak hanya dimiliki oleh Malang yang terletak di tempat dengan tanah yang subur, Pasuruan juga dikenal memiliki banyak perkebunan dengan berbagai jenis tanaman, tidak jarang perkebunan ini juga dijadikan tempat wisata seperti Perkebunan Apel Krishna.

Lokasi yang berada di Desa Andonosari, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan ini buka mulai pukul 09:00 hingga 18:00 WIB. Untuk sampai ke tempat ini, jika Anda memulai dari Pasuruan, Anda harus menempuh jarak sekitar 40 km.

Di sana Anda akan disuguhi pemandangan kebun apel yang rimbun dan asri di atas lahan seluas sekitar 1100 hektar. Anda juga bisa memetik buahnya secara langsung, dengan harga per kilogram buah yang lebih murah.

Udara di tempat ini juga tidak perlu dipertanyakan lagi, sudah pasti sejuk dan segar, ketika orang masuk ke sini hanya dikenakan biaya Rp 10 ribu saja.

3. Candi Jawi

Terletak di Jalan Raya Prigen, Jawi, Candi Wates, Kabupaten Prigen, candi ini sangat indah. Candi Jawi merupakan salah satu objek wisata yang cukup terkenal di Pasuruan.

Dibangun pada abad ke-13, tepatnya pada masa pemerintahan Kertanegara, raja terakhir di Kerajaan Singasari. Buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB, pengunjung yang datang hanya dikenakan biaya Rp. 10 ribu.

Di sana Anda bisa melihat keindahan peninggalan Kerajaan Singasari berupa candi dengan perpaduan arsitektur Hindu dan Budha. Bangunan candi ini memiliki puncak menara berbentuk stupa yang dibangun dari batu andesit.

Di sekitar area pura Anda juga bisa menikmati pemandangan taman, dimana biasanya dibuatkan ruang untuk selfie bagi pengunjung yang datang ke sana.

4. Air Terjun Tundo Pitu

Kabupaten Pasuruan memiliki wilayah dengan topografi pegunungan dan menawarkan banyak wisata alam. Salah satu wisata alam terbaik dari air terjun ini adalah Tundo, Pitu, yang hanya berjarak beberapa meter dari jalan raya Puspo-Tosari.

Tepatnya Desa Baledono, Kecamatan Losari, Kabupaten Pasuruan, sehingga wisatawan yang ingin ke sana tidak perlu menempuh perjalanan terlalu jauh.

Air terjun ini dinamakan Air Terjun Tundo Pitu karena air terjun ini memiliki bentuk hiasan hingga tujuh tingkat. Mirip dengan Tumpak Sewu di Lumajang, bedanya kamu bisa melihat panorama air terjun yang unik di Air Terjun Tundo Pitu.

Anda juga dapat melihat hutan sekitarnya yang mempesona di mana banyak burung liar biasanya terbang. Wisatawan harus membayar tiket masuk mulai dari Rp. 15.000 rupiah.

5. Pura Gunung Gangsir

Berada dekat dengan lingkungan industri destinasi ini yang saya rekomendasikan karena letaknya yang tersembunyi. Saya juga cukup merekomendasikan hal ini bagi Anda yang memiliki kegemaran pada bangunan bersejarah.

Terletak di Dusun Keboncandi, Desa Gunung Gangsir, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan, Candi Gunung Gangsir juga dikenal sebagai Candi Kebon. Konon nama ini berarti parit dalam bahasa Jawa.

Dia ingat pernah mengatakan bahwa asal mula Candi Gunung Gangsir adalah seseorang menggali gunung yang merupakan bagian dari candi untuk mendapatkan beberapa barang berharga dari candi.

Buka 24 jam selama di tempat wisata ini pengunjung tidak dimintai retribusi sama sekali.

Inilah lima tempat wisata yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Kabupaten Pasuruan. Perlu diingat bahwa Pasuruan juga kota Santri, siapa tahu Anda bisa mendapatkan Ukhti di sini. Jadi kapan kamu kesini? (Anik Al Sajawi)

Source: purwokerto.suara.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button