5 Pelabuhan di Jawa Timur, Tanjung Perak Terbesar - WisataHits
Jawa Timur

5 Pelabuhan di Jawa Timur, Tanjung Perak Terbesar

Surabaya

Pelabuhan tidak hanya sebagai sarana transportasi, tetapi juga berperan dalam distribusi barang dari dan ke berbagai wilayah di Indonesia.

Provinsi Jawa Timur memiliki beberapa pelabuhan yang masih aktif digunakan sebagai sarana transportasi dan distribusi barang antar pulau.

Apakah ada sesuatu? Periksa informasi berikut:

1. Pelabuhan Tanjung Perak

Pelabuhan Tanjung Perak merupakan pelabuhan terbesar dan terbesar kedua di Indonesia setelah Pelabuhan Tanjung Priok. Tanjung Perak berfungsi sebagai titik transhipment barang dari dan ke Indonesia Timur.

Tanjung Perak juga menawarkan layanan penyeberangan penumpang melalui laut dengan kapal. Tanjung Perak dilengkapi dengan North Quay yang berfungsi sebagai pelabuhan kapal pesiar asing yang melintas di kota Surabaya.

2. Pelabuhan Ketapang

Pelabuhan Ketapang merupakan pelabuhan yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Bali melalui jalur transportasi laut. Pelabuhan yang terletak di Banyuwangi ini dikelola oleh PT ASDP Indonesia Ferry yang bergerak di bidang jasa penyeberangan.

Pelabuhan Ketapang sering dipilih oleh wisatawan yang ingin pergi ke pulau Bali. Selain itu, Pelabuhan Ketapang juga menyediakan jasa bongkar muat kendaraan dan barang.

3. Pelabuhan Kalianget

Pelabuhan Kalianget merupakan pelabuhan yang menghubungkan daratan Sumenep dengan pulau-pulau di sekitarnya. Seperti Pulau Kangean, Pulau Sapudi, Sapeken dan beberapa daerah di Pulau Jawa.

Pelabuhan Kalianget yang mengawali sisi Pelindo sudah dibangun sejak zaman penjajahan Hindia Belanda. Saat ini Pelabuhan Kalianget melayani distribusi PT Garam dan merupakan sarana transportasi antara pulau-pulau di ujung timur Sumenep dan sebagian Jawa.

4. Pelabuhan Tembaga Tanjung

Pelabuhan Tanjung Tembaga merupakan pelabuhan tua dengan sejarah kolonial yang panjang di Indonesia. Pada masa penjajahan Belanda, pelabuhan ini berfungsi sebagai pelabuhan pesisir untuk kegiatan pelayaran antar pulau dan sebagai pintu gerbang ekspor hasil perkebunan ke Eropa.

Kini pelabuhan di Probolinggo menjadi tempat bongkar muat kapal besar dan angkutan antar pulau. Bahkan, Tanjung Tembaga juga sering menjadi tujuan wisata karena digunakan sebagai dermaga kapal pesiar yang mengangkut ribuan turis asing.

5. Pelabuhan Paciran

Terletak di Lamongan, pelabuhan ini telah beroperasi sejak 2013. Pelabuhan Paciran dibangun di atas lahan seluas 5 hektar. Pelabuhan Paciran melayani kapal barang dan penumpang antar pulau.

Ada 3 armada kapal penumpang yang beroperasi di Pelabuhan Paciran. Yakni KMP Gili Iyang di jalur Paciran-Bawean, KMP Drajat Paciran di jalur Paciran-Bahour, Kalimantan Tengah dan KMP Dharma Kencana di jalur Paciran-Garongkong, Sulawesi Selatan.

Tonton video ‘Gelombang mudik Bali ke Jawa Menjemput di Pelabuhan Ketapang’
[Gambas:Video 20detik]
(matahari/iwd)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button