Pantai Papuma Jember - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Papuma Jember – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Harga tiket: Rp15.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Desa Lojejer, Kec. Wuluhan, Kab. Jember, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Sebagai salah satu destinasi wisata di Jawa Timur, wilayah Jember banyak dikunjungi wisatawan saat musim liburan. Banyak tempat wisata yang ditawarkan di kawasan ini, seperti Pantai Papuma yang masih mempertahankan keindahan alamnya. Banyak hal menarik yang bisa Anda lakukan di pantai ini. Penasaran dengan daya tarik yang tersimpan di pantai di kawasan Jember? Yuk simak ulasannya di sini.

Atraksi Pantai Papuma

Aktivitas di Pantai Papuma JemberKredit gambar: Google Maps Haris Rizq Falih

Dapat dilihat sebelumnya bahwa nama pantai berupa Papuma ini biasa disebut Malikan. Papuma sendiri juga merupakan singkatan dari kata Pasir Putih Malikan. Pantai ini juga memiliki nama lain yaitu Pantai Tanjung Papuma. Hal ini dikarenakan lokasi pantai yang terlihat menjorok ke arah laut, banyak juga tempat-tempat menarik yang bisa anda kunjungi di pantai ini.

Seperti misalnya spot Bukit Pandang di pinggir pantai. Bukit ini juga dikenal dengan nama Siti Hinggil. Anda bisa menikmati keindahan alam pantai dari atas. Untuk menuju ke sana, Anda bisa menaiki tangga yang sudah dibuat dengan tampilan yang menarik. Dengan tangga warna-warni yang dipadukan dengan tanaman hijau di sekitarnya, tempat ini bisa dijadikan spot foto.

Daya tarik lain dari pantai ini adalah aktivitas menyelam yang bisa Anda lakukan. Ada hamparan terumbu karang dan biota laut yang indah yang sayang untuk dilewatkan. Namun bagi Anda yang mencari suasana liburan yang santai, ada juga hal lain yang bisa dilakukan. Kegiatan yang dimaksud adalah penangkapan ikan di perairan pantai.

Berburu sunset juga menjadi hal yang menyenangkan saat berlibur di pantai ini. Matahari terbenam Panaroma inilah yang membuat pantai ini memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang. Dikenal sebagai surga tersembunyi, pantai ini banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Dinamakan demikian karena pantai ini sepertinya tertutup oleh perbukitan dan banyak tanaman yang mengelilinginya.

Petunjuk Menuju Pantai Papuma

Jalan Menuju Pantai Papuma JemberKredit Gambar: Google Maps Imam Annas Ridla

Untuk menuju ke sana dari pantai ini, Anda bisa menempuhnya dengan menggunakan kendaraan roda 2 atau 4 dari pusat kota. Jarak pantai ini dengan pusat kota Jember kurang lebih 35 kilometer. Dari kota, Anda dapat menuju ke selatan untuk mencapai pantai yang indah, yaitu ke arah Jenggawah. Kemudian berbelok menuju kawasan Sabrang.

Diketahui juga lokasi pantai ini juga dekat dengan kawasan wisata Pantai Watu Ulo di Jawa Timur. Begitu sampai di gerbang masuk Pantai Papuma, Anda harus membayar tiket masuk ke pengelola. Setelah itu, Anda bisa berjalan melewati perbukitan dengan perasaan yang menyejukkan mata. Medan yang ditempuh untuk sampai ke tempat ini juga cukup bagus dengan pemandangan alam yang indah di sekitarnya.

Harga tiket masuk Pantai Papuma

Harga Tiket Masuk Pantai Jember PapumaKredit gambar: Google Maps Dn Wdynti

Bagi Anda yang ingin berwisata, tentunya masalah budgetary cost menjadi hal yang patut dipertimbangkan. Mulai dari biaya transportasi, konsumsi, dan juga tiket masuk ke tempat wisata ini. Karena harga tiket masuk ke tempat ini yang relatif terjangkau juga membuat budget yang diharapkan tidak terlalu besar. Namun tentunya harga tiket masuk akan berbeda pada hari biasa dan akhir pekan.

Jika memulai dari pusat kota, biaya yang dibutuhkan juga sekitar 100.000. Dari nominal tersebut akan lebih banyak dianggarkan untuk biaya transportasi dan konsumsi saat pindah ke tempat tersebut. Selama menginap di kawasan pantai ini, kendaraan Anda juga akan dikenakan biaya parkir tergantung jenis kendaraan yang tersedia. Namun, biaya parkir sama dengan biaya parkir di lokasi lain.

Kegiatan menarik dilakukan di Pantai Papuma

Aktivitas di Pantai Papuma JemberKredit Gambar: Google Maps Rose The Ant To

Sesuai dengan daya tariknya, di pantai ini Anda bisa melakukan berbagai aktivitas menarik. Sebut saja berburu spot menarik di pantai. Anda bisa mencoba berburu foto di pantai dari atas dengan mendaki bukit yang ada. Di puncak bukit juga terdapat bangunan seperti paviliun yang dirancang khusus untuk wisatawan.

Pemandangan alam yang indah juga tersaji dari atas bukit. Anda juga bisa mencoba berburu foto di area pantai. Hamparan pasir putih yang lembut akan menyelip di jemari Anda dan membuat aktivitas foto ini semakin seru. Di kawasan ini, Anda bisa bersantai sejenak jauh dari hiruk pikuk kota yang menjadi bagian dari keseharian Anda.

Aktivitas menarik lainnya yang bisa Anda lakukan adalah mencoba naik perahu yang terdapat di tempat wisata ini. Untuk menikmati sensasi mengendarai kendaraan jenis ini, Anda akan dikenakan biaya tertentu untuk menyewanya. Dengan ini, Anda juga bisa dekat dengan gugusan karang yang banyak bertebaran di pantai cantik ini. Tentu saja pengalaman mengendarai perahu sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Anda juga bisa melakukan kegiatan camping di kawasan wisata ini. Hal tersebut tentunya membuat nilai lebih dari liburan yang Anda lakukan di pantai. Keindahan laut yang akan dipadukan dengan keseruan saat melakukan kegiatan camping. Di malam hari, Anda juga bisa menikmati suasana pantai yang berbeda sambil ditemani irama bisikan pepohonan di sekitarnya.

Yang tak kalah menarik dari tempat ini adalah Anda bisa melakukan aktivitas memancing dan menyelam. Di perairan yang dipenuhi bebatuan yang menonjol, Anda bisa berlatih aktivitas memancing. Sambil melakukan aktivitas menyelam, Anda juga bisa menikmati panorama keindahan bawah laut yang ditawarkan kawasan ini. Anda juga bisa mencoba sajian kuliner lezat sambil menuju ke salah satu pantai di Jember.

Akomodasi di Pantai Papuma

Akomodasi Pantai Papuma JemberKredit gambar: Google Maps Anastasiya Ivanova

Bagi Anda yang berkunjung ke pantai yang indah ini, Anda tidak perlu khawatir akan akomodasi mana yang ingin Anda tuju selama menginap. Dari resor tepi laut hingga hotel tersebar luas di sekitar pantai. Jika Anda bertanya-tanya soal harga, biaya sewa yang ditawarkan juga cukup bervariasi. Anda juga bisa memilih jenis akomodasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Di zaman modern seperti sekarang ini, Anda juga bisa melakukan reservasi di hostel jauh-jauh hari. Sedangkan bagi Anda yang ingin mencoba sensasi menginap yang berbeda saat liburan, Anda bisa mencoba camping di pinggir pantai. Kegiatan camping ini juga akan seru dengan banyaknya fasilitas penunjang yang ada di sekitar pantai.

Seiring berjalannya waktu, banyak penambahan jumlah hostel di kawasan wisata ini. Tentunya hal ini membuat tempat wisata ini semakin layak untuk dikunjungi. Menginap di kawasan Pantai Papuma, Anda bisa merasakan suasana pantai yang berbeda di malam hari. Momen relaksasi sambil menikmati suara deburan ombak juga bisa didapatkan dengan berwisata ke tempat ini.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Papuma

Fasilitas Pantai Papuma JemberKredit gambar: Google Maps Edy Winoto

Ada beberapa fasilitas yang telah disediakan di pantai ini. Pembangunan fasilitas tersebut juga membuat pantai ini sangat nyaman dan direkomendasikan untuk dikunjungi. Sejauh ini pengelola pantai masih berupaya mengembangkan berbagai fasilitas tersebut. Contoh fasilitas yang disediakan antara lain musholla, tempat parkir dan toilet.

Ada juga tempat untuk menyewa peralatan snorkeling dan paviliun di tepi pantai. Belum lagi, ada juga resor pantai dan toko makanan dan minuman di area pantai. Untuk masalah pengisian bensin kendaraan, ada tempat yang menjual BBM tersebut di kawasan pantai ini. Dengan berbagai fasilitasnya, tentu menjadi nilai lebih tersendiri dari destinasi wisata ini.

Ada banyak hal menarik yang bisa kamu lakukan saat berwisata ke tempat ini. Sebut saja memancing, menyelam dan juga berburu spot foto menarik. Sajian kuliner di tempat ini sayang untuk dilewatkan. Mengenai masalah biaya, untuk menuju ke tempat ini biaya yang harus dikeluarkan juga relatif terjangkau, seperti tempat wisata lainnya. Tertarik dengan tempat wisata ini?

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button