5 Fakta Pantai Nungap di Yogyakarta, Tak Hanya Indah Tapi Juga Cerita Mistis : Okezone Travel - WisataHits
Yogyakarta

5 Fakta Pantai Nungap di Yogyakarta, Tak Hanya Indah Tapi Juga Cerita Mistis : Okezone Travel

5 FAKTA Pantai Nungap di Yogyakarta dibahas dalam artikel ini. Yogyakarta memiliki pesona tersendiri.

Keindahan wisata alamnya bikin kangen dan ketagihan. Salah satunya adalah keindahan pantai eksotis dengan deburan ombak.

Yogyakarta tidak hanya memiliki pantai-pantai eksotis yang sering masuk dalam bucket list, tetapi juga pantai-pantai tersembunyi yang wajib Anda kunjungi. Salah satunya adalah Pantai Nungap.

Meski belum banyak dikenal, Pantai Nungap di Gunung Kidul menawarkan pemandangan yang indah dan asri.

Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh tentang Pantai Nungap, berikut beberapa faktanya seperti dikutip: zona ok dari website Biro Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta.

Infografis Pantai Indrayanti

1. Asal Usul Nama Pantai Nungap

Asal usul nama Ngungap sendiri berasal dari kata “Ngungak” dari masyarakat setempat. Arti kata Ngungak adalah melihat, yang artinya harus melihat ke bawah untuk melihat keindahan pantai. Agar penyebutan nama pantai lebih nyaman dan familiar maka digunakan nama Pantai Ngungap.

2. Berbatasan langsung dengan Samudera Hindia

Berbeda dengan pantai lainnya, Pantai Nungap tidak memiliki pasir putih. Namun sebaliknya, Anda akan menemukan pantai dengan tebing dan karang yang tinggi. Pasalnya, Pantai Nungap merupakan pantai yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

3. Lokasi Pantai Nungap

Pantai Nungap secara administratif berada di Desa Pucung, Kecamatan Girisuba, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Jika Anda datang dari pusat kota Jogja, Anda perlu meluangkan waktu sekitar 2-3 jam untuk sampai ke pantai ini. Butuh waktu lama, tetapi Anda akan dihadiahi dengan pemandangan yang luar biasa.

4. Tampilan anti-mainstream

Bagi Anda yang mendambakan tempat yang tenang, damai dan jauh dari keramaian, pantai ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Pantai Nungap menawarkan surga tersembunyi dan pemandangan indah yang tidak mainstream.

Pantai ini masih asri dan aman dari berbagai tangan jahil. Jadi jangan heran, pemandangannya masih segar seperti pantai yang masih alami. Anda bisa membawa makanan sendiri jika tidak ingin bingung mencari jajanan sambil menikmati pemandangan.

Yang juga unik adalah gua kecil di antara tebing tempat burung walet hidup. Jika Anda beruntung Anda dapat melihat burung sate terbang di sekitar pantai.

Infografis Pantai Indah Tulungagung

5. Perasaan mistis

Di balik keindahannya, Pantai Nungap sebenarnya memiliki sisi mistis tersendiri yang mungkin membuat pengunjung berpikir dua kali untuk datang.

Konon masyarakat setempat menganggap pantai ini sebagai tempat dimana Ratu Roro Kidul sering muncul. Tak hanya itu, di sekitar pantai terdapat sebuah batu besar yang dikeramatkan oleh warga sekitar.

Untuk menghormati adat masyarakat setempat, ada baiknya bersikap sopan dan melakukan hal-hal yang dilarang. Menghargai budaya lokal juga merupakan salah satu sopan santun yang perlu diketahui wisatawan.

Source: travel.okezone.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button