5 destinasi wisata prioritas menerima investasi US$435,5 juta - WisataHits
Jawa Timur

5 destinasi wisata prioritas menerima investasi US$435,5 juta

Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menjabarkan pengembangan 5 Destinasi Wisata Prioritas (DPSP), yaitu Danau Toba di Sumatera Utara, Borobudur di Jawa Tengah, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur dan Likupang di Sulut terus didorong oleh pemerintah. Untuk meningkatkan perekonomian daerah untuk mendatangkan ratusan juta dolar investasi.

“Kita patut berbangga karena 5 DPSP telah menarik total investasi sebesar $435 juta,” kata Sandiaga Uno dalam Forum Investasi 5 DPSP, Jumat (9/9/2022).

Menurut Sandiaga, 2022 merupakan momentum revitalisasi sektor pariwisata di Indonesia. Ternyata, travel and tourism development index Indonesia naik ke posisi 32, naik 12 peringkat dari 2019. Untuk pertama kalinya, mengungguli Malaysia, Vietnam, dan Thailand.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Pengembangan 5 DPSP dinilai oleh World Economic Forum mampu menaikkan peringkat Indonesia karena mengutamakan kebijakan pemerintah. Yakni, menciptakan destinasi wisata baru di luar Bali.

“Dengan demikian, pemerataan ekonomi akan tercipta dan sumber daya pariwisata di Indonesia dapat dimaksimalkan,” ujarnya.

Ia juga berharap status dewan pariwisata berubah menjadi Kawasan Wisata Khusus (KEK) sehingga dapat menarik lebih banyak investasi.

“Agar pergerakannya menjadi lebih cepat dan lebih lincah, untuk menarik lebih banyak investasi sehingga pengembangan 5 DPSP dapat dipercepat,” katanya.

[Gambas:Video CNBC]

artikel berikutnya

Langkah Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif untuk mendorong pemulihan bisnis dan pariwisata pariwisata

(dce)

Source: www.cnbcindonesia.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button