Dalam sepekan, tiga mobil melaju ke jurang di jalur wisata Kabupaten Mojokerto - WisataHits
Jawa Timur

Dalam sepekan, tiga mobil melaju ke jurang di jalur wisata Kabupaten Mojokerto

Dalam sepekan, tiga mobil melaju ke jurang di jalur wisata Kabupaten Mojokerto

Rem gagal sampai tidak lagi menanjak

KEMASAN, Jawa Pos Radar Mojokerto – Jalur wisata di Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto masih menjadi momok kendaraan roda empat. Tiga mobil memasuki ngarai minggu ini. Kejadian ini dipicu rem blong dan gagal menanjak.

Insiden terakhir terjadi pada Senin malam (16/01) yang melibatkan mobil pikap Mitsubishi L300 di jalur Pacet-Cangar. Mobil bak terbuka yang membawa dua penumpang itu jatuh ke jurang sedalam tiga meter setelah gagal menanjak di kawasan wisata Air Terjun Watu Ondo, Dusun Pacet Selatan, Desa/Kecamatan Pacet.

Kecelakaan satu-satunya bermula saat truk pikap Pacet melaju ke Batu. Kendaraan Candra Kirana, 27, warga Desa Tamansatriyan, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, mengangkut sepeda motor tersebut dari Jombang menuju Dampit, Malang. “Saat melewati tanjakan Watu Ondo, mesin mobil berhenti karena tidak bertenaga untuk menanjak,” ujar Made Zakaria, anggota Rescue Welirang, kemarin (17/5).

Karena mesin mati, pikap meluncur mundur tak terkendali di tanjakan terjal. Pickup itu jatuh ke jurang dan terbalik sedalam sekitar tiga meter. “Kondisi mobil terbalik di jurang pinggir jalan sedalam tiga meter,” jelasnya. Beruntung, pengemudi pikap selamat. Begitu pula penumpang pengemudi dan tetangganya Pariadi, 40 tahun. Kedua korban tidak terluka dan disemayamkan di Mapolres Pacet, tambah Made.

Menurutnya, kecelakaan itu terjadi saat hujan deras. Evakuasi truk pikap berlangsung semalaman dan melibatkan pejabat dan sukarelawan setempat. Pickup berhasil diangkat ke jalan raya secara manual menggunakan tali dan katrol. Pembersihan itu berlangsung hingga pukul 04.00 kemarin.

Ini merupakan yang ketiga kalinya terjadi penjemputan ngarai di kawasan wisata Pacet dalam sepekan terakhir. Mobil rombongan asal Sidoarjo itu masuk jurang sedalam 20 meter, Sabtu (14/1) saat meninggalkan rest area Sendi. Toyota Avanza bernomor W 1397 TU dengan tujuh penumpang termasuk pengemudi mengalami rem blong saat melintas dari Cangar menuju Pacet.

Insiden itu mengakibatkan dua orang luka berat dan empat orang luka ringan. Korban yang mengalami luka berat mengalami patah pergelangan tangan dan lengan putus. Saat kejadian, para korban sedang dalam perjalanan kembali ke Sidoarjo setelah mengunjungi Kota Batu.

Pada Minggu (01/08) sebuah mobil yang membawa delapan wisatawan asal Jombang mengalami rem blong dan menabrak jurang sedalam 10 meter di Desa Kembangbelor, Kecamatan Pacet. Satu penumpang luka berat dan tujuh lainnya luka ringan dalam insiden itu. (Adi/Ron)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button