40 tempat wisata di batu malang, dari alam hingga tempat pertemuan - WisataHits
Jawa Timur

40 tempat wisata di batu malang, dari alam hingga tempat pertemuan

1. Museum Transportasi

Tempat wisata Batu Malang yang wajib dikunjungi adalah Museum Angkut. Museum ini cukup terkenal karena menyuguhkan koleksi ratusan kendaraan yang berbeda mulai dari kendaraan tradisional hingga modern. Dekorasi museum ini juga menarik dengan tema yang berbeda, menjadikan Museum Angkut sebagai tempat yang cocok untuk mengabadikan momen liburan. Museum ini juga memiliki simulator dengan berbagai wahana untuk dicoba pengunjung.

2. Candi Kidal

Tempat wisata Batu Malang yang wajib dikunjungi saat liburan adalah Candi Kidal. Pura ini merupakan tempat wisata Batu Malang yang terletak di lembah Gunung Bromo pada ketinggian 52 meter di atas permukaan laut, tepatnya di Desa Rejokidal, Kecamatan Tumpang. Candi Kidal merupakan candi peninggalan Kerajaan Singosari yang dibangun sebagai bentuk penghormatan atas jasa besar Anusapati, raja kedua Singosari.

3. Candi Sumberawan

Candi Sumberawan merupakan tempat wisata di Batu Malang yang letaknya tidak jauh dari Candi Singosari tepatnya di Desa Toyomarto Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Jarak kedua tempat wisata di Malang Batu ini hanya sekitar 6 km. Dari segi arsitektur, diperkirakan Candi Sumberawan dibangun sekitar abad 14-15.

Pura ini merupakan salah satu tempat yang dipilih Hayam Wuruk sebagai tempat beristirahat saat berkeliling Jawa Timur. Pura ini hanya berbentuk stupa, dengan pemandangan yang indah karena berada di dekat sebuah danau dengan air yang sangat jernih.

4. Kuil Badut

Tempat wisata di Batu Malang selanjutnya yang wajib dikunjungi adalah Candi Badut. Candi yang sangat populer ini merupakan salah satu peninggalan kerajaan Kanjuruhan yang dibangun pada masa pemerintahan Gajayana. Candi yang terletak di daerah Tidar ini merupakan salah satu candi tertua di Jawa Timur.

5. Candi Songgoriti

Petirtaan Songgoriti atau yang lebih dikenal dengan Candi Songgoriti merupakan tempat wisata di Batu Malang yang merupakan salah satu candi tertua di Jawa Timur. Sampai saat ini belum diketahui secara pasti kapan tepatnya candi ini dibangun, namun dari segi arsitektur diperkirakan Candi Songgoriti berdiri sekitar abad ke-9 hingga ke-10 Masehi.

6. Museum Singhasari

Museum Singhasari merupakan salah satu tempat wisata Batu Malang yang menampilkan koleksi benda-benda yang berhubungan dengan Kerajaan Singhasari. Selama di sini, pengunjung dapat mengamati dan belajar dari diorama yang tersedia di museum ini.

Museum Singhasari juga memiliki replika patung yang menceritakan sejarah Kerajaan Singhasari. Ada juga berbagai peninggalan asli patung kuningan seperti patung Dewi Sri dan Bathara Guru yang dipinjamkan pemilik aslinya ke museum.

7. Museum Brawijaya

Museum Brawijaya merupakan salah satu museum militer yang menyajikan berbagai koleksi peninggalan perjuangan kemerdekaan di Malang. Salah satu tempat wisata di Batu Malang yang paling terkenal adalah “Kereta Maut” yang terletak di halaman belakang museum.

Kereta maut itu digunakan oleh pasukan Belanda untuk mengangkut 100 tahanan pejuang dari Indonesia ke penjara Bondowoso di penjara Bubutan di Surabaya. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung, museum ini berada di JL. Ijen, No.25 A, Gading Kasri, Klojen, Kota Malang.

8. Candi Singosari

Tempat wisata di Batu Malang selanjutnya yang wajib dikunjungi adalah Candi Singosari atau dikenal juga dengan nama Candi Cungkup. Candi ini masih memiliki hubungan erat dengan Kerajaan Singosari. Candi Singosari merupakan candi tertinggi pada zamannya. Namun kini candi ini dijadikan sebagai tempat bagi pengunjung yang ingin melihat arsitektur dan bangunan candi. Candi Singosari terletak di Desa Candi Renggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

9. Candi Jawar

Candi Jawar atau biasa disebut Candi Samudro terletak di Desa Argoyuwono Kecamatan Ampelgading. Pura ini merupakan salah satu tempat wisata di Batu Malang yang ditemukan antara tahun 1982-1983. Hingga saat ini pura ini digunakan sebagai tempat peribadatan bagi masyarakat Hindu di Kecamatan Ampel Gading. Selain digunakan sebagai tempat peribadatan, Candi Jawar juga memiliki pemandangan yang indah dengan pepohonan hijau yang asri dan sejuk khas pegunungan.

10. Museum Zoologi Brother Vianney

Tempat wisata di Batu Malang selanjutnya adalah Museum Zoologi Brother Vianney. Museum ini menampilkan berbagai koleksi benda-benda yang berkaitan erat dengan hewan, khususnya biota laut dan reptil. Museum ini juga melestarikan dan memamerkan ratusan barang yang bisa dikoleksi, mulai dari berbagai jenis kerang, biota laut hingga reptil seperti ular. Koleksi museum ini berasal dari koleksi Brother Vianney, seorang Belanda yang datang ke Indonesia pada tahun 1960-an.

Source: m.liputan6.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button