4 Rahasia Gunung Kunci Berhantu - WisataHits
Jawa Barat

4 Rahasia Gunung Kunci Berhantu

Bogordaily.net – Salah satu tempat wisata di Sumedang yang sangat populer dikalangan masyarakat lokal maupun luar daerah yaitu Gunung Kunci. Gunung dengan ketinggian 485-665 mdpl ini terletak di Jalan Pangeran Sugih di desa Kotakulon.

Setiap gunung memiliki misteri dan mitos, begitu pula dengan Gunung Kunci yang penuh cerita mistis dan sejarah zaman kolonial.

Berikut beberapa misteri Gunung Kunci yang beredar:

1. Tempat eksekusi pahlawan Indonesia

Gunung Kunci merupakan salah satu benteng pertahanan terbesar bagi pemerintah Belanda yang didirikan antara tahun 1914 hingga 1917.

Gang-gang, bunker, dan markas dibangun menyebar di sekitar gunung menyerupai Benteng Pendem di Cilacap.

Menurut cerita Lili Mulyana, Taman Hutan Raya Kuncen Gunung Kunci, lantai 2 konon pernah menjadi tempat terjadinya tragedi kelam.

Ada besi berbentuk tanda tanya terbalik yang masih kokoh meski berkarat. Besi itu digunakan untuk melilit tali gantung eksekusi para pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

2. Mengguncang pohon

Terletak di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura), Gunung Kunci dikelilingi oleh pohon pinus yang menjulang tinggi dan rindang. Pada saat yang sama, perasaan mistis sangat terasa di area bunker.

Salah satu hal yang menambah kemegahan Gunung Kunci adalah kisah tentang pohon ayunan.

Tak sedikit orang yang mengaku sering melihat pohon bergerak sendiri saat tidak ada angin.

Katanya pada waktu-waktu tertentu pohon itu bisa menyerupai manusia yang tinggi dan tinggi.

3. Air mancur beton dan makam suci

ilustrasi air mancur tua (essexlive.news)
Meski kini tertutup tanah liat, air mancur beton yang terletak tepat di bawah pengait besi untuk tali di lantai 2 ini memiliki sejarah yang memilukan.

Karena dahulu masyarakat setempat mengatakan bahwa sumur kuno yang sangat dalam ini merupakan tempat pembuangan jenazah para leluhur dan pahlawan Indonesia yang dieksekusi.

Selain air mancur beton, tempat misterius lainnya di Gunung Kunci adalah Makam Suci. Menurut juru kunci, kuburan itu sebenarnya tidak berisi jenazah.

Ada lebih dari 628 jenazah leluhur yang hilang dan tidak diketahui keberadaannya. Makam tersebut didirikan sebagai tanda penghormatan terhadap leluhur tersebut.

4. Jangan bawa pasangan ke Gunung Kunci

Misteri Gunung Kunci lainnya yang populer di kalangan masyarakat dan dipuji karena kebaikan bersama adalah larangan berkencan ke daerah pegunungan atau datang berpasangan.

Terkait dengan takhayul, konon ketika pasangan datang, meski hanya berjalan-jalan atau melakukan sesuatu yang nekat, hubungan itu putus tidak lama kemudian..***

Sumber: IDN Times

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button