4 oleh-oleh khas Ciamis yang wajib dicoba - WisataHits
Jawa Barat

4 oleh-oleh khas Ciamis yang wajib dicoba

TEMPO.CO, cantik – Kabupaten Ciamis, Jawa Barat menawarkan berbagai potensi destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan, mulai dari alam, budaya, sejarah dan pendidikan.

Selain itu, berkunjung ke Kabupaten Ciamis tidak lengkap tanpa membawa pulang oleh-oleh dari kabupaten Jawa Barat. Salah satu oleh-oleh yang bisa dibawa pulang oleh keluarga, teman, kerabat atau kolega adalah kuliner khas Kabupaten Ciamis.

Berikut 4 oleh-oleh khas Ciamis untuk dibawa pulang setelah berkunjung atau berlibur di Kabupaten Ciamis:

1. Bola manis

Seperti namanya, tangan yang satu ini memiliki bentuk yang bulat dan ringan seperti bola yang dicampur susu. Sebagai pelengkap rasa, bola-bola susu ini mendapat bahan campuran lain untuk menggarisbawahi rasa lezat dari camilan ini. Selain itu, bola-bola susu memiliki variasi warna yang cantik seperti hijau, kuning, merah muda dan putih yang dikemas dalam sebuah wadah. Jangan khawatir, jajanan ini mudah ditemukan di semua Warung Jajanan Ciamis.

2. Dendeng sapi

Souvenir yang wajib dibeli selanjutnya untuk dibawa pulang adalah Dendeng Sapi. Sesuai dengan namanya, oleh-oleh ini terbuat dari olahan daging sapi yang dipotong-potong tipis kemudian dibumbui dengan bumbu dan dikeringkan.

Baca Juga: Di Ciamis, Seekor Rusa Menyerang Desa, Asal Usulnya Masih Misterius

Dendeng sapi adalah berbagai masakan yang terbuat dari berbagai jenis daging sapi, sehingga dendeng sapi sangat cocok untuk oleh-oleh bagi pecinta olahan daging sapi. Dendeng sapi memiliki daya simpan yang lama hingga berbulan-bulan sehingga sangat cocok sebagai oleh-oleh khas Kabupaten Ciamis.

3. Surabi Ciamis

Kuliner Surabi merupakan salah satu alternatif oleh-oleh yang patut masuk dalam daftar rekomendasi oleh-oleh khas Kabupaten Ciamis. Surabi Ciamis menawarkan dua rasa utama yaitu manis dan asin. Surabi ras amanis memiliki berbagai macam rasa seperti surabi coklat, susu dan strawberry. Sedangkan surabi asin memiliki topping seperti telur, oncom, dan abon.

NAOMY A. NUGRAHANI

Baca juga: Puluhan juta koin berserakan di Jalan Ciamis, warga sekitar berbondong-bondong untuk mengambilnya

Selalu update informasi terbaru. Tonton berita terkini dan berita pilihan di saluran Telegram “Tempo.co Perbarui”. Klik bergabung.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button