Borobudur Marathon Berkembang - Kompas.id - WisataHits
Yogyakarta

Borobudur Marathon Berkembang – Kompas.id

Sebanyak 1.000 peserta memulai Friendship Run Bank Jateng di Lawang Sewu, Kota Semarang, Jawa Tengah, sejauh 5 kilometer pada Minggu (21.8.2022).  Mereka adalah bagian dari kegembiraan menjalankan dan memajukan pariwisata dan UMKM. COMPASS/P RADITYA MAHENDRA YASA

Sebanyak 1.000 peserta memulai Friendship Run Bank Jateng di Lawang Sewu, Kota Semarang, Jawa Tengah, sejauh 5 kilometer pada Minggu (21.8.2022). Mereka adalah bagian dari kegembiraan menjalankan dan memajukan pariwisata dan UMKM.

SEMARANG, KOMPAS — Borobudur Marathon terus berupaya menghadirkan terobosan-terobosan baru setiap tahunnya. Sejumlah inovasi dilakukan tahun ini, dari yang kecil hingga yang besar. Salah satu inovasinya adalah pelaksanaan Friendship Run Bank Jateng dengan jarak 5 kilometer di empat kota berbeda di Indonesia.

Komitmen untuk inovasi lebih lanjut disampaikan oleh Deputy General Manager Kompas Budiman Tanuredjo. “Instruksi Pak Ganjar selalu kami ikuti agar selalu ada yang baru di Borobudur marathon, dan kami jalankan sekarang,” ujarnya di sela-sela Friendship Run Bank Jateng, Minggu (21/8/2022) di Lawang Sewu. kota Semarang, Jawa Tengah. .

Dalam beberapa tahun terakhir, Bank Jateng Friendship Run telah diadakan di Kabupaten Magelang. Kini acara tersebut digelar di empat kota yakni Semarang, Jakarta, Medan dan Makassar. Di setiap kota, 1.000 peserta mengikuti Friendship Run Bank Jateng.

Meski digelar di luar Magelang, pihak penyelenggara tetap berusaha menampilkan nuansa Magelang di setiap acara Bank Jateng Friendship Run. Minimarket Harmonie, misalnya, dihadirkan dalam Friendship Run Bank Jateng pertama yang digelar di Kota Semarang, Minggu.

Ada tujuh Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kuliner Pawone dan tiga unit UMKM rakyat di Minimarket Harmonie. Semuanya merupakan UKM binaan Bank Jateng yang menjual produk kuliner atau kerajinan khas Magelang.

Seorang model mengenakan jersey terbaru Borobudur maraton 2022 saat acara Friendship Run di Lawang Sewu, Kota Semarang, Jawa Tengah, Minggu (21/8/2022). COMPASS/P RADITYA MAHENDRA YASA

Seorang model mengenakan jersey terbaru Borobudur maraton 2022 saat acara Friendship Run di Lawang Sewu, Kota Semarang, Jawa Tengah, Minggu (21/8/2022).

Inovasi lain dalam Friendship Run Bank Jateng adalah jersey pelari. Desain jersey pelari Bank Jateng Friendship Run dibuat oleh seniman asal Magelang, Utami Atasia Ishii. Setiap kota memiliki jersey dengan tema yang berbeda-beda, disesuaikan dengan kekhasan daerahnya.

“Misalnya di kota Semarang ada industri jamu, ornamen pada jerseynya menggunakan jahe dan lain-lain. Kemudian di metropolitan Jakarta desain jerseynya berbentuk bangunan dan monumen Monas,” kata Budhi Sarwiadi, Vice General Manager Harian Kompas.

Kini acara tersebut digelar di empat kota yakni Semarang, Jakarta, Medan dan Makassar.

Selain Bank Jateng Friendship Run, juga akan ada kategori kompetisi baru yaitu Bakat Muda Bank Jateng dalam seri Borobudur Marathon 2022 yang diharapkan dapat menarik sekitar 5.000 peserta. Kompetisi tersebut melengkapi kompetisi yang sudah ada pada tahun sebelumnya, yaitu Borobudur Marathon Elite Race dan Bank Tilik Candi Jawa Tengah.

Di Bank Jateng Young Talent, 30 pelari berusia 16-20 tahun akan mengikuti kompetisi tersebut. Kompetisi ini dimaksudkan untuk melayani baik calon atlet muda maupun sebagai wadah regenerasi atletik.

Pisang untuk pelari saat mengikuti Friendship Run Bank Jateng di Jalan Pemuda, Kota Semarang, Jawa Tengah, Minggu (21/8/2022). COMPASS/P RADITYA MAHENDRA YASA

Pisang untuk pelari saat mengikuti Friendship Run Bank Jateng di Jalan Pemuda, Kota Semarang, Jawa Tengah, Minggu (21/8/2022).

Kebaruan lain yang dihadirkan pada Borobudur marathon 2022 adalah jersey dan medali. Jersey tahun ini mengusung tema “Stronger to Win” yang menggambarkan persatuan energi para pelari dan masyarakat sekitar Magelang untuk tumbuh lebih kuat dan menyatukan energi positif untuk menang.

Sedangkan medali terinspirasi dari unsur belah ketupat yang terdapat pada stupa Candi Borobudur. Unsur ini menggambarkan bagian yang menjadikan Candi Borobudur sebagai satu kesatuan bangunan yang berdiri kokoh sebagai semangat masyarakat untuk berdiri bersama dan bersatu menjadi lebih kuat dalam menghadapi kemenangan.

pemanasan

Bank Jateng Friendly Run di Semarang diharapkan bisa menjadi pemanasan bagi para pelari sebelum bertanding di Borobudur Marathon di Magelang pada November tahun depan. Selain mengikuti Friendship Run Bank Jateng di Semarang, para pelari juga diharapkan dapat mengikuti kegiatan ini di kota-kota lain.

Baca Juga: Borobudur Marathon 2022, Tempat Kaderan Atlet

“Semoga semangat para runner lainnya di (Bank Jateng Friendship Run) Jakarta, Medan dan Makassar bisa terus berkobar. Saya berdoa agar semua orang baik-baik saja. Yang belum divaksin jangan lupa divaksin sendiri sebanyak tiga kali,” kata Ganjar Pranovo, Gubernur Jawa Tengah.

Para pelari melakukan jogging ringan sekitar 3 kilometer pada Sabtu (18/11/2017) sambil menikmati pemandangan candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah.KOMPAS/MOHAMMAD HILMI FAIQ

Para pelari melakukan jogging ringan sekitar 3 kilometer pada Sabtu (18/11/2017) sambil menikmati pemandangan candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah.

Pada Borobudur Marathon 2022, sistem bubble untuk pelari dan penyelenggara tidak lagi diterapkan. Namun, peserta harus menjalani tes swab dan memiliki vaksin Covid-19 setidaknya hingga dosis ketiga.

Para pelari juga antusias mengikuti Friendship Run Bank Jateng di Semarang. Anisa Raufia (34) sengaja datang dari Yogyakarta untuk ikut kampanye ini. Dia ingin mencoba lagi bagaimana rasanya berlari dengan pelari lain dari daerah yang berbeda.

“Saya bergabung karena saya rindu berlari dengan banyak orang. Sejak pandemi, saya sering berjalan sendiri, jadi saya kesepian. Selain itu, acara ini juga saya manfaatkan untuk persiapan sebelum berlari di Bank Jateng Tilik Candi pada tahun 2022 nanti,” ujar Anisa yang sudah tiga kali berlaga di Borobudur marathon ini.

Baca juga: “The Tour” Borobudur Marathon, Surga Para Pelari

Ardha Kurniawan (27), pelari lainnya, juga antusias. Saat menjalankan Friendship Run Bank Jateng, ia mengenakan kostum kain bergaris yang dipadukan dengan topeng Iron Man. Penampilannya yang mencolok menarik perhatian publik dan para pelari lainnya.

Keseruan peserta saat mengikuti Friendship Run Bank Jateng di Lawang Sewu, Kota Semarang, Jawa Tengah pada Minggu (21/08/2022).  Lari adalah bagian dari tren, gaya hidup, dan olahraga rekreasi bagi penduduk kota perkotaan. COMPASS/P RADITYA MAHENDRA YASA

Keseruan peserta saat mengikuti Friendship Run Bank Jateng di Lawang Sewu, Kota Semarang, Jawa Tengah pada Minggu (21/08/2022). Lari adalah bagian dari tren, gaya hidup, dan olahraga rekreasi bagi penduduk kota perkotaan.

“Itu ciri khas saya ketika saya berlari, saya selalu memakai topeng seperti ini. Saya telah memakai kostum seperti itu dari maraton Borobudur dalam beberapa tahun terakhir. Tahun ini saya tidak mendapatkan undian untuk Bank Jateng Tilik Candi. Jika saya bisa, saya pasti akan berlari dengan kostum ini untuk membuat kursus lebih lengkap, “katanya.

Sementara itu, model Borobudur marathon dan brand ambassador Kelly Tandiono mengaku antusias mengikuti ajang lari tersebut. Selain untuk menyalurkan hobi para pelari, kegiatan ini juga dinilai mampu mendongkrak perekonomian para pelaku UMKM lokal. Pada bulan November, Kelly akan berlari dengan 5.000 peserta dari Bank Jateng Tilik Candi.

Source: www.kompas.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button