4 desa wisata di Sukabumi yang wajib dikunjungi saat liburan - WisataHits
Jawa Barat

4 desa wisata di Sukabumi yang wajib dikunjungi saat liburan

Liputan6.com, Jakarta – Sukabumi memiliki budaya dan pemandangan alam yang keduanya bisa dinikmati sekaligus saat berkunjung ke desa wisata. Dengan letaknya yang relatif dekat dengan Jakarta, Sukabumi juga bisa menjadi sarana refreshing bagi warga Jakarta.

Wisatawan bisa berkunjung ke Sukabumi dengan transportasi seperti KRL Bogor yang terhubung dengan jalur kereta api di Jawa Barat. Selain itu, petualangan dengan mobil pribadi sangat memungkinkan karena jalannya mudah diakses.

Apakah Anda ingin menjadikan Sukabumi sebagai tujuan liburan favorit Anda? Berikut desa wisata pilihan yang dirangkum Liputan6.com dari Jaringan Desa Wisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) pada Kamis (22/12/2022).

1. Desa Wisata Hanjeli

Tempat ini merupakan desa wisata pertama di Indonesia yang mengembangkan olahan makanan Hanjeli. Hanjeli merupakan tanaman pangan yang menjadi sumber karbohidrat, biasa juga disebut jali-jali. Tanaman ini banyak mengandung kalsium, sehingga bisa dimanfaatkan oleh penderita osteoporosis.

Desa wisata ini didirikan untuk melestarikan makanan lokal yang hampir punah serta memproduksi olahan hanjeli dengan pendekatan edukasi sehingga menambah nilai ekonomi masyarakat. Bahkan, tempat ini masuk dalam 50 besar Penghargaan Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Di desa wisata ini pengunjung bisa langsung melihat dan mempraktekkan budidaya tanaman hanjeli, mulai dari menanam, memanen, menumbuk hanjeli dengan lesung hingga memisahkan hanjeli dari kulitnya dengan tampah.

Pengunjung desa ini dapat menikmati atraksi wisata yang ditawarkan yaitu edukasi menanam hanjeli, panen hanjeli, dan produksi olahan hanjeli yang dilakukan bersama warga setempat mulai dari Rp 20.000.

Sementara pengunjung juga bisa mencicipi produk kuliner olahan Hanjeli dengan harga Rp 15.000-30.000. Bagi pengunjung yang ingin bermalam di tempat ini juga tersedia beberapa pilihan akomodasi dengan harga Rp 150.000. Desa Wisata Hanjeli ini terletak di Waluran, Sukabumi, Jawa Barat.

Jakarta dan sekitarnya diguncang gempa pada Rabu pagi (16/3). BMKG melaporkan pusat gempa berada di wilayah Sukabumi.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button