10 tempat wisata di Kediri yang menarik untuk dikunjungi. Sayang sekali melewatkan mereka - WisataHits
Jawa Barat

10 tempat wisata di Kediri yang menarik untuk dikunjungi. Sayang sekali melewatkan mereka

10 tempat wisata di Kediri yang menarik untuk dikunjungi.  Sayang sekali melewatkan mereka

Merdeka.com – Kediri terdiri dari dua wilayah yaitu kota dan kabupaten. Baik kota maupun kabupaten memiliki tempat wisata yang menawarkan hiburan dan pemandangan yang mempesona. Namun untuk wisata alam lebih banyak dilakukan di Kabupaten Kediri karena wilayahnya yang lebih luas.

Tempat wisata di Kediri adalah pegunungan, air terjun, bangunan yang menakjubkan dan masih banyak lagi. Banyak juga tempat wisata di Kediri yang mematok harga ramah kantong sehingga wisatawan lokal maupun non lokal bisa menikmatinya dengan puas.

Artikel media Taboola

Merdeka.com berikut merangkum rekomendasi tempat wisata di Kediri yang menurut laporan dari berbagai sumber menarik untuk dikunjungi:

2 dari 3 halaman

Simpang Lima Gumul

lima pertarungan

©Instagram/idrissaelany

Tempat wisata di Kediri yang pertama adalah gedung Simpang Lima Gumul (SLG). Simpang Lima Gumul kini seolah menjadi ikon utama Kabupaten Kediri. Bangunan unik ini hampir mirip dengan Arc de Triomphe de L’Etoile di Prancis.

Saking uniknya, bangunan ini kerap menjadi spot foto incaran wisatawan. Selain berfoto-foto, Anda juga bisa menikmati berbagai hidangan khas Kediri yang banyak terdapat di kawasan tersebut.

Gunung Klotok

Mandi di Gunung Klotok

©2022 Merdeka.com

Tempat wisata di Kediri selanjutnya adalah Gunung Klotok. Berada di ketinggian 536 mdpl, tempat ini sebenarnya tidak terlalu tinggi. Namun jika Anda berkunjung, Anda pasti akan terkagum-kagum dengan keindahannya.

Untuk mendaki gunung ini dibutuhkan waktu 2 hingga 3 jam. Yang unik adalah Gunung Klotok memiliki dua puncak yakni Puncak Waktu Bengkah dan Puncak Klop.

Anda akan dimanjakan dengan banyaknya pepohonan, sangat khas dengan panorama perbukitan. Lokasi tempat ini berada di Tumpang, Pojok, Mojoroto, Kabupaten Kediri.

taman bunga matahari

Matahari Kediri Jawa Timur

©2018 Instagram/halla_dhi

Tempat wisata di Kediri selanjutnya adalah Taman Bunga Matahari yang sangat digemari oleh masyarakat karena tempatnya yang sangat instagramable. Di Kediri sendiri, taman bunga matahari ini sedang hits dan digandrungi banyak kalangan muda maupun tua.

Tanahnya seluas 900 meter dan ditumbuhi bunga matahari yang sangat indah. Anda tidak hanya bisa puas karena foto-fotonya yang indah, tetapi juga membeli labu yang dijual oleh penduduk setempat.

Gunung Kelud

Turis di Gunung Kelud

©2019 Merdeka.com

Salah satu tempat wisata di Kota Kediri yang perlu diperhatikan adalah Gunung Kelud. Pemandangan indah yang terbentang sejauh mata memandang merupakan surga bagi pecinta alam.

Untuk menikmati wisata ini Anda hanya perlu membayar Rp 5.000 pada hari biasa dan Rp 10.000 pada akhir pekan. Hal ini juga menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke kawasan wisata Gunung Kelud.

hutan pinus Kediri

Tempat wisata menarik lainnya di Kediri adalah hutan pinus Kediri. Tempat wisata ini terletak di Dusun Plapar, Selopanggung, Semen, Kediri, Jawa Timur.

Wisatawan biasanya menghabiskan waktu berjam-jam untuk berfoto karena pemandangan alamnya yang sangat indah. Selain itu, aneka jajanan pasar dan makanan khas Kediri juga sering disajikan di warung-warung pedagang kaki lima.

3 dari 3 halaman

Taman Wisata Sumber Ubalan, Kediri


Tempat wisata di Kediri terdekat adalah Taman Wisata Sumber Ubalan Kediri. Taman wisata ini memiliki kolam ikan hias dan keramba besar merak yang menjadi salah satu daya tariknya. Banyak wisatawan yang berfoto atau sekedar bersantai dan menikmati pemandangan bersama orang-orang terdekat.

Gua Selomangleng

Gua Selomangleng terletak di Desa Pojok, Mojoroto, Kediri, Jawa Timur. Gua Selomangleng merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi.

Untuk menikmati wisata Goa Selomangleng, wisatawan cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 4.000 untuk dewasa dan Rp 2.000 untuk anak-anak. Hanya dengan membayar Rp 2.000-4.000 wisatawan sudah bisa menikmati wisata goa Selomangleng yang indah ini.

Wisatawan dapat mengunjungi Gua Selomangleng dari pukul 07:30 WIB hingga 16:00 WIB. Jadi jika ingin berwisata ke goa ini sebaiknya mengatur waktu dengan baik.

bendungan gerakan Waru Turi

Menurut situs resmi kedirikab.go.id, tempat wisata di Kediri ini berjarak ± 15 km ± (10 menit) dari Kota Kediri atau dari arah Surabaya ± 110 km (± 2,5 jam). Bendungan sepanjang 150 meter ini berfungsi untuk mengendalikan aliran air Sungai Brantas dan sebagai objek wisata.

Kawasan Bendung Gerak Waru Turi merupakan salah satu objek wisata yang ada di wilayah Kabupaten Kediri, lebih tepatnya di wilayah kecamatan Gampengrejo. Di lokasi tembok bendungan sepanjang kurang lebih 150 meter ini pengunjung disuguhkan situasi dan kondisi alam yang dapat digolongkan alami.

Karena itu, tempat ini cukup menarik untuk dijadikan sebagai tempat berlibur atau waktu luang bersama anggota keluarga, bahkan di sekitar lokasi pun tempat tersebut juga dapat dijadikan sebagai tempat piknik.

Pulau surga Gumul

Gumul Paradise Island dirancang menjadi salah satu tempat wisata air terbaik di Jawa Timur dengan menawarkan berbagai jenis wahana seperti speed slide, body slide, kolam jamur, fun bumerang, kolam terpendam, flying fox, dan lain-lain.

Selain itu, fasilitas penunjang disediakan untuk keamanan dan kenyamanan pengunjung, seperti toilet, food court, mushola, loker, Giftmart dan lain-lain.

Selain tempatnya yang strategis dan terjangkau, GPI tidak mematok harga tiket yang mahal. Hal ini agar semua kalangan dapat menikmati wisata air ini, khususnya warga Kediri maupun wisatawan luar kota maupun mancanegara.

Air Terjun Dolo


Kabupaten Kediri, Jawa Timur memiliki beberapa air terjun yang indah. Salah satunya adalah Air Terjun Dolo yang berada di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo.

Jarak dari Kota Kediri ke arah barat sekitar 25 km atau 45 menit dan sekitar 150 km atau 3,5 jam dari Bandara Juanda Surabaya.

Meski agak jauh, pemandangan di sepanjang jalan menuju air terjun Dolo Kediri sangat indah dan sederhana. Gunung Besuki merupakan alternatif yang sangat menarik untuk ditaklukkan dan dinikmati.

Rasa lelah dan haus akan terobati saat sampai di air terjun Dolo, kesejukan dan panoramanya akan membuat pengunjung terpesona.

Lokasi air terjun yang berada di tengah kawasan hutan Gunung Besuki menambah keindahan dan kesejukan kawasan ini. Ketenangan dan kenyamanan yang disuguhkan pasti akan memanjakan Anda yang terbiasa disibukkan dengan rutinitas dan penatnya pekerjaan dan aktivitas perkotaan.

Berada di ketinggian 1.800 mdpl, kondisi alam di wisata ini cukup terlindung dari kebisingan dan polusi pusat kota.

Keindahan objek wisata ini semakin lengkap dengan udara segar dan sejuk khas pegunungan, suasana hijau dan tenang, serta kealamian air terjun itu sendiri, seperti yang bisa dilihat dari laman Liputan6.

(mdk/amd)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button