3 Wisata Purbakala Indonesia, Asyiknya Belajar Peninggalan Prasejarah - WisataHits
Jawa Barat

3 Wisata Purbakala Indonesia, Asyiknya Belajar Peninggalan Prasejarah

Jakarta, CNN Indonesia

arkeologi merupakan mata pelajaran yang menarik. Arkeologi adalah studi tentang situs warisan sejarah.

Kita bahkan tidak perlu datang ke sekolah untuk mempelajarinya. Anda bisa belajar darinya perjalanan ketika mengunjungi museum atau situs yang merupakan peninggalan sejarah.

Indonesia memiliki tempat-tempat yang menjadi tujuan wisata arkeologi. Anda yang penasaran bagaimana kehidupan prasejarah dan evolusi bumi berevolusi ribuan hingga jutaan tahun yang lalu bisa mengunjungi tempat wisata yang tidak jauh dari Jakarta ini.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Dengan teknologi, kita bisa memperkirakan usia temuan arkeologis tersebut. Biasanya peninggalan sejarah disimpan di museum atau tempat peninggalan sejarah berada.

Penemuan arkeologi di Indonesia memang banyak mencuri perhatian dunia. Berikut 3 tempat wisata arkeologi menarik yang dirangkum dari berbagai sumber.

Situs megalitikum Gunung Padang

Situs megalitik di Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat membuat banyak orang penasaran. Banyak penelitian telah dilakukan di situs megalitik ini sejak zaman penjajahan Belanda. Pada tahun 1914, pemerintah Belanda mensurvei situs ini untuk pertama kalinya.

Kemudian giliran Australian National University yang mencoba mengungkap misteri situs megalitik ini pada tahun 1947. Penelitian masih terus dilakukan dari sejumlah pihak, termasuk para ahli dari dalam negeri.

Beberapa mengklaim bahwa bahan bangunan untuk situs ini berasal dari zaman Palaeolitik (22.000 – 9.500 SM). Namun, misteri Gunung Padang yang terlihat seperti piramida masih belum sepenuhnya dipahami.

Museum Zoologi, Bogor

Museum Zoologi di Bogor, Jawa Barat cukup terkenal di Indonesia. Siswa sekolah dasar biasanya mengikuti program studi wisata ke Museum Zoologi ini untuk kegiatan jalan-jalan dan belajar arkeologi.

Museum ini memiliki lebih dari 15.000 spesies serangga, 30.000 spesies/spesimen mamalia, 30.000 spesies/spesimen burung lainnya, 20.000 spesies/spesimen reptil dan amfibi.

Selain itu, Museum Zoologi memiliki ribuan replika hewan purba yang hidup di Indonesia. Melihat fosil hewan purba seperti dinosaurus sambil berjalan-jalan di museum ini bisa menjadi pengalaman yang seru.





Taman batuTaman Nasional Geopark Stone Garden (Foto: ContributorCommons melalui Wikimedia Commons CC-BY-SA-4.0)

Geopark Nasional Rock Garden, Bandung

Kunjungan ke Geopark Nasional Stone Garden di Bandung, Jawa Barat akan menambah keseruan wisata arkeologi Anda. Dari lokasi ini Anda bisa menikmati pemandangan batuan karst yang berusia lebih dari 27 tahun.

Bentuk dan formasi batuan karst ini masih didesain seperti dulu. Tak jauh dari situ, Anda bisa singgah di Goa Pawon, sebuah goa peninggalan nenek moyang orang Sunda yang berisi tulang belulang manusia.

Di Stone Garden National Geopark Anda juga dapat melihat replika dari zaman Pra-Lithic dimana ditemukan gelang batu, tali serut, batu asah dan benda prasejarah lainnya pada masa itu.

(www/ww)

[Gambas:Video CNN]

Source: www.cnnindonesia.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button