3 kolam pemandian kuno peninggalan Kerajaan Hindu-Buddha di Malang - WisataHits
Jawa Timur

3 kolam pemandian kuno peninggalan Kerajaan Hindu-Buddha di Malang

3 kolam pemandian kuno peninggalan Kerajaan Hindu-Buddha di Malang

Liputan6.com, Malang – Lembah Sungai Brantas dikenal sebagai daerah yang sibuk sejak zaman dahulu. Sumber air yang melimpah menjadikan Malang salah satu daerah dengan peradaban tertua di Jawa Timur. Buktinya, mudah ditemukan, berbagai peninggalan purbakala.

Berbagai jejak sejarah kota Malang sebagian besar berupa bangunan suci Hindu-Buddha yang beraliran Siwa. Baik itu tempat pemujaan para leluhur berupa pura, tempat pemujaan ataupun kolam pemandian suci.

Bicara soal kabar, cukup banyak yang dikemas sebagai destinasi wisata sejarah. Meskipun demikian, beberapa kolam pemandian tua masih menjadi tempat keramat bagi orang-orang saat ini. Air tersebut digunakan untuk upacara ritual pada waktu-waktu tertentu.

Politisi dan pejabat pemerintah sering mengunjungi pemandian bersejarah ini pada waktu-waktu tertentu. Untuk menelusuri kembali atau bahkan melakukan ritual demi kelancaran karirnya.

Beberapa orang percaya bahwa air di Royal Heritage Pool memiliki khasiat yang berbeda-beda. Untuk menyembuhkan penyakit dan awet muda. Tiga tempat pemandian di Malang berikut ini memiliki nilai sejarah yang tinggi.

1. Candi Watugede

Watugede Petirtaan atau sering disebut Ken Dedes Petirtaan terletak di Desa Watugede, Singosari, Kabupaten Malang. Ada mitos bahwa air di kolam tua ini memiliki banyak manfaat dan bisa membuat awet muda.

Air di kolamnya sendiri berasal dari mata air alami yang terletak di sisi timur, tepat di bawah pohon Lo atau Ara (Ficus carica). Ada jaladwara (saluran air) yang mengalirkan mata air ke dua kolam di sisi utara dan selatan.

Di kolam utara terdapat air mancur yang dihiasi gambar pria dan wanita, sedangkan kolam selatan tidak dihias. Diperkirakan kolam pemandian ini dulunya merupakan bagian dari kompleks di dalam taman kerajaan.

Ada cerita di balik rumor ini. Artinya, saat Ken Arok masih mengabdi pada Akuwu Tumapel Tunggul Ametung, Arok pertama kali bertemu dengan Ken Dedes di pelaminan ini. Buku Pararaton menyebutkan nama Petirtaan Baboji, kolam pemandian khusus Ken Dedes.

Gempa yang melanda Kota Malang, Jawa Timur pada Sabtu sore (10/4/2021) dimutakhirkan menjadi 6,1. Akibat gempa ini, patung King Kong di objek wisata Batu Secret Zoo, Jawa Timur Park 2 rusak.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button