Bersama KG Media, Menparekraf memaparkan potensi pariwisata Indonesia melalui event-event berkualitas - WisataHits
Yogyakarta

Bersama KG Media, Menparekraf memaparkan potensi pariwisata Indonesia melalui event-event berkualitas

Bersama KG Media, Menparekraf memaparkan potensi pariwisata Indonesia melalui event-event berkualitas

Laporan reporter Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno berkunjung ke Kompas Gramedia melalui KG Media.

Disambut oleh Lilik Oetama, CEO Kompas Gramedia beserta pimpinan KG Media, Menparekraf membahas potensi wisata di kawasan Tambora di lantai 6 gedung Kompas Gramedia Palmerah Selatan.

Kunjungan ini dalam rangka mempererat silaturahim dan menjelaskan agenda utama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tahun 2023.

Baca Juga: Menteri Muhadjir: Bus Wisata yang Tidak Cocok Tidak Boleh Digunakan untuk Wisata Tahun Baru

Berdasarkan data Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif, 2022 wisman yang berkunjung ke Indonesia mencapai 3,6 juta pada Oktober dan 4,5 juta pada November.

Sekarang ada 703 juta turis lokal. Angka itu hanya 2,5 kali lipat dari jumlah penduduk. Target Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif adalah meningkatkan pergerakan wisatawan menjadi 1,2 miliar pada tahun 2023. Untuk itu perlu dukungan semua pihak.

Pada tahun 2022, pendapatan pariwisata akan mencapai US$5 miliar, yang akan meningkat menjadi US$5,9 miliar pada tahun 2023. Nilai tambah industri kreatif sebesar Rp 1.300 triliun.

Tahun ini 4,4 juta pekerjaan baru akan diciptakan. Tujuan akan tercapai jika semua orang yang terlibat bekerja sama. Harapan dari tujuan ini adalah untuk meningkatkan kualitas dan keberlanjutan wisatawan yang tinggal lebih lama dengan pengeluaran yang lebih tinggi.

“Selain meningkatkan aksesibilitas, kita perlu merevitalisasi destinasi termasuk desa wisata dengan lebih dari 4.000 dan akhirnya acara. Acara berkualitas, acara olahraga, acara yang berkaitan dengan budaya dan ekowisata,” kata Sandiaga Uno saat berkunjung ke KG Media, Rabu (1 April 2023).

Menurutnya, tahun 2023 sangat strategis dan krusial sebagai momentum kebangkitan ekonomi Indonesia pasca pandemi karena perlu dikawal.

Pertumbuhan ekonomi saat ini, di tengah situasi global yang melambat, akan menjadi prestasi tersendiri bagi Indonesia.

“Kami ingin pembangunan berkelanjutan. Kita sambut tahun politik 2024 dengan suka cita, jangan terpecah belah. Kita akan melanjutkan capaian pemerintah menuju Indonesia Emas 2045 dengan tujuan menjadi negara maju,” kata Menparekraf.

Baca Juga: Sistem Pembayaran QRIS Internasional Dipuji, Sebut Potensi Dongkrak Sektor Pariwisata Indonesia

Kemenparekraf tetap berkomitmen untuk meningkatkan jumlah wisman dan wisman dengan memperkuat potensi unggulan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.

Beberapa di antaranya adalah ASEAN Tourism Forum 2022 Yogyakarta, F1 Power Boat Danau Toba, 2nd Anoc World Beach Games Bali 2023 dan berbagai event lainnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button