Pengalaman menarik siswa SMKN 1 Belitang III - OKU Timur Sumsel saat berkunjung ke Yamaha DDS Jakarta - WisataHits
Jawa Tengah

Pengalaman menarik siswa SMKN 1 Belitang III – OKU Timur Sumsel saat berkunjung ke Yamaha DDS Jakarta

AYOBOGOR.COM – Industri otomotif tidak hanya menarik bagi para ahli, tetapi juga memiliki daya tarik tersendiri bagi mahasiswa khususnya di jurusan otomotif. Setelah 2 tahun pandemi covid-19 melanda negeri ini yang mengakibatkan para mahasiswa harus belajar daring di rumah sehingga tidak bisa menyelesaikan jadwal magang juga. Terakhir, SMKN 1 Belitang III – Oku Timur Sumatera Selatan melakukan kunjungan industri di Yamaha DDS Cempaka Putih – Jakarta pada tanggal 10 November 2022.

Sebanyak 25 siswa Kelas XII jurusan TBSM (Teknik Sepeda Motor dan Bisnis) dan 5 guru Otomotif Produktif hadir dan disambut hangat oleh Tim Edukasi Yamaha DDS Cempaka Putih – Jakarta.

Kegiatan ini merupakan agenda perjalanan terbaru SMKN 1 Belitang III – Oku Timur, Sumatera Selatan dalam rangkaian kegiatan yang telah dilakukannya sejak berangkat pada 6 November 2022 dengan destinasi sebelumnya di beberapa kota di Jawa Tengah antara lain Semarang dan Yogyakarta telah dilakukan. Kunjungan tersebut tentunya diselingi dengan beberapa tempat wisata di Jawa Tengah.

Kunjungan diawali dengan pengenalan SOP after sales oleh tim DDS Cempaka Putih kemudian dilanjutkan dengan kunjungan ke area bengkel dimana rekan-rekan mahasiswa mendapatkan penjelasan beberapa SOP terkait servis sepeda motor Yamaha dan apa yang harus dilakukan mekanik terkait hal tersebut. pekerjaan teknis pada sepeda motor konsumen.

Setelah itu, rombongan diperkenalkan dengan varian sepeda motor Yamaha, khususnya sepeda motor yang saat ini masih diproduksi, termasuk varian Yamaha Big Bike dan area servis khusus.

“Kegiatan ini menyelaraskan SMK dengan industri otomotif khususnya kendaraan roda dua, sesuai dengan arahan Mendikbud,” ujar Ari Setiawan, Education Coordinator DDS Jakarta.

Pengenalan kegiatan kemudian dilanjutkan tidak hanya di ruang praktik siswa YES (Sekolah Teknik Yamaha) yang dipimpin oleh Muhammad Ibrohim, SE, MM selaku Education & Technical Control Yamaha Area Jakarta dan Bekasi. Ibrohim atau lebih dikenal dengan Boim menjelaskan bahwa YES sangat terbuka bagi semua siswa lulusan SMK dan sederajat untuk dilatih secara gratis karena para mekanik Yamaha bersedia bekerja secara gratis alias pendidikan YES gratis. Rombongan juga mengunjungi kelompok 52 siswa YES yang mendapat bimbingan materi dari instruktur Yamaha.

“Semoga pelatihan dan ilmu yang akan diberikan kepada kami dapat bermanfaat bagi kami baik sebagai guru maupun siswa dan terjalin hubungan kerja sama yang baik antara kami pihak sekolah dan Yamaha yang dalam hal ini adalah hubungan yang harmonis antar sekolah yaitu Yamaha, semoga kita masih bisa bekerja sama. “Berinovasi dan berkarya serta menciptakan generasi unggul yang sesuai dengan kebutuhan industri,” ujar Anggi Pratama, Guru Produktif Otomotif SMKN 1 Belitang III – Oku Timur Sumsel yang menjadi Koordinator Guru Pembimbing dalam kunjungan tersebut.

Siswa dan guru tidak hanya melihat berbagai kegiatan di Yamaha DDS Cempaka Putih – Jakarta, tetapi juga mendapat informasi tentang sejarah singkat berdirinya produsen sepeda motor Yamaha yang disampaikan oleh Muhammad Ibrohim. Acara diakhiri dengan penyerahan memorabilia sekolah kepada perwakilan Yamaha DDS Cempaka Putih – Jakarta dan dilanjutkan dengan foto bersama.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button