14 tempat wisata terbaru di brebes dan wisata lainnya yang dikunjungi - WisataHits
wisatahits

14 tempat wisata terbaru di brebes dan wisata lainnya yang dikunjungi

14 tempat wisata terbaru di brebes dan wisata lainnya yang dikunjungi

Brebes merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten yang dikenal dengan sebutan Kota Bawang ini memiliki banyak destinasi wisata yang tidak kalah menarik dan mempesona dengan kota lainnya.

Destinasi di Brebes beragam mulai dari wisata alam seperti air terjun, pantai, dan wisata buatan seperti danau, hingga wisata sejarah seperti candi. Tempat-tempat ini sangat sering dikunjungi wisatawan karena keunikan dan pesona yang ditawarkan.

Berikut tempat wisata di Brebes yang bisa anda kunjungi bersama teman dan keluarga saat musim liburan tiba. Namun, saat berada di sana, jangan lupa untuk menghormati peraturan yang berlaku agar tempat tersebut tetap lestari dan menyenangkan untuk dikunjungi.

1. Kuil Pang Kuan

Kuil PaganFoto oleh Ahmad Fauzi CH. (Ozie) di Google Maps

Pura Pangkuan merupakan destinasi wisata yang unik. Di sana Anda akan melihat sebuah candi berbentuk oval, panjangnya sekitar 10 meter dan berusia ratusan tahun. Selain itu, Anda juga bisa melihat sekumpulan kera liar yang jinak di sekitar tempat wisata.

Fasilitas yang tersedia di sana antara lain tempat parkir, mushola, toilet, dan warung makan untuk mengisi perut lapar Anda setelah menjelajahi Pura Pangkuan yang memiliki luas hingga 4 hektar lebih.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Karanggandul, Cilibur, Kec. Paguyangan, Kab. Brebes, Jawa Tengah.

2. Air Terjun Ngarai Ranto

Air Terjun Ngarai RantoFoto Salman Al-Farisi di Google Maps

Nah, wisata ini sangat cocok untuk menguji adrenalin Anda. Wisata tersembunyi di distrik Salem ini berbentuk seperti Grand Canyon di Amerika Serikat. Di bawah air terjun terdapat sungai yang diapit tebing curam dengan ketinggian sekitar 20 meter.

Aktivitas yang bisa Anda lakukan di sana sambil menikmati keindahan alam dan udara segar adalah river trekking, snorkeling, rafting dan cliff diving dengan track sepanjang 750 meter yang akan menantang adrenalin Anda.

Harga tiket: Rp30.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Gunungtajem, Winduasri, Kec. Salem, Kab. Brebes, Jawa Tengah.

3. Pemandian Air Panas Tirta Husada

Pemandian Air Panas Tirta HusadaFoto Hafif Asni di Google Maps

Jika Anda ingin berendam di air panas sambil merelaksasi tubuh dan pikiran, pemandian air panas Tirta Husada yang terletak di kecamatan Bantarkawung sangat cocok untuk Anda.

Berendam di sana dipercaya dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit. Letaknya yang berada di kawasan hutan pinus membuat tempat ini memiliki udara yang segar dan akan membuat betah berlama-lama.

Harga tiket: Rp7.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Kedungoleng, Kec. Paguyangan, Kab. Brebes, Jawa Tengah.

4. Waduk Malahayu, Brebes

Waduk Malahayu, BrebesFoto oleh Alasroban di Google Maps

Wisata ini merupakan wisata buatan yang sudah ada sejak zaman Belanda. Waduk Mahalayu Brebes dikelilingi oleh perbukitan dengan pepohonan yang rindang, sehingga sesampainya di sana akan disambut dengan udara yang segar.

Waduk Brebes yang lebih besar umumnya digunakan sebagai tempat perkemahan. Karena itu Anda juga dapat mendirikan tenda di sana bersama teman atau keluarga selama kunjungan Anda. Ada wahana becak air, perahu untuk berkeliling waduk, dan fasilitas umum seperti tempat parkir, kamar mandi, dan toilet.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Malahayu, Kec. Banjarharjo, Kab. Brebes, Jawa Tengah.

5. Lumpur Air Ciblon

Ramp air ciblonFoto oleh Martseno Untung S di Google Maps

Waterboom Ciblon sangat cocok untuk kunjungan keluarga. Taman air ini menawarkan kolam dengan kedalaman berbeda. Mulai dari kolam anak-anak hingga dewasa. Anda bisa bermain dengan fasilitas yang sudah tersedia seperti permainan ember tumpah.

Selain itu, ada juga seluncuran setinggi sekitar 12 meter, seluncuran, tempat olahraga, gazebo, toilet, ruang ganti, dan kafe. Untuk bisa masuk ke destinasi ini, Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu jauh karena harga tiket yang akan dikenakan kepada Anda cukup terjangkau.

Harga tiket: Rp20.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Jl. Yos Sudarso, Pasar Batang, Kec. Brebes, Kab. Brebes, Jawa Tengah.

6. Bukit Panenjoan

Bukit PanenjoanFoto oleh Agung Ismail di Google Maps

Tempat wisata di Brebes yang terbilang baru ini tidak kalah eksotisnya dengan tempat wisata lainnya. Seperti namanya, Bukit Panenjoan merupakan wisata yang menyuguhkan deretan perbukitan dengan nuansa hijau yang asri.

Terdapat pos pengamatan bagi anda yang ingin berfoto dengan background perbukitan yang indah. Anda juga bisa menikmati sunrise di pagi hari dan sunset di sore hari bersama teman dan keluarga selama berkunjung.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Wanoja, Kec. Salem, Kab. Brebes, Jawa Tengah.

7. Danau Ranjeng

Danau RanjengFoto oleh Mata Haqqi di Google Maps

Pesona yang ditawarkan di tempat bernama Telaga Ranjeng ini akan sangat memanjakan mata Anda. Danau yang berfungsi sebagai pemandian bagi para tokoh kerajaan ini dikelilingi oleh pohon pinus dan tumbuhan runjung yang rindang.

Kegiatan yang bisa anda lakukan sambil memancing, menurut masyarakat setempat banyak ikan lele yang hidup di danau, anda juga bisa berfoto dengan background danau yang indah, atau sekedar duduk dan bercengkrama di gazebo bersama teman atau keluarga.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Pandansari, Kec. Paguyangan, Kab. Brebes, Jawa Tengah.

8. Agrowisata Perkebunan Teh Kaligua

Agrowisata di Perkebunan Teh KaliguaFoto oleh Bachtiar R Wijaya di Google Maps

Tempat wisata yang sangat populer ini akan membawa Anda melihat hamparan pohon teh hijau yang megah. Udara dingin dan udara segar yang Anda suguhkan bisa dijadikan sebagai cara melepas penat dari penatnya aktivitas sehari-hari.

Anda bisa menginap di sana dengan menyewa vila yang disediakan pengelola. Akomodasi ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti kafe, ruang pertemuan, area hangout, musala, dan lapangan olahraga.

Harga tiket: Rp20.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Jl. Kaligua, Kaliguwa, Pandansari, Kec. Paguyangan, Kab. Brebes, Jawa Tengah.

9. Desa Wisata Cisereuh

Desa wisata CisereuhFoto oleh Locusts Media di Google Maps

Desa wisata Cisereuh ini akan membawa Anda melihat berbagai keunikan tradisi dan juga budaya yang masih mengakar kuat di masyarakat. Anda akan menemukan berbagai rumah yang memiliki keseragaman yaitu berdinding kayu dan beratap seng.

Jika beruntung, Anda bisa menyaksikan upacara Ngasa yang biasa dirayakan oleh warga desa sebagai tanda syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Anda juga bisa menyegarkan semangat dengan melihat hijaunya perkebunan dan persawahan milik penduduk desa.

Harga tiket: Bebas; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Pahat eh, Kec. Tanggung Jawab, Kab. Brebes, Jawa Tengah.

10. Taman Kalibaya

Taman KalibayaFoto oleh Edgars Simenovskis di Google Maps

Taman Kalibaya merupakan destinasi wisata yang terletak di puncak Gunung Malio. Dengan demikian, selama berkunjung, Anda akan disuguhkan pemandangan yang menakjubkan. Anda bisa melihat keindahan Waduk Malahayu dari atas sana.

Tidak hanya menawarkan pemandangan, ada juga area outing, area berkuda, jalur sepeda gunung, sabana eksotis, ayunan dengan sabuk pengaman, pos pengamatan, dan masih banyak lagi. Tersedia juga fasilitas umum seperti tempat parkir, tempat istirahat dan warung.

Harga tiket: Rp3.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Bandungsari, Kec. Banjarharjo, Kab. Brebes, Jawa Tengah.

11. Air Terjun Putri

putri air terjunFoto oleh Panca Urip Purwoko di Google Maps

Air terjun menawan di kecamatan Siamprong ini akan membuat liburan Anda tak terlupakan. Anda akan disuguhkan pemandangan eksotis tebing yang membentuk pahatan unik.

Di sekitar Curug Putri terdapat perbukitan yang juga menambah keindahannya. Namun medan yang harus Anda lewati saat ingin mengunjungi air terjun ini cukup terjal dan sulit, sehingga Anda harus selalu berhati-hati.

Harga tiket: Bebas; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Padanama, Mendala, Kec. Sirampog, Kab. Brebes, Jawa Tengah.

12. Pantai Randusanga

Pantai RandusangaFoto oleh Alton Super di Google Maps

Bagi Anda yang suka berlibur di pantai, Pantai Radusanga bisa menjadi pilihan. Destinasi ini menawarkan pemandangan pantai yang menakjubkan, salah satunya adalah keberadaan pasir putih di pinggir pantai.

Fasilitas yang tersedia antara lain waterboom, kolam becak, panggung happy anak, paviliun, gazebo, paviliun, cafe, panggung hiburan outdoor, pantai sambil menikmati angin sepoi-sepoi.

Harga tiket: Rp7.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Krajan, Kec. Brebes, Kab. Brebes, Jawa Tengah.

13. Air Terjun Panyusuhan

Air Terjun PanyusuhanFoto oleh Abdul Gratitude di Google Maps

Destinasi wisata ini tidak hanya memiliki satu air terjun, melainkan tujuh air terjun sekaligus yang tentunya memiliki air yang jernih dan menyegarkan. Berwisata ke tempat ini, Anda akan melewati sungai dan persawahan yang menyegarkan mata.

Air terjun ini diapit oleh dua batu besar, memiliki ketinggian sekitar 10 meter. Sepanjang sisi-sisinya dihiasi dengan berbagai tumbuhan yang tentunya semakin memperindah air terjun ini. Untuk kendaraan yang Anda bawa, Anda bisa menitipkannya di rumah penduduk setempat.

Harga tiket: Rp5.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Cimbangan, Kec. Salem, Kab. Brebes, Jawa Tengah.

14. Pemandian Air Panas Cipanas Buaran

Pemandian Air Panas Cipanas BuaranFoto oleh Sadayuki Matsuoka di Google Maps

Nah, destinasi wisata yang terakhir ini adalah pemandian air panas yang terletak di kecamatan Bantar Kawung. Pemandian air panas Cipanas Buaran bisa Anda siapkan untuk melepas penat setelah beraktivitas berat.

Pemandian air panas ini juga dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit, seperti gatal-gatal dan penyakit kulit lainnya. Anda bisa berendam sambil menikmati udara segar karena tempat ini berada di sekitar kawasan perbukitan pinus.

Harga tiket: Rp7.500; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Pangebatan, Kec. Bantarkawung, Kab. Brebes, Jawa Tengah.

Itulah 14 destinasi wisata di Brebes yang menarik dan paling banyak dikunjungi wisatawan. Turis dalam kota dan luar kota. Nah, buat kamu yang berencana liburan ke Brebes, jangan lupa mampir ke tempat-tempat yang sudah disebutkan di atas ya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button