Guci Tegal - WisataHits
wisatahits

Guci Tegal

Guci Tegal

Guji Tegal adalah nama tempat wisata di Jawa Tengah. Tempat wisata ini terkenal karena memiliki pesona pemandangan alam yang indah dan alami serta sumber air panas yang memiliki mitos yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Oleh karena itu, jika Anda berkesempatan mengunjungi Jawa Tengah, apalagi pergi ke Kota Tegaljadi jangan lewatkan kesempatan untuk berlibur di tempat wisata guci tegal.

Lantas apa saja daya tarik tempat wisata Guci di Tegal ini?

Pada kesempatan kali ini Wisatabagus akan mengulas informasi mengenai harga tiket masuk, sejarahnya dan jenis oleh-oleh khas Tegal yang bisa anda bawa pulang setelah berlibur disana.

Semuanya akan diulas dalam artikel ini. Oleh karena itu, silakan baca terus.

jar-tegal-java-tengah

Menara Guci Tegal

Mungkin akan sedikit lucu ketika mendengar nama tempat wisata ini untuk pertama kalinya. Ya, Guci TegalMemang itulah nama yang diberikan masyarakat untuk salah satu tempat wisata di Jawa Tengah ini.

Nama ini hanya karena kendaraan utama tempat wisata ini berupa pemandian air panas berupa pancuran.

Dimana shower spout yang merupakan tempat keluarnya air panas terlihat seperti spout dari toples.

Anda pasti pernah melihat potnya kan?

Kalau tidak, anggap saja itu sebagai ketel tempat Anda bisa mengambil air minum.

Juga, nama Guci Tegal untuk tempat wisata ini juga berkaitan dengan sejarah zaman dahulu yang dianggap oleh masyarakat setempat sebagai cikal bakal atau asal muasal keberadaan mata air tersebut. pemandian air panas di tempat wisata ini.

Daya tarik objek wisata Guci Tegal yang pertama adalah lokasi wisata ini berada di dataran tinggi.

Jaraknya dari permukaan laut mencapai 1.050 meter. Jadi, jika Anda berada di tempat ini, Anda pasti akan merasakan udara segar dan suasana khas pegunungan.

Lokasi Guci Tegal juga berada di kawasan pegunungan yang tercatat sebagai gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa.

Lokasinya tepat di kaki Gunung Slamet di Jawa Tengah. UNTUK INFORMASI ANDAGunung Slamet memiliki ketinggian yang menjulang sekitar 3.428 mdpl, gunung tertinggi kedua di pulau Jawa setelah Gunung Semeru.

hotel-guci-tegalvia instagram.com/wisataairpanasgucitegal

Atas dasar ini, tidak mengherankan bahwa kawasan wisata Guci Tegal memiliki udara segar yang sangat menyejukkan, cocok untuk mengusir segala keluh kesah setelah memikul beban hidup sehari-hari.

Kemudian daya tarik tempat wisata Tegal Guci selanjutnya adalah pemandian air panasnya yang penuh dengan misteri dan mitos.

Perlu diketahui bahwa pemandian air panas di tempat wisata ini terdiri dari dua pemandian utama yaitu pemandian 13 dan pancuran 7.

Bahkan, ada lagi pemandian umum yang memiliki 5 pancuran. Namun yang biasanya ramai pengunjung adalah dua pemandian utama.

Baca juga tempat wisata kren di jawa tengah lainnya seperti Gunung Batu

Kedua pemandian utama ini sangat diminati wisatawan karena mitos yang menyelimutinya. Konon, kedua tempat pemandian ini bisa menyembuhkan berbagai penyakit seperti penyakit kulit dan rematik.

Bahkan untuk sebuah pemandian yang memiliki 13 pancuran, dipercaya dapat memberikan kesehatan bagi siapa saja yang berendam atau berendam di pancuran tersebut.

camping-guci-tegalmelalui instagram.com/wisataairpanasgucitegal

Mitos seperti ini tidak bisa dijelaskan secara ilmiah. Namun tetap saja mitos ini terus berkembang dan diturunkan dari generasi ke generasi di masyarakat, yang seringkali membuktikan kebenaran mitos ini.

Ya, mungkin kesembuhan penyakit yang didapat setelah mandi air panas terjadi karena kepercayaan yang sangat dalam dari penderita penyakit tersebut. Maka, tanpa disadarinya, keyakinan tersebut mendorongnya untuk sembuh.

Semua kembali pada diri sendiri untuk percaya atau tidak pada mitos ini. Hanya yang kuat yang memiliki pengetahuan mutlak tentang itu.

Baca juga: Ombul Sidomukti

Sejarah Tempat Wisata Guci Tegal

Melanjutkan asal usul nama tempat wisata ini dengan nama Guci Tegal, ternyata memiliki kaitan erat dengan cerita yang diyakini masyarakat dibalik munculnya sumber air panas di tempat ini.

Konon sebelum ajaran Islam menyebar di wilayah Tegal, diutus seorang penjaga atau ustadz untuk mendakwahkan Islam kepada masyarakat Tegal.

hostel-guci-tegalmelalui instagram.com/wisataairpanasgucitegal

Uniknya, di mana dan saat wali menyampaikan dakwahnya, ia selalu membawa kendi berisi air yang selalu diberikan kepada orang yang ia khotbahkan.

Karena percaya dengan efektifitas air yang diberikan oleh pemelihara, kebutuhan masyarakat akan air semakin meningkat hingga akhirnya pemelihara tidak lagi dapat menyediakannya secara langsung.

Dalam kondisi tersebut, sang wali kemudian menancapkan ke tanah tongkat yang selalu dibawanya setiap kali berdakwah.

maka dengan izin Yang Maha Kuasa, dari lubang di tanah tempat tongkat orang suci itu ditanam, muncullah mata air panas yang kemudian diambil oleh orang-orang secara berbondong-bondong.

Hingga kini, mata air tersebut terus mengalirkan air panas yang oleh masyarakat dianggap penuh berkah dan berkah. Sumber ini sekarang mengalirkan hujan Tempat Wisata Guci Tegal.

Dan dari sekilas cerita di atas, terungkap bahwa nama Guci Tegal yang menjadi nama tempat wisata ini diambil dari nama tangki air yang selalu dibawa oleh sang juru kunci.

sejarah-guci-tegalmelalui instagram.com/wisataairpanasgucitegal

Lokasi Guci Tegal

Lokasi wisata Guci Tegal beralamat lengkap di Jln. Obyek Wisata Guci, Desa Sigedong, Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah.

Jarak tempuh dari pusat kota Tegal kurang lebih 43 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam perjalanan.

Karena menyangkut jalan menuju Guci TegalAnda bisa melewati jalan utama memulai perjalanan dari pusat kota Tegal menuju Purwokerto.

Dari Purwokerto lanjutkan perjalanan ke Slawi dan cari atau singgah setelah sampai di kecamatan Lebaksiu.

Sekarang di kecamatan Lebaksiu, tepatnya di pertigaan Yomani, Anda akan menemukan tanda yang akan mengarahkan Anda ke Guci. Jarak pertigaan ini dengan desa Guci sekitar 25 kilometer.

Untuk mendapatkan rute tercepat dan termudah menuju tempat wisata di Guci dengan lebih nyaman, kami sarankan untuk menggunakan bantuan aplikasi Peta Google.

Pada aplikasi akan terlihat dimana letak lokasi wisata guci tegal pada aplikasi ini lanskap peta lokasi yang lebih jelas.

hostel-in-jar-tegalmelalui instagram.com/wisataairpanasgucitegal

Harga Tiket Masuk Guci Tegal

Tiket masuk Guci Tegal apa yang perlu Anda beli untuk masuk tidak mahal, bahkan sangat murah.

Harga tiket masuk Guci Tegal Tour hanya Rp 5000 per orang dewasa, dan Rp4.500 per anak selama seminggu. Sedangkan pada hari libur nasional, tiket dewasa dijual dengan harga tertentu Rp.7000 per orang, dan tiket anak-anak dijual Rp6.500 per anak.

Jenis tiket Harga
Weekday (Senin s/d Jumat)
– Anak-anak Rp4500
-Dewasa Rp.5000
Libur (Sabtu – Minggu)
– Anak-anak Rp.6500
-Dewasa Rp.7000

Baca juga: Peluncur Air Semarang

Sarana Wisata Guci Tegal

Dengan semakin banyaknya wisatawan yang terus mengunjungi tempat-tempat wisata tersebut, segala fasilitas dan wahana yang dapat memudahkan dan memuaskan para pengunjung terus ditingkatkan dan dibangun oleh pihak-pihak tersebut. pengelola Guci Tegal.

Beberapa fasilitas yang saat ini tersedia di tempat wisata Guci Tegal antara lain kolam renang, guest house dengan fasilitas lengkap, area keluarlapangan tenis, lapangan sepak bola, kereta gantung berbayar Rp20.000 per orang, dan juga permukaan tempat perkemahan.

Kemudian bagi pengunjung yang ingin berkeliling kawasan wisata ini namun malas berjalan kaki, tersedia pula tempat persewaan kuda yang siap digunakan sebagai sarana berkeliling kawasan wisata dengan harga sewa yang tidak terlalu mahal.

Kemudian, untuk mengisi perut jika lapar, di beberapa titik lokasi wisata juga telah dipasang warung atau rumah makan yang menjual berbagai macam makanan dan minuman, ringan maupun berat.

tiket masuk-kunjungan-jar-tegalmelalui instagram.com/wisataairpanasgucitegal

Baca juga: Bukit Sekipan Tawangmangu

Penginapan di dekat Wisata Guci Tegal

Apakah ada penginapan di sekitar Guci Tegal?

Pertanyaan tersebut tentunya menjadi pertanyaan yang mengganggu para wisatawan yang berniat menginap di tempat wisata Guci Tegal.

Dan kabar baiknya, di sekitar destinasi wisata ini juga terdapat penginapan yang bisa disewa sebagai tempat menginap dengan tarif yang relatif murah.

Tinggal di sini adalah homestay dan hotel mulai dari hotel kelas bawah hingga kelas atas. Anda tinggal memilih sesuai selera dan ketersediaan dana.

Baca juga: Rawa Pusing

Oleh-oleh khas Tegal di tempat wisata Guci

Meski tidak wajib, membawa pulang oleh-oleh atau oleh-oleh untuk keluarga usai lebaran terkadang menjadi keharusan bagi sebagian orang.

Nah, setelah berwisata ke Guci Tegal, Anda juga bisa membeli oleh-oleh untuk keluarga, berupa makanan atau jajanan khas. suvenir.

Beberapa makanan khas Tegal yang bisa dijadikan oleh-oleh antara lain buah Ceremai, manisan pepaya, sayur, dan buah-buahan.

Sedangkan untuk suvenir atau oleh-oleh tentunya ada bermacam-macam bentuknya, cari saja di toko-toko penjualnya suvenir yang juga berada di kawasan Wista Guci.

souvenir-oleh-toples-tegalmelalui instagram.com/wisataairpanasgucitegal

Temukan tempat menarik lainnya di tempat wisata di boyolali yang merupakan salah satu kota di Jawa Tengah.

Jadi, gambaran singkat tentang tempat itu Wisata Guci Tegal. Dengan daya tarik panorama kawasan yang memukau dan fasilitas lengkap yang tersedia di sana, tak ragu untuk menjadikannya salah satu destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi jika berlibur ke Jawa Tengah.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button