Kemensos siapkan rumah layak anak dan salurkan bantuan ATENSI di Lombok Timur - WisataHits
Yogyakarta

Kemensos siapkan rumah layak anak dan salurkan bantuan ATENSI di Lombok Timur

INFORMASI NASIONAL – “Senang sekali. Azmi akan belajar keras untuk mencapai cita-cita Azmi. Terima kasih Pak Presiden Jokowi dan Ibu Mensos sudah membantu Azmi,” ujarnya.

Demikian pengakuan Azmi, salah satu anak di Kecamatan Suralaga, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Ia mengaku senang dan gembira karena mendapat bantuan berupa operasi kamar dari Kementerian Sosial (Kemensos).

Kementerian Sosial melakukan operasi kamar pada Sabtu, 30 Juli 2022 untuk Azmi dan Rachel, dua anak asal Kecamatan Suralaga, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

“Berkat Kemensos sekarang saya bisa tidur di kamar tersendiri, punya kamar sendiri,” ujarnya.

Azmi, salah satu anak yang kamarnya dibedah, juga mengungkapkan kebahagiaannya mendapatkan barang baru untuk kamarnya.

Bantuan operasi kamar senilai Rp 10 juta ini dilengkapi dengan matras, bantal, guling, meja kerja, lampu kerja, bohlam lampu, karpet, kipas angin, gorden, cermin, sandal dan lemari.

Kemensos juga melengkapi rumah dengan kipas angin, gorden, cermin, rak piring, sendok, dispenser, sepeda untuk sekolah, serta perlengkapan sholat dan Alquran.

Bantuan bedah ini merupakan bagian dari Bantuan Rehabilitasi Sosial (ATENSI) yang didampingi oleh Pusat Dharma Guna Bengkulu Kementerian Sosial.

Sebagai salah satu upaya Kementerian Sosial, bedah kamar bertujuan untuk melindungi anak di lingkungan terkecilnya, yaitu keluarga.

Pada kesempatan yang sama, Bantuan ATENSI diberikan kepada 210 anak dengan total bantuan Rp 314.907.000 di Objek Wisata Embulan Boroq Dusun Anjani Timur Dua, Desa Anjani, Kecamatan Suralaga.

Bantuan tersebut berupa perlengkapan sekolah seperti kaos, sepatu, tas, buku, spidol, kertas origami. Kemensos juga membantu produk personal hygiene, nutrisi, paket mainan edukasi dan perlengkapan bayi.

“Negara melalui Departemen Kesejahteraan Sosial hadir untuk memberikan perlindungan penuh dengan memberikan bantuan terhadap kebutuhan anak, baik cinta maupun sesama. Saya berharap ini terjadi tidak hanya pada Hari Anak Nasional tetapi setiap hari,” kata Direktur Pusat Dharma Guna Bengkulu Syam Wuryani.

Kepala Pusat Dharma Guna Bengkulu Syam Wuryani mengatakan, penyaluran bantuan ATENSI ini merupakan bagian dari rangkaian Hari Anak Nasional 2022 yang akan berujung di halaman Kantor Bupati Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat pada 1 April 2022.

Camat Suralaga Nur Holil memberikan apresiasi atas rangkaian kegiatan HAN 2022 yang dilakukan Kementerian Sosial RI, khususnya yang dilaksanakan di wilayahnya.

“Kami senang karena anak-anak kami juga senang. Kegiatan ini berlangsung di objek wisata Embulan Boroq agar anak-anak dapat menikmati udara segar. Terima kasih banyak kepada Kemensos RI yang telah mengikutsertakan Kabupaten Suralaga dalam kegiatan HAN 2022 dan membantu masyarakat kita khususnya anak-anak yang kita butuhkan,” ujarnya.

Ia juga menyatakan komitmennya untuk mewujudkan kawasan ramah anak, salah satunya dengan mengesahkan peraturan desa yang melarang pernikahan anak.

“Perdes ini sudah diterapkan di 15 desa sejak September 2021. Pernikahan dini ini bisa mengganggu generasi penerus, karena anak-anak dari pernikahan dini biasanya lemah, sakit-sakitan dan kerdil,” ujarnya.

Kegiatan pembagian bantuan penyadaran dalam rangka HAN 2022 dimeriahkan dengan penampilan tari tradisional TK Sulamul Muhtadi

Selain itu, ada juga tempat bermain anak-anak dengan berbagai permainan seperti Ular Tangga, Engklek, Congklak dan Hulahop.

Anak-anak yang didampingi orang tuanya juga senang karena bisa berenang di kolam pemandian Embulan Boroq.

Lilian, 10, salah satu anak dari Kecamatan Suralaga, mengaku senang dan gembira karena mendapat bantuan berupa tas dan sepatu.

Ia berjanji akan belajar keras untuk mewujudkan mimpinya menjadi seorang dokter.

Source: nasional.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button