13 Tempat Wisata Alam Di Jogja Yang Indah Dan Menakjubkan Yang Cocok Untuk Liburan - WisataHits
Yogyakarta

13 Tempat Wisata Alam Di Jogja Yang Indah Dan Menakjubkan Yang Cocok Untuk Liburan

13 Tempat Wisata Alam Di Jogja Yang Indah Dan Menakjubkan Yang Cocok Untuk Liburan

Merdeka.com – Tempat wisata alam di Jogja selalu menarik untuk dikunjungi. Banyaknya wisata yang indah dan menakjubkan selalu membuat kota pelajar ini penuh dengan turis di akhir pekan. Tidak hanya menawarkan panorama alam yang mempesona, banyak tempat wisata alam dengan konsep edukasi di Jogja.

Menikmati liburan di Jogja tentu sangat menyenangkan. Jogja tidak hanya dikenal dengan wisata alamnya yang banyak, tetapi juga menawarkan berbagai kuliner unik yang harganya murah dan menggiurkan. Banyaknya kuliner enak di Jogja juga menjadi salah satu daya tarik wisatawan dari dalam dan luar negeri.

Artikel media Taboola

Tempat wisata alam di Jogja bisa menjadi rekomendasi untuk mengisi liburan bersama keluarga. Selain indah dan instagrammable, beberapa tempat wisata alam di Jogja juga memiliki nilai sejarah yang perlu diketahui. Berikut beberapa tempat wisata alam di Jogja :

2 dari 4 halaman

Pantai Depok

Ilustrasi Pantai Nudis

© Telegraph.co.uk/GETTY

Tempat wisata alam di Jogja pertama yang wajib dikunjungi adalah Pantai Depok. Melansir dari sisi Aneka Wisata, pantai pasir hitam ini masih terlihat asri dan alami. Banyaknya pepohonan di sekitar pantai menjadikan tempat wisata ini begitu asri dan menenangkan.

Selain keunikan pantai dan keindahan lautnya, pengunjung tempat ini juga bisa menikmati berbagai kuliner yang nikmat. Anda cukup membayar biaya retribusi sebesar Rp 10.000 dan Anda sudah bisa menikmati pesona panorama alam Pantai Depok. Bagi yang berminat mengunjungi tempat ini, langsung saja ke Jalan Parangtritis, Kretek, Bantul.

Pantai Pok Tunggal terletak di Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai ini memiliki pasir putih yang masih bersih dan menawan. Suasana asri dan sejuk membuat wisatawan betah berlama-lama di tempat ini.

Bagi Anda yang sedang berada di Yogyakarta, sebaiknya menyempatkan diri untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Cukup membayar biaya Rp 10.000/orang, pengunjung sudah bisa menikmati panorama keindahan alam yang mempesona.

Wisata jogja selanjutnya adalah The Lost World Castel di mana Anda bisa merasakan seperti menaiki banteng Takeshi, salah satu acara TV di Jepang.

Tempat wisata ini dibangun untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap letusan Gunung Merapi yang terjadi beberapa tahun lalu. Letusan tersebut membuat beberapa desa hilang, yakni satu desa bernama Kepuharjo.

Untuk memasuki kawasan wisata ini Anda bisa menyiapkan uang Rp 25.000 rupiah dan menikmatinya mulai pukul 07:00 hingga 18:00 WIB.

Tempat wisata alam di Jogja berikutnya yang wajib dikunjungi adalah Candi Ijo. Situs yang terletak 18km timur Yogyakarta ini dibangun di atas Bukit Hijau atau Gumuk Ijo sekitar abad ke-9. Candi Ijo merupakan salah satu candi tertinggi di Jogja dengan ketinggian 375 meter.

Candi Ijo menawarkan keindahan panorama alam yang mempesona, terutama di sore hari. Cukup dengan membayar biaya Rp 5.000, Anda sudah bisa menikmati keindahan arsitektur bangunan Candi Ijo yang sarat akan nilai sejarah.

3 dari 4 halaman

Air Terjun Sri Gethuk

Lihat sekilas keseruan liburan keluarga Luna Maya di Bali bermain air terjun

Instagram @lunamaya ©2022 Merdeka.com

Tempat wisata alam murah di Jogja yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Air Terjun Sri Gethuk. Wisata alam yang mulai populer di tahun 2010-an ini memiliki keindahan alam yang mempesona. Tak hanya itu, di tempat ini Anda bisa merasakan kesegaran air terjun yang masih jernih.

Air Terjun Sri Gethuk sendiri terletak di desa Bleberan, Kapanewon Playen atau sekitar 45 km dari pusat kota Yogyakarta. Dibutuhkan sekitar 1 jam dari arah Kota Yogya.

Dari laman “Aneka Tempat Wisata” terdapat banyak tempat wisata alam di Jogja, yang terbaru yang tidak kalah adalah Air Terjun Pulosari. Tempat ini merupakan air terjun yang airnya berasal dari air sungai alami di daerah perbukitan.

Meski pancuran di Curug Pulosari tergolong kecil, namun tempat wisata di Kabupaten Bantul ini menawarkan air yang jernih dan panorama alam yang eksotik. Bagi yang suka wisata alam yang lebih bersih dan asri, tempat ini wajib dikunjungi.

Tak hanya Curug Pulosari, wisata alam di Jogja juga memiliki Air Terjun Randusari. Obyek wisata yang tingginya sekitar 12-15 meter dan kedalaman 1-3 meter ini terletak di Rejosari, Jatimulyo, Dlingo, Bantul. Selain airnya yang jernih, tempat wisata ini juga menawarkan panorama alam yang mempesona.

Jika Anda datang dari kota Jogja, Anda bisa mengambil jalur Jalan Jogja-Wonosari atau jalur gunung api purba Nglanggeran. Panorama alam yang masih hijau memanjakan mata saat mendekati objek wisata yang satu ini.

Salah satu tempat wisata alam di Jogja yang paling populer adalah Pantai Parangtritis. Pantai yang berjarak sekitar 27 km dari pusat kota Jogja ini memiliki bukit pasir atau gumuk pasir di sekitar pantai. Padahal, bukit pasir ini merupakan satu-satunya gurun pasir di Asia Tenggara.

Selain itu, Parangtritis dianggap sebagai salah satu simbol kekuasaan Trinitas di Yogyakarta bersama dengan Gunung Merapi dan Keraton Kesultanan. Tak heran jika pantai ini berperan penting bagi Yogyakarta. Bagi Anda yang berkunjung ke Yogyakarta, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati keindahan Parangtritis.

4 dari 4 halaman

Puncak Becici

Salah satu tempat wisata alam di Jogja yang saat ini sedang populer di kalangan anak muda adalah Puncak Becici. Berada di Dusun Gunung Cilik, Desa Gunung Mutuk, Kecamatan Dlingo, objek wisata alam ini menawarkan panorama keindahan alam yang mempesona.

Bahkan, Presiden Amerika Serikat ke-44, Barack Obama, pernah berkunjung ke tempat ini dan terpesona dengan keindahan alamnya.

Watu Lumbung merupakan salah satu tempat wisata alam di Jogja yang menawarkan konsep edukasi. Terletak di sebelah utara Pantai Parangtritis, tempat wisata ini tidak hanya menawarkan keindahan alam tetapi juga menyimpan nilai-nilai pendidikan yang diwujudkan dalam ritual dan sesaji sederhana.

Di objek wisata ini, Anda juga akan melihat rumah-rumah sederhana yang terbuat dari bambu dan kayu yang dibangun di antara pohon jati sebagai penopang.

Kampung Wisata Watu Lumbung juga menawarkan berbagai kuliner lezat khas Yogyakarta. Oleh karena itu, tempat wisata di Bantul ini wajib dikunjungi.

Salah satu wisata jogja murah terpopuler adalah Indrayanti. Pantai berpasir putih berpadu dengan birunya air laut mampu memanjakan mata para wisatawan.

Cukup membayar biaya retribusi sebesar Rp 10.000 dan Anda sudah bisa menikmati panorama alam Pantai Indrayanti yang mempesona. Oleh karena itu, bagi anda yang ingin berlibur ke Yogyakarta, jangan lewatkan kunjungan ke tempat wisata di Gunungkidul ini.

Salah satu tempat wisata alam Jogja yang wajib dikunjungi adalah Bukit Pengilon. Nama Bukit Pengilon sendiri berasal dari bahasa Jawa yang artinya cermin, karena di bukit ini terdapat sebuah batu yang bentuknya seperti cermin.

Tempat wisata di Kabupaten Gunungkidul ini memiliki keindahan alam yang eksotis. Dari atas, wisatawan bisa menikmati kesejukan dan panorama pantai yang mempesona. Bukit Pengilon sendiri terletak di Desa Balong, Kecamatan Girisubo.

Tidak hanya Curug Pulosari tetapi juga air terjun Randusari. Obyek wisata yang tingginya sekitar 12-15 meter dan kedalaman 1-3 meter ini terletak di Rejosari, Jatimulyo, Dlingo, Bantul. Selain airnya yang jernih, tempat wisata ini juga menawarkan panorama alam yang mempesona.

Jika Anda datang dari kota Jogja, Anda bisa mengambil jalur Jalan Jogja-Wonosari atau jalur gunung api purba Nglanggeran. Panorama alam yang masih hijau memanjakan mata saat mendekati objek wisata yang satu ini.

(mdk/jen)

TOPIK TERKAIT

lagi

Taboola di bawah Pasal

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button