Berikut adalah 5 panduan Dinas Perhubungan dalam Menyambut Liburan Nataru - WisataHits
Jawa Barat

Berikut adalah 5 panduan Dinas Perhubungan dalam Menyambut Liburan Nataru

TEMPO.CO, jakarta – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan tidak akan membatasi mobilitas selama periode Natal dan Tahun Baru 2023 atau hari libur Nataru. Tetapi jika Anda ingin pergi berlibur, Anda harus mempertimbangkan beberapa hal.

Menurut situs Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia, sekitar 44,17 juta orang diperkirakan akan melakukan perjalanan selama liburan Nataru. Dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 19,9 juta orang, jumlah ini meningkat signifikan.

Jumlah penumpang yang menggunakan angkutan umum juga meningkat 54,62% ​​atau sekitar 14,72 juta penumpang dibandingkan tahun sebelumnya.

Baca: Kota Bogor Ganjil Genap Saat Libur Nataru

“Pada hari raya Nataru ini tidak ada pembatasan mobilitas seperti tahun lalu. Namun demikian, selain keselamatan dan kenyamanan, aspek kesehatan juga dikedepankan dalam angkutan umum lokal,” ujar Menhub.

Selain kasus COVID-19, pemerintah juga memperhatikan pengenalan lalu lintas Natal dan Tahun Baru yang bertepatan dengan liburan sekolah dan perlu diwaspadai dengan meningkatkan mobilitas masyarakat.

Seperangkat persiapan

Sejumlah persiapan tengah dilakukan Kemenhub menyambut Nataru:

  1. Memastikan kesiapan operasional sarana dan prasarana lalu lintas.
  2. Kesinambungan layanan selama periode Nataru.
  3. Meningkatkan kualitas pelayanan dan prokes monitoring di hub transportasi (terminal, stasiun kereta api, bandara dan pelabuhan).
  4. Pemantauan fluktuasi harga tiket yang dioptimalkan.
  5. Memperluas layanan penjualan tiket yang lebih efisien.

Selain itu, pemerintah mengantisipasi potensi pergerakan di dalam wilayah metropolitan, mobilitas lokal, potensi pergerakan ke tempat wisata, dan pemudik dengan sepeda motor dan kendaraan pribadi selama liburan Nataru.

Malini
Baca Juga: Antisipasi Kemacetan, 6 Tol Ini Bakal Dibuka Fungsional Selama Libur Nataru

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita sela dan berita unggulan di saluran Pembaruan Tempo.co Telegram. klik bergabung.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button