12 Wisata Alam Terkenal di Yogyakarta, dari Air Terjun hingga Pantai - WisataHits
Yogyakarta

12 Wisata Alam Terkenal di Yogyakarta, dari Air Terjun hingga Pantai

12 Wisata Alam Terkenal di Yogyakarta, dari Air Terjun hingga Pantai

Perbesar

Air Terjun Luweng Sampang, Gunungkidul, Yogyakarta.

9. Air Terjun Tlogo Muncar, Sleman

Tempat wisata alam Yogyakarta ini terletak di kawasan Kaliurang, tepat di Jalan Tlogo Putri, Hargobinangun, Pakem, Sleman, DIY. Sumber air terjun ini berasal dari lereng Bukit Plawangan, Gunung Merapi. Daerah sekitar air terjun sangat sejuk dengan udara yang bersih.

10. Air Terjun Kedung Kandang, Gunungkidul

Tempat wisata alam di Yogyakarta selanjutnya adalah Air Terjun Kedung Kandang. Situs ini berada di sisi selatan Nglanggeran. Air terjun ini mengalir di atas bebatuan vulkanik yang sekilas terlihat seperti tangga raksasa. Musim hujan adalah waktu yang tepat untuk mengunjungi Air Terjun Kedung Kandang karena aliran airnya menghilang saat puncak musim kemarau.

11. Air Terjun Luweng Sampang, Gunungkidul

Tempat wisata alam di Yogyakarta selanjutnya adalah Air Terjun Luweng Sampang. Air Terjun Luweng Sampang terletak di Jalan Juminahan, Sampang, Kecamatan Gedangsari, Prefektur Gunungkidul. Air terjun ini cukup unik karena air terjunnya dihiasi bebatuan putih sehingga kontras dengan air terjun yang jernih.

Selain itu, batuan ini juga memiliki garis-garis unik yang terbentuk secara alami akibat erosi dari aliran air. Air Terjun Luweng Sampang yang diapit oleh dua tebing berbatu memberikan keindahan alam yang eksotis.

Wisatawan juga bisa duduk dan menikmati pemandangan dari atas bebatuan. Waktu terbaik untuk mengunjungi Air Terjun Luweng Sampang adalah saat musim hujan karena debit airnya cukup besar. Sebaliknya, pada musim kemarau, air surut.

12. Grojogan Sewu, Kulon Progo

Tempat wisata alam terdekat di Yogyakarta adalah Grojogan Sewu. Grojogan Sewu terletak di kawasan Perbukitan Menoreh. Tepatnya di Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo. Grojogan Sewu memiliki banyak jebakan atau tingkatan sehingga disebut Grojogan Sewu.

Air terjun ini memiliki pemandangan yang eksotis karena masih sangat alami. Suara tongkat bergema dengan gemuruh air terjun. Namun, jalan menuju lokasi air terjun cukup curam, sehingga pengunjung perlu berhati-hati.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button