Sebagai tuan rumah NTVSC 2022, Polnes siap meningkatkan keterampilan mahasiswa inti di bidang pariwisata. - WisataHits
Jawa Timur

Sebagai tuan rumah NTVSC 2022, Polnes siap meningkatkan keterampilan mahasiswa inti di bidang pariwisata.

Kaltimtoday.co, SamarindaPoliteknik Negeri Samarinda (Polnes) menjadi tuan rumah National Tourism Skills Competition (NTVSC) 2022. Kegiatan ini merupakan ajang silaturahmi dan mengasah keahlian di bidang pariwisata.

Kegiatan ini digelar dengan tema “Pesona Talenta Profesional Pariwisata untuk Indonesia Bangkit”. Akan dilaksanakan 17-21 November 2022 di kampus Politeknik Negeri Samarinda.

NTVSC diikuti oleh 61 peserta. Mereka merupakan perwakilan dari 14 perguruan tinggi teknik negeri di seluruh Indonesia. Terdiri Politeknik Negeri SamarindaPoliteknik Negeri Malang, Politeknik Negeri Jember, Politeknik Negeri Batam, Politeknik Negeri Sambas, Politeknik Negeri Banyuwangi, Politeknik Negeri Bali, Politeknik Negeri Balikpapan, Politeknik Negeri Jakarta, Politeknik Negeri Manado, Politeknik Negeri Padang, Politeknik Negeri Medan, Politeknik Pelayaran Negeri Surabaya, dan Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta.

Acara ini akan mempertandingkan 9 bidang lomba, yaitu cake decorating, lomba memasak, membuat tempat tidur bertema, fotografi, plating dessert, promosi video smartphone, tour guide, paket perjalanan, ide bisnis pariwisata dan perhotelan.

Dewan juri terdiri dari praktisi, asosiasi, dan ilmuwan dari bidang perhotelan, bisnis perjalanan, manajemen kuliner, fotografi, pembuat konten, dan sinematografi.

Plt Direktur Politeknik Negeri Samarinda Budi Nugroho mengatakan: NTVSC 2022 merupakan lomba tingkat nasional pertama yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata. Menurut Budi Nugroho, kegiatan ini merupakan langkah awal untuk menjadikan jurusan pariwisata sebagai jurusan yang berkompeten dan melatih mahasiswanya agar lebih berkompeten di bidang pariwisata.

“Selain untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa, juga dapat terjalin silaturahmi yang erat antar mahasiswa pariwisata di seluruh Indonesia, sehingga dapat saling berbagi dengan harapan jurusan pariwisata memiliki tujuan yang sama dalam meningkatkan keterampilan dan kompetensinya,” katanya Budi Nugroho.

Budi Nugroho menjelaskan meski pihaknya sebagai tuan rumah juga berkontribusi dengan mengikutsertakan 24 mahasiswa dalam 9 kategori kompetisi ini.

“Target juaranya, Politeknik Negeri Samarinda menjadi juara umum di ajang nasional ini,” jelasnya.

Politeknik Negeri Samarinda berkomitmen untuk lebih meningkatkan SDM Kaltm.  Salah satunya di bidang pariwisata.Politeknik Negeri Samarinda berkomitmen untuk lebih meningkatkan SDM Kaltm. Salah satunya di bidang pariwisata.

Candra Irawan, Sekretaris Jenderal Bakorma, mengungkapkan NTVSC 2022 menghadirkan kegiatan pariwisata nasional sebagai salah satu ajang silaturahmi antara mahasiswa dan perguruan tinggi, sekaligus meningkatkan kompetensi keahlian mahasiswa.

“Selain itu, saat ini kita juga sebagai penyangga IKN, jadi jangan hanya jadi penonton saja. Dengan sikap yang kompeten, lembaga bahkan provinsi akan tampil luar biasa sebagai agen perubahan bagi Indonesia, khususnya bagi ibu kota nusantara ini,” imbuhnya.

Sementara itu kepala pemasaran pariwisata di asosiasi pariwisata Kalimantan Timur Restiawan Baihaqi, mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya penyiapan sumber daya manusia bidang pariwisata, dimana banyak tantangan dan peluang di hadapan IKN Nusantara.

“Pemprov Kaltim meyakini kompetisi ini sebagai wadah pendidikan sumber daya manusia di bidang pariwisata yang mampu berinovasi dan bersaing secara sehat. Diharapkan dapat memunculkan yang terbaik untuk menjadi pionir dan pegiat dalam membantu penyebarluasan informasi dan publikasi di bidang pariwisata, khususnya di bidang pariwisata. Kalimantan Timur mendukung kegiatan pariwisata di tingkat kota, provinsi, bahkan nasional dan asing,” katanya.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kontribusi bagi sektor pariwisata Indonesia, meningkatkan kualitas dan kapasitas sumber daya manusia untuk meningkatkan kemampuan akademik dan non akademik mahasiswa.

“Agar generasi muda peserta dapat mengenal dan mencintai seni budaya daerah serta kebanggan yang dapat dibawa dalam berbagai event pariwisata,” imbuhnya.

Pj Direktur juga menghadiri pembukaan NTVSC 2022 Politeknik Negeri Samarinda Budi Nugroho, Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dispar Kaltim Restiawan Baihaqi, Wakil Direktur Kemahasiswaan Politeknik Negeri Balikpapan Candra Irawan, Perwakilan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Samarinda, Ketua Dinas Pariwisata Politeknik Negeri Samarinda I Wayan Lanang Nala, Sekretaris Jenderal Badan Koordinasi Kemahasiswaan Politeknik se-Indonesia Candra Irawan, Ketua Forum Departemen Pariwisata Indonesia, mendampingi dosen, mahasiswa dan undangan lainnya.

[HLM | TOS | ADV]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news dari Kaltimtoday.co setiap hari. Yuk gabung di grup telegram “Kaltimtoday.co News Update” caranya klik linknya lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button