Kota Yogyakarta Tingkatkan Potensi Selatan • Radar Jogja - WisataHits
Yogyakarta

Kota Yogyakarta Tingkatkan Potensi Selatan • Radar Jogja

RADAR JOGJA – Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta mulai mengalihkan perhatian ke wilayah selatan. Dibantu dengan keberadaan eks Terminal Giwangan yang diyakini mampu mendongkrak pembangunan ekonomi di daerah tersebut. Titik-titik potensial di bagian selatan justru saling menguatkan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya mengatakan, wilayah selatan memiliki potensi untuk dimanfaatkan secara ekonomi. Karena itu, pihaknya berencana mengembangkan kawasan tersebut. “Salah satu upayanya adalah menggunakan akselerator untuk menggunakan eks terminal Giwangan,” ujarnya saat ditemui di pasar Prawirotaman kemarin (12/10).

Aman menjelaskan, eks Terminal Giwangan kini sudah terbelah dua. Terminal Tipe A telah mengambil alih sebagian wilayahnya dari pemerintah pusat. “Sementara lahan lainnya dikembalikan ke Pemkot Yogyakarta, akan kami jadikan lahan parkir khusus wisata,” ujarnya.

Aman berharap bus wisata yang masuk ke kota Jogja akan tertampung di kawasan ini. Karena dengan cara ini ekonomi sekitar bisa dimanfaatkan. “Tempat parkir khusus wisata ini akan mampu menggerakkan roda perekonomian di selatan Jogja. Di lokasi itulah kami berharap daerah ini tumbuh dan berkembang,” katanya.

Tempat parkir mobil wisata ini rencananya akan dibuka pada awal tahun 2023. Oleh karena itu, Pemkot Yogyakarta mulai mengkaji poin-poin pembangunan. “Tempat wisata yang bisa ditonjolkan adalah Kotagede, XT Square, Taman Budaya Embung Giwangan, Pasty dan Pasar Prawirotaman,” ujarnya.

Pj Walikota Jogja Sumadi juga mengumumkan bahwa pemerintah pusat telah meminta melalui Gubernur DIJ Hamengku Buwono X untuk menyerahkan Terminal Giwangan kepada Kementerian Perhubungan. Dengan maksud dikelola oleh pemerintah pusat. “Tapi kita bisa bernegosiasi. Alhamdulillah sebagian lahan akan kami manfaatkan sebagai tempat parkir wisata,” jelasnya.

Sumadi berharap Pemkot Yogyakarta bisa memanfaatkan fasilitas yang didapat untuk mengatur lalu lintas. Terutama dalam organisasi pelatih. “Karena di Kota Jogja ada lebih dari 500 bus yang berangkat ke Jogja pada long weekend,” ujarnya.

Diperkirakan dengan selesainya jalan tol Jogja-Solo pada tahun 2024 juga akan meningkatkan kepadatan lalu lintas di Jogja. Karena Jogja adalah kota wisata dan arus lalu lintas lancar. “Ini akan menyebabkan lebih banyak tamu datang ke sini. Harusnya lega, Sabtu-Minggu di rumah saja dari pada menambah kemacetan,” candanya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan Terminal Giwangan merupakan tempat yang legendaris. Karena memiliki fungsi strategis bagi Jogja yang menjadi tujuan wisata. Karena itu, pemerintah pusat ingin mengoperasikan terminal dengan Pemerintah Kota Yogyakarta. Karena itu Budi berharap tidak ada perpecahan dalam pengelolaan Terminal Giwangan. Berdasarkan milik Kementerian Perhubungan dan Kota Yogyakarta. Karena itu mengarah pada duplikasi fungsi terminal.

Budi juga memuji gedung terminal Giwangan yang cukup megah. Sehingga hanya perlu direnovasi tanpa renovasi untuk memaksimalkan fungsi terminal. Selain itu, menurut dia, tidak perlu dilakukan pembongkaran gedung untuk mengalokasikan lebih banyak lahan untuk pembangunan gedung baru.

Budi mengapresiasi usulan Pemkot Yogyakarta terkait keinginan menata transportasi pariwisata. Menurut Budi, kerja sama Kementerian Perhubungan dan Pemerintah Kota Yogyakarta akan mewujudkan sistem satu pintu melalui Terminal Giwangan. Sehingga terjadi keterpaduan antara transportasi perkotaan, antar kota dan pariwisata. “Jadi bus wisata datang ke sini. Kemudian beralih ke lalu lintas kota. Sehingga masyarakat bisa mengelilingi Jogja,” jelasnya.

Ia menegaskan, harus ada kerja sama yang solid antara pemerintah pusat dan pemerintah kota. Karena keduanya bertujuan untuk melayani masyarakat. Jadi harus dilakukan secara bersamaan dan tidak terpisah-pisah. “Kami tidak ingin dana yang disalurkan di sini untuk melayani masyarakat dengan baik,” kata Budi. (gemuk/bising)

Source: radarjogja.jawapos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button