12 Masakan Khas Demak yang bikin lidah goyang - WisataHits
Jawa Tengah

12 Masakan Khas Demak yang bikin lidah goyang


12 Masakan Khas Demak yang bikin lidah goyang

bloktuban.com | Sabtu, 03 September 2022 15:00



12 Masakan Khas Demak yang bikin lidah goyangNasi kropokan khas Demak adalah suatu keharusan. (adalah)

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com – Terletak di sebelah timur kota Semarang, Demak juga kaya akan makanan khas. Kabupaten Jawa Tengah ini memiliki luas wilayah 897,43 km² dan jumlah penduduk 1.158.772 jiwa pada tahun 2019.

Selain kota Wali, Demak memiliki tiga julukan lain, seperti kota jambu, kota belimbing dan kota sedekah. Banyaknya julukan yang lebih dari satu membuat Demak sering dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.

Selain kuliner, Demak juga terkenal dengan wisata alam, keluarga, sejarah, religi dan belanja. Wisatawan yang lelah dan haus dapat menikmati makanan dan minuman khasnya.

Mulai dari Wisata Demakkab, berikut 12 kuliner khas Demak yang wajib dicoba yang bisa bikin lidah goyang:

1. Rika Rika Menthok

Hampir setiap daerah di pesisir Laut Jawa memiliki kuliner rica-rica mentok, termasuk Kabupaten Demak. Rica-Rica di Demak rasanya pedas dan sangat cocok bagi pecinta masakan pedas seperti di Jawa Timur.

2. Sweke Menthok

Meski namanya Sweke, bukan berarti bahan dasarnya adalah kodok. Sebaliknya, makanan olahan swke di Demak diganti dengan unggas halal untuk semua orang.

3. buaya

Nama makanan yang satu ini cukup unik dan hanya ada di Demak. Rasanya enak, buaya merupakan makanan olahan yang terbuat dari keong sawah, disajikan dengan kuah dan biasanya dijual pada saat acara megagan atau almos bumi. Pecinta buaya akan ketagihan karena rasanya yang enak.

4. Soto Sawah

Makanan soto ini bisa ditemukan di Desa Karangsono, Mranggen. Soto Padi Demak dinikmati di sawah dan oleh karena itu dikenal sebagai Soto Padi.

5. Tengkleng

Makanan ini terbuat dari olahan kambing dan akan menggoyang lidah orang banyak. Disajikan dengan tulang kaki atau kikil kambing muda yang dilumuri bumbu pedas, tengkleng sering diincar di Demak. Wisatawan bisa menemukan Tengkleng di depan Kantor PMI Demak.

6. Ndok Botok Asin

Telur asin tidak hanya disantap, bagi masyarakat Demak telur asin menjadi makanan ringan yang sangat nikmat yaitu botok ndok/telur asin yang dibumbui bumbu pedas dan dibungkus daun pisang kemudian dikukus. Menambah cita rasa dan kenikmatan dari makanan yang satu ini.

7. Bakso Balungan

Balungan di Demak tidak berasal dari sapi seperti di daerah lain tetapi berasal dari kerbau karena sop kerbau banyak terdapat di sana. Makanan yang satu ini bisa ditemukan di sekitar Alun-Alun Demak.

8. Sup Balungan

Makanan khas Demak ini berisi sayur, kentang, wortel dan tomat, bukan mie dan bakso seperti di daerah lain. Perbedaan kandungan tersebut membuat rasa kuah balungan menjadi nikmat. Makanan ini bisa didapatkan di rumah makan Cipto Roso Demak.

9. Kepala Manyung

Makanan Chief Manyung tidak hanya mudah ditemukan di Tuban, Jawa Timur, tetapi juga di Demak. Sajian yang sangat gurih dan nikmat dengan kuah santan dan bumbu yang gurih dijamin bikin ketagihan dan pengen nambah lagi. Omong-omong, Graha sakinah menyajikan makanan khas kepala lele khas Demak.

10. Nasi Brongkos

Masakan khas Demak yang menjadi sarapan pagi. Sajian kuliner ini merupakan perpaduan antara daging, buncis dan kuah yang kental.

11. Kropohan

Dulu kropohan hanya bisa ditemukan saat perayaan Demak, tapi sekarang sudah mudah ditemukan. Olahan daging kerbau yang empuk dan diblender serta diimbangi dengan bumbu rempah yang menggiurkan lidah kita.

12. Kekacauan Dhahar

Konon makanan ini merupakan makanan favorit Kanjeng Sunan Kalijaga, dan khusus makanan ini hanya dipuja oleh warga Kadilangu karena jika dihidangkan di luar warga Kadilangu, rasanya akan berbeda.

Itulah 10 jenis makanan khas kota Semarang. Anda bisa membeli oleh-oleh dan mencicipi makanannya saat berkunjung ke Semarang.

Anda dapat menemukan konten Berita Demak yang lebih menarik di GOOGLE NEWS

Tags : Kuliner Demak, Oleh-oleh Demak, Blok Tuban, Demak Hari Ini, Berita Demak, Kabupaten Demak











*Mau beli/transaksi klik dibawah


logo WA
logo telepon
Logo Blockbuy

Memuat…















Source: bloktuban.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button